TRIK JITU MENGATASI LOVEBIRD YANG SUKA NGERUJI - bosskicau

Header Ads

TRIK JITU MENGATASI LOVEBIRD YANG SUKA NGERUJI

Trik jitu mengatasi lovebird yang suka ngeruji - Suara kekean lovebird menjadikan pemiliknya menjadi senang. Apalagi ngekeknya panjang durasinya ditambah gayanya yang oke dengan tembakan-tembakannya yang menawan. Ini pasti akan menjadikan pemilik dan orang yang mendengarnya terkagum-kagum. Tentu hanya burung lovebird pilihan dengan pola rawatan yang baik ditambah dengan trik jitu mengatasi lovebird ngeruji yang bisa memuaskan pemiliknya. Tapi sayang banyak lovebird yang mau ngekek tapi penampilannya tidak baik, seperti nebok atau ngeruji di kawat sangkar. Ini sangat fatal apalagi lovebird ngeruji di gantangan. Pasti lovebird demikian akan dikurangi nilainya walaupun ngekeknya kenceng dan panjang. Agar burung lovebird kesayangan bisa anteng di tangkringan ada trik jitu mengatasi lovebird yang suka ngeruji.
   Trik jitu mengatasi lovebird ngeruji bisa diterapkan pada lovebird dewasa maupun paud. Kadang ada juga lovebird baby ngeruji. Ada kecenderungan pada lovebird baby ngeruji karena memang karakter anakan yang belum stabil. Lovebird muda masih belum mengenal betul lingkungannya. Sehingga apa yang terlihat di luar sangkar selalu membuatnya ngelisah yang ditandai dengan ngruji atau turun ke tebok. Tentu  saja ada cara mengatasi lovebird balibu ngeruji yang bisa juga jika diterapkan pada lovebird dewasa. 
TRIK JITU MENGATASI LOVEBIRD YANG SUKA NGERUJI
Ilustrasi Lovebird Ngeruji
   Lovebird yang terlihat mulai suka ngeruji jangan dibiarkan berlarut-larut. Karena ini bisa menjadikan karakter yang akan sulit disembuhkan jika tidak segera diatasi. Pastinya burung dari penampilannya saja sudah kurang menyenangkan danburung pun kehabisan energi hanya untuk bergerak ke sana ke mari jika suka ngeruji. Aktiftaasnya hanya di ruji sangkar sehingga menjadi tidak aktif berbunyi. Tapi tenang saja karena di sini nanti akan disampaikan bagaimana cara untuk membuat lovebird anteng di tangkringan.

Cara Mengatasi Lovebird Suka Ngeruji

      Ada beberapa hal yang menyebabkan lovebird suka ngeruji. Jika pada lovebird paud sebagaimana disampaikan diatas karena kondisinya yang masih labil dan mudah stres. Sedangkan pada lovebird dewasa salah satu sebabnya yang diyakini oleh praktisi dan lovebird mania karena lovebird over birahi. Apabila penyebabnya sudah diketahui karean over birahi pada lovebird dewasa maka ada beberapa cara untuk mengatasi lovebird ngeruji, yaitu:

1. Mengawinkan

   Lovebird yang terlihat OB salah satu mengatasinya adalah dengan cara mengawinkannya. Namun tentu tidak mudah untuk hal ini karena lovebird sering pilih-pilih pasangannya. Untuk itu bisa dilakukan bebearapa cara seperti dengan melepas di kandang polier bersama lovebird-lovebird yang lain. Dengan cara ini lovebird akan mencari sendiri pasangannya.
   Setelah lovebird menemukan pasangannya baik dengan cara dikoloni atau dijodohkan langsung selanjutnya akan kawin. Dengan kawin maka birahinya akan turun sehingga kebiasaan neboknya dapat diminimalisir. Kalau sudah setabil tinggal dijaga kondisinya agar tetap stabil birahinya.

2. Menganti pola makan

Pola makan diperhatikan untuk mengurangi tingkat birahi  pada lovebird. Karena beberapa bahan pakan yang mengandung gizy tinggi adalah menjadi penyebab  meningkatnya energi dan birahi. Biasanya pakan tambahan atau ekstra fooding sebagai penyebab meningkatnya birahi. Jika sudaj terlanjur birahi tinggi pakan EF bisa dihentikan dan cukup derngan paka utama berupa milet putih dengan dicampur canary seed agar proteinnya seimbang.


3. Ganti Posisi Tangkringan 
TRIK JITU MENGATASI LOVEBIRD SUKA NGERUJI
Tangkringan Lovebird

Tangkringan rupanya juga menjadi penyebab lovebird punya kebiasaan burung ngeruji di ram sangkar. Jika sangkar lovebird hanya diberi satu tangkringan saja maka burung tidak leluasa bergerak sehingga melompat ke jeruji sangkar. Ini dapat diatasi dengan menambah beberapa tingkringan. Derngan adanya bebarapa tangkringan burung akan mudah berpindah-pindah sehingga tidak ada kesempatan untuk nempel di jeruji sangkar. Mengganti posisi tangkringan juga pas sebagai cara agar lovebird paud tidak ngeruji.

4. Memandikan 

Memandikan lovebird  ini dapat dilakukan kapan saja tang penting saat cuaca mendukung. Bisa saat pagi menjelang matahari mulai naik. Atau dapat juga ketika malam hari, sepanjang cuaca mendukung tidak terlalu dingin. Birahi pada burung lovebird dapat dikurangi dengan menurunkan suhu tubuhnya. Yang pas dilakukan adalah dengan cara memandikannya. Pada burung lovebird dewasa ini cukup evektif sebagai terapi penurun birahi. Sedangkan salah satu cara mengatasi lb paud ngeruji dengan memandikannya. Ini cocok sebagai terapi mengurangi giras dan stres pada lovebird muda.

Lakukan terus dengan sabar dan telaten tahapan pada trik jitu mengatasi lovebird ngeruji. Amati terus perkembangannya. Pasti akan ada perubahan jika cara ini dilakukan dengan benar. Ingat dan dicatat tahapan dan perkembangannya. JIka ada kekurangan cepat cari cara untuk mengatasinya.
    


No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad