TIPS MEMBERSIHKAN SANGKAR BURUNG LOVEBIRD AGAR AWET - bosskicau

Header Ads

TIPS MEMBERSIHKAN SANGKAR BURUNG LOVEBIRD AGAR AWET

Tips membersihkan sangkar burung lovebird - Memelihara burung adalah sebagai hobi yang sangat mengasyikkan. Kesenangan dan kepuasan akan terpenuhi jika burung kesayangan sehat dan rajin berkicau. Tentu burung akan sehat dan rajin berbunyi jika dirawat dengan baik.  Jika burung  tidak mendapatkan haknya untuk mendapat rawatan yang baik  maka burung tak akan sesuai dengan kenginginan. Perawatan tidak hanya melulu pada pemberian pakan saja. Ada hal lain yang berkaitan dengan rawatan. Hal ini juga sebagai salah satu hal penting adalah yaitu kebersihan sangkar dan kelengkapannya. Untuk mendapatkan hasil maksimal saat bersih-bersih sangkar perlu untuk mengetahui tentang tips membersihkan sangkar burung lovebird.
TIPS MEMBERSIHKAN SANGKAR BURUNG LOVEBIRD AGAR AWET
Membersihkan sangkar lovebird
Baca juga : Harga Sanngkar Burung Terbaru 2018

   Ada tips untuk membersihkan sangkar burung lovebird agar hasilnya maksimal dan awet. Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali karakter dari tiap-tiap penggemar burung. Ada yang sudah sangat senang dan bahagia merawat burung kesayangan tanpa berfikir akan dapat menikmati hobinya. Artinya begini, karakter ini hanya suka memelihara saja mungkin hanya sebagai pengisi waktu atau mencari kesibukan saja. Tetapi ada pula yang sebaliknya, mereka hanya suka menikmati suaranya saja tetapi meles merawatnya. Karakter ini tentu bukan karakter lovebirdmania sejati. Karena penggemar sejati tidak akan berlaku demikian.  Pasti akan berusaha untuk semaksimal mungkin merawat burung peliharaannya.
TIPS PRAKTIS MEMBERSIHKAN SANGKAR BURUNG
Sangkar burung klasik
   Walaupun burung sudah mendapatkan pakan dan nutrisi yang bergizy jika kebersihan sangkarnya tidak diindahkan akan sia-sia belaka. Karena burung tidak akan sehat dengan kondisi sekitarnya yang kotor. Tentu saja sangkar dan kelengkapan seperti wadah pakan, wadah minum, tangkringan, tebok yang kotor akan menjadi sarang penyakit. Penyakit yang berasal dari bakteri, jamur, parasit dan lain sebagainya akan dengan mudah menyerang si lovebird. Untuk itu perlu kebersihan yang maksimal untuk meminimalisir berkembangnya bibit penyakit.

CARA MEMBERSIHKAN SANGKAR BURUNG LOVEBIRD AGAR AWET

Membiarkan burung dalam sangkar dan lingkungan yang kotor adalah tindakan yang sangat keliru dan fatal bagi penggemar lovebird. Karena sangat jelas ini akan mengganggu kesehatan burung paastinya mengancam keselamatan burung. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu menjaga hygienitas sangkar dan kelengkapannya, dengan melakukan beberapa langkah berikut ini:

Langkah-langkah membersihkan sangkar Lovebird

  1. Lepaskan tebok dari sangkar, jika ram dasar sangkar lovebird sudah menyatu dengan sangkar karena diikat.
  2. Jika ram masih terpisah, maka cukup melepas wadah kotorannya saja.
  3. Besihkan kotoran dan sisa makanan yang menempel di wadah kotoran, bisa dikerok menggunakan sekrap atau alat lainnya.
  4. Setelah itu semprot atau guyur dengan air hingga kotoran dan sisa makanan bersih, jik aperlu gunaklan sikat agar bersih maksimal
  5. Biarkan burung tetap dalam sangkar, sambil sekalian dimandikan tetapi harus dijaga jangan sampai stres.
  6. Lepas wadah pakan, wadah minum dan tangkringannya sambil dicuci sampai bersih.
  7. Mencuci sebaiknya menggunakan sabun cair yang berbusa lembut, seperti sambun cuci piring mama lemon.
  8.  Setelah dirasa semuanya  bersih selanjutnya angin anginkan dan jemnur hingga kering benar jangan sampai ada air yang menempel karena bisa berakibat berkarat pada sangkar karean terbuat dari besi.

Cara membersihkan sprayer/semprotan burung

Selain sangkar dan kelengkapannya, berupa tebok, wadah pakan dan minum dan tangkringan ada pula aksedoris lain yang tak kalah penting. Apakah itu? Ya, benar botol spayer atau semprotan burung. Alat ini  juga haru selalu dalam keadaan bersih dari kuman penyakit. Adapun cara membersihkannya adalah:
  1. Tuangkan air panas dalam botol sprayer
  2. Kocoklah aira dalam botol dengan keras beberapa kali 
  3. Setelah itu masukkan asam sitrat ke dalam botol, diamkan 10 menit
  4. Kemudian buang air asam tersebut dan bilas hingga bersih benar
  5. Jika belum bersih ulangi dari awal
Apabila Tips membersihkan sangkar burung lovebird dan kelengkapannya ini dijalankan dengan baik maka sangkar akan bersih dan awet. Ada dua keuntungan di sini. Satu sisi burung menjadi sehat dan sisi lain sangkar menjadi bersih dan awet. Mudah bukan, selamat bebersih!



No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad