IDE BISNIS KREATIF MODAL KECIL DARI HOBI BURUNG LOVEBIRD - bosskicau

Header Ads

IDE BISNIS KREATIF MODAL KECIL DARI HOBI BURUNG LOVEBIRD

Ide bisnis kreatif dari hobi burung lovebird – Ada banyak ide demi meraih sukses bisnis di rumah dengan banyak cara. Ada beberapa ide bisnis yang relevan dan dapat dijalankan dengan penuh semangat. Peluang dan ide bisnis di rumah bisa muncul dari segala sesuatu yang ada di lingkungan sekitar kita. Nah, agar bisa menjalankan usaha dengan asyik dan semangat adalah cara mulai menjalani bisnis yang sesuai dengan momen dan  hobi kita.
    Seperti saat ini yang hobi yang sedang ramai alias sedang ngetren adalah hobi burung pengicau. Dalam tren tersebut pasti ada pelung bisinisnya. Ide bisnis rumahan bermodal kecil yang paling pas adalah dengan ternak burung lovebird sebagaimana hobi kita.
   Burung cinta alias lovebird bisa menjadi ide bisnis kreatif karena burung ini sudah sangat terkenal sebagai burung yang setia dengan satu pasangannya. Pada umumnya jenis burung lovebird adalah monogami hanya memiliki satu pasangan saja. Bukan itu saja,  burung yang berparuh bengkok ini termasuk burung yang paling disukai dan sangat populer.
    Ini karena daya tarik dari burung ini yaitu warna bulunya beraneka ragam, mudah jinak dan yang paling disuka adalah suara kicau ngekeknya. Dengan melihat alsan tersebut , maka burung ini tentu bernilai ekonomis tinggi. Sehingga sangat tepat apabila ide bisnis kreatif untuk meraih untung besar diselaraskan dengan hobi, yaitu hobi burung lovebird. 
Ide bisnis kreatif dari hobi burung lovebird
ternak lovebird

Konsumen

Yang menjadi salah satu daya tarik dari burung lovebird adalah warna bulunya yang sangat beraneka ragam. Popularitas burung ini rupanya tidak hanya dikalangan para penggemar burung kicau melulu. Akan tetapi kini dari berbagai kalangan mulai melirik burung paruh bengkok yang berkarakter jinak ini. Dari berbagai tingkatan dan kalangan masyarakat baik tang tua maupun muda bahkan yang tak mau kletinggalan ada yang dari kaum hawa mulai menyukai lovebird. Ini merupakan angin segar dan tanda bahwa masyarakat secara umum sudah mulai menyukai lovebird.

Baca juga : 



INFO BISNIS

Popularitas burung lovebird di tanah air kini tidak perlu diragukan lagi. Dari jenis-jenis burung lovebird mulai dari yang berwarna hijau stansdar, hijau palmer (kepala merah), pastel, biru, kuning, batman dan berbagai warna lainnya. Itu adalah warna-warna yang paling populer, sedangkan saat ini sudah semakin bertambah warna-warna bulu lovebird yang ada. Ada banyak lovebird berkualitas atau burung lovenord import yang merupakan hasil ternakan dari  luar negeri. Tentu burung kualitas jenis ini sangat jauh berbeda dengan lovebird ternakan lokal, kita juga harus mengakui bahwa hasil ternakan luar masih jauh di atas ternakan lokal. Namun kita jangan sampai berkecil hati, karena dengan bermodalkan ketekunan, kesabaran  dan keseriusan, maka dipasatikan kita  mampu menyamai bahkan mengalahkan kualitas ternakan dari  luar negeri.
   Nah, apabila melihat lovebird dari sisi kualitas maka itu pasti akan berbanding lurus  dengan harganya yang mahal juga. Lovebird-lovebird impor tentu sudah dibanderol dengan harga yang fantastis sesuai kondisi burung. Yang perlu digaris bawahi di sini bahwa kualitas burung lovebird sangat mempengaruhi harga jualnya.
   Dengan mengetahui nilai ekonomis burung lovebird  maka,  pilihan untuk Anda yang  ingin memulai bernisnis sesuai hobi ternak lovebird bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak ada salahnya jika Anda memilih berbisnis dengan beternak lovebird di rumah dengan modal kecil namun sangat berpeluang meraup keuntungan besar. Untuk memulainya tentu ada bebarapa hal penting yang harus Anda perhatikan.
   Berikut ini adalah beberapa poin penting yang harus Anda ketahui dan menjadi dasar ketika akan memulai bisnis budidaya lovebird.
  1. Awalnya Anda harus menyediakan ruang yang representatif untuk tempat ternak lovebird. Di budidaya lovebird tidak membutuhkan lahan yang luas, karena cukup dengan ruang yang bisa menampung beberapa sangkar ternak lovebird. Yang paling penting tempatnya harus bersih, ada sinar matahari masuk, bebas dari hewan-hewan pengganggu dan tidak terlalu bising.
  2. Carilah indukan burung lovebird yang berkualitas. Alasannya kualitas indukan akan menghasilkan anakan berkualitas juga. Dengan hasil ternak berkualitas tentu akan mempengaruhi harga jual anakan. Sebagai gambaran, sekarang banyak para peternak lovebird yang telah menggunakan indukan-indukan lovebird juara.
  3. Jalankan ternak dengan telaten, rajin dan harus sabar. Buat pola atau jadwal perawatan yang baik. Terus update pengetahun tentang bagaimana cara beternak lovebird yang baik. Pengetahuan tentang perawatan lovebird sejak masih tahap perjodohan, masa mengeram, telur menetas,  bagaimana memberi pakan pada indukan yang masih meloloh hingga bagaimana menjual hasil panennya.

Keuntungan Bisnis

   Bicara mengenai keuntungan biasanya ini pasti yang akan  menjadi perhatian dari bahasan kali  ini. Pada kondisi normal seperti saat ini perkiraan harga anakan lovebird hijau standar pada kisaran Rp. 200. 000,-. Sedangkan untuk anakan yang berkualitas baik secara trah juara atau dari anakan import bisa mencapai harga hinggan jutaan rupiah.
   Nilai jual anakan lovebird sesuai  harga pasaran begitu menggiurkan. Apalagi jika melihat biaya yang dikeluarkan seperti untuk pakan ini sangat menarik, karena anakan siap dijual ketika sudah berumur 40 hari. Tentu ini tidak butuh pengeluaran tinggi untuk urusan biaya pakannya. 

Kelemahan Bisnis

   Di dalam setiap kegiatan tentu ada nilai plus ada pula minusnya, ada kekurangan juga  kelebihannya. Sebagaimana yang bakal terjadi pada bisnis ternak lovebird ini juga terdapat sisi lemah disamping sisi keunggulan. Yang menjadi catatan tebal di sini bahwa usaha ternak pasti  melibatkan nyawa, untuk semua urusan yang bernyawa akan ada hidup ada pula mati. Nah, disinilah yang perlu diketahui dengan sebenarnya. Bahwa rawatan pada obyek ternak tidak selalu bisa berjalan mulus dan maksimal. Karean faktor diluar kemampuan bisa menjadikan hambatan dalam beternak, seperti faktor iklim, wabah penyakit dan lainnya. 
   Pada usaha budidaya ternak burung ini yang momok para peternak adalah kematian baik indukan maupun anakan, telur invertil atau tidak berisi. Tapi tenang, tetap semangat dan jangan kendor karena beberapa hambatan itu. Karena momok yang ditakutkan itu dapat diantisipasi dengan gampang, yaitu cara perawatan yang baik. Yang paling mendasar utama adalah dengan dengan menjaga kebersihan kandang  dan lingkungan ternak.

Perhitungan Bisnis

Untuk memulai bisnis budidaya LB tentu harus ada niat kuat dengan perencanaan yang jelas dan matang. Perencanaan yang paling penting adalah tentang perencanaan biaya ternak. Nah, kali ini Admin  akan menyampaikan rencana dan perhitungan biaya yang diperlukankan untuk memulai usaha ternak lovebird. Yang perlu dicatat di sini bahwa apa yang akan disampaikan sebatas  sebagai simulasi saja, artinya rencana biaya sangat fleksibel menysesuaikan dengan kemampuan. 
IDE BISNIS KREATIF MODAL KECIL DARI HOBI BURUNG LOVEBIRD
Simulasi Analisa Bisnis burung Lovebird @bisnisukm.com

STRATEGI PEMASARAN

   Pemasaran adalah salah satu faktor penting bagi berjalannya sebuah bisnis rumahan seperti budidaya lovebird ini. Selain mahir berproduksi maka peternak peternak juga harus memiliki bekal kemampuan menjual atau setidaknya memiliki pangsa pasar untuk hasil ternakannya. Bisa dilakukan dengan menjalin hubungan yang baik dengan para penjual burung baik pengecer maupun pengepul burung. Perlu juga bermitra dengan sesama peternak, sehingga informasi sehingga akan terbentuk haringan peternak lovebird yang bisa menentukan atau mengendalikan harga ternakan.
   Jaringan bisnis yang sangat relevan dengan ternak  lovebird adalah para pemain lapangan atau lomba kicauan. Karean para penghobi lomba burung akan selalu mencari bahan burung atau materi lapangan yang berkualitas. Di sinilah ampak jelas peluangnya, karena para pemain lapangan tak akan sunbgkan membayar mahal untuk mendaptkan burung berkualitas. Satu lagi yang tak boleh ditinggal adalah dengan aktif di forum-forum burung online. Karena burung kicau di pasaran online juga sangat ramai dan menjanjikan.

Kunci Sukses 

Mengingat usaha budidaya adalah membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Maka kunci dasar yang harus Anda miliki adalah tingkat kesabaran yang tinggi agar mendapatkan hasil ternak yang maksimal. Ide bisnis kreatif dari hobi burung lovebird ini akan berbuah manis dengan modal dasar kecintaan atau passion pada burung lovebird agar seterusnya menjalani bisnis benar-benar muncul dari dalam hati.


No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad