CARA BETERNAK JANGKRIK UNTUK PEMULA ANTI GAGAL - bosskicau

Header Ads

CARA BETERNAK JANGKRIK UNTUK PEMULA ANTI GAGAL

Cara beternak jangkrik untuk pemula - Dunia kicau atau perburungan di mana-mana tak akan lepas dari ternak Jangkrik. Karena jangkrik adalah sebagai salah satu penopang bagi keberlangsungan dunia kicau. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa burung berkicau perlu asupan pangan yang berkualitas. Ini dapat diperoleh dari pangan yang mengandung banyak gizy agar performa burung tetap terjaga. Peluang ini menjadikan perlu untuk mengetahui bagaimana cara beternak jangkrik untuk para pemula.
    Jangkrik inilah yang memberikan sumbangsih besar pada terjaganya kondisi burung kicau. Alasan inilah mengapa serangga yang pandai mengerik ini jadi komuditas yang tidak boleh diremehkan. Nah, bagaimana cara beternak jangkrik bagi para pemula yang anti gagal bisa menjadi referensi bagi Anda kicaumania untuk meraih peluang ini.
ternak jangkrik
jangkrik biasa
   Ternak jangkrik bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk bagi yang masih pemula. Karena sudah sejak lama jangkrik dikenal memiliki khasiat tinggi sebagai asupan pakan untuk burung berkicau. Maka dari itulah, hampir semua burung kicauan pemakan serangga seperti cak ijo, murai batu, kacer, pentet, dan anis merah selalu diberi pakan tambahan berupa jangkrik.
    Bahkan ada juga sebagian penggemar burung yang memberikan jangkrik sebagai pakan utama bukan sekedar pakan tambahan atau extra fooding (EF). Untuk memenuhi kebutuha ini mka perlu di sini diulas mengenai bagaimana cara beternak jangkrik untuk pemula dengan  hasil maksimal anti gagal.
   Seperti diketahui, para penggemar burung demi alasan kepraktisan, maka pakan buatan seperti voer kerap digunakankan sebagai pakan utama bagi burung-burung yang sebenarnya pemakan serangga. Di sini, jangkrik justru  berubah menjadi pakan tambahan atau EF bukan pakan utama.
   Namun demikian, tidak sedikit juga pemilik burung murai batu, burung kacer, atau  pun burung cendet yang memposisikan jangkrik sebagai pakan utamanya. Ada yang beralasan karena burung kesayangannya tak mau makan voer, tapi ada juga yang memang secara sengaja tidak mau memberi pakan  voer pada burungnya, khususnya untuk burung-burung lapangan atau burung lomba.


JENIS-JENIS JANGKRIK

1. Jangkrik jenis biasa 
CARA BETERNAK JANGKRIK UNTUK PEMULA ANTI GAGAL
jangkrik alam

   Jangkrik sebagai pakan burung kicauan mudah diperoleh di sembarang tempat. Sekarang hampir di setiap penjual pakan burung atau di pasar-pasar  burung di tanah air. Jangkrik yang biasa di jual di pasaran biasanyanya berasal dari hasil budidaya atau ternak. Jangkrik jenis biasa ini paling banyak digunakan para kicaumania di Indonesia. Jangkrik-jangkrik ternakan biasa yang banyak dijumpai dan dijual di pasar-pasar burung.


2. Jangkrik jenis Bering 

Cara beternak jangkrik untuk pemula praktis
ternak jangkrik
   Belakangan, sebagian kicaumania mulai memilih dan fanatik menggunakan jenis jangkrik tertentu, misalnya yang sedang populer adalah jenis jangkrik bering. Sebagian kicaumania menyebutnya juga dengan jangkrik alam atau trah. Deskripsi jangkrik bering adalah dengan postur tubuh yang sedikit lebih kecil dibanding dengan jangkrik pada umumnya. Warnanya tubuhnya dominan terlihat lebih pekat atau gelap. Kalau dipegang juga terasa lebih keras. Hal ini sangat berbeda dengan jangkrik ternakan biasa yang teksturnya saat dipegang empuk.
   Jangkrik bering sebenarnya lebih dulu popular di kalangan kicaumania yang ada Blok Barat, yang meliputi kawasan Jabodetabek dan juga beberapa daerah di Jawa Barat. Untuk para  kicaumania di Blok Tengah yang terpaksa harus memesannya hingga sampai ke Jakarta dan daerah lain di Jawa Barat.

 CARA PRAKTIS BETERNAK JANGKRIK UNTUK PEMULA

   Itu cerita lama,  karena kini sudah ada yang mengusahakan ternak jangkrik bering di Blok Tengah, tepatnya  di kota Boyolali. Dia adalah Om Komo yang memiliki cara agar ternak jangkrik bisa sukses. Selain kesuksesannya dalam beternak jangkrik juga terkenal sebagai pemilik dari Dika Canary Boyolali.  Usaha ternaknya diawali dari mengambil bibit dari Jawa Barat. Bermula dengan mengambil anakkan jangkrik yang berumur satu bulan atau disebut tlondo sebagai bibit. Dari situlah kemudian tumbuh menjadi jangkrik dewasa yang menghasilkan telur dan diternakkan sampai sekarang. Adapun cara mulai beternak jangkrik adalah sebagai berikut:
  1. Persiapkan tempat atau ruang khusus untuk beternak jangkrik
  2. Buat kotak-kotak dari triplek atau gunakan kardus bekas yang kuat untuk menampung atau tempat jangkrik tumbuh
  3. Beri media dari sobekan kertas korang atau bekas tempat telur
  4. Sediakan bibit jangkrik atau telur jangkrik berkualitas
  5. Taburkan telur jangkrik di dalam kotak triplek yang telah tersedia
  6. Beri pakan berupa voer pakan ayam dan pakan basah dari sayur-sayuran.

   Apabila sudah dilakukan tahapan dan proses tersebut selanjutnya tinggal diamati dan terus dirawat agar jangkrik-jangrik bisa tumbuh dan selamat sampai siap panen. Jangkrik siap panen jika sudah berukuran 2,5 cm dan sayap belum tumbuh sempurna. Untuk pengemasan menggunakan bagor atau kanrong bekas beras dengan ukuran 12 kg jangkrik.
Inilah sekelumit tentang jangkrik dan peluang usahanya. Ada sedikit ulasan menganai kebutuhan jangkrik dan bagaimana cara beternak jangkrik yang praktis bagi para pemula dan anti gagal. Tahapannya sederhana dan mudah. Pastinya tidak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk memulai usaha ternak jangkrik sukses ini.


No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad