Menghilangkan Lemak Pada Perut Lovebird Sebagai Antisipasi Timbulnya Egg Binding - bosskicau

Header Ads

Menghilangkan Lemak Pada Perut Lovebird Sebagai Antisipasi Timbulnya Egg Binding

Menghilangkan Lemak Pada Perut Lovebird - Burung paruh bengkok yang pandai ngekek ini  sedang naik daun. Kicau mania benyak yang mulai memelihara burung lovebird. Belum lagi para pemula atau penggemar burung baru, mereka rata-rata punya peliharaan lovebird. Burung yang satu ini sangat muda perawatannya. Boleh dibilang, asal diberi makan saja maka burung ini akan hidup dan bisa bunyi. Tetapi apakah cukup hanya demikian saja. Tentu tidak, ada beberapa pola rawatan yang harus dijaga dan terapkan. Setidaknya agar bisa menjaga performa burung dan mengurangi lemak pada perut lovebird.
  Menghilangkan Lemak Pada Lovebird harus dilakukan sebagai Antisipasi terjadinya Egg Binding.  Persoalan yang paling ditakuti para peternak LB ini menyerang indukkan betina. Karena ini sangat berbahaya jika tidak tertangani bisa mengakibatkan kematian pada burung lovebird kesayangan. Gejala terjadinya telur yang lengket di dalam perut lovebird antara lain burung terlihat seperti lesu. Tidak doyan makan, gerakannya lemah dan sangat terbatas. Jika diamati seperti sedang menahan sakit. Dan yang paling terlihat adalah pada perutnya akan terlihat seperti bengkak, karena menahan telur yang tidak bisa keluar. Bisa saja karena tertahan timbunan lemak di dalam perut lovebird. 

Menghilangkan Lemak Pada Perut Lovebird
lovebird egg binding


Cara menghilangkan lemak pada perut lovebird

Menghilangkan Lemak Pada Perut Lovebird


   Lemak yang tertimbun di dalam tubuh burung memberikan dampak yang sangat buruk. Pastinya performa burung menjadi turun, karena aktifitasnya terbatas akibat kegemukan. Sedangkan yang cukup parah adalah terjadinya egg binding sebagaimana dalam bahasan ini. Adapun cara menghilangkan lemak pada lovebird adalah:
  1. Atur pola makan yang baik, jadwal dan menu harus diatur sebaik-baiknya
  2. Lakukan penjemuran secara rutin, waktu menjemur yang terbaik adalah antara jam 7 hingga 10 siang
  3. Buatkan mainan atau ayunan dalam sangkar, tujuannya agar burung aktif bergerak sehingga lemak terbakar
  4. Umbar di kandang koloni, tujuannya agar LB mau aktif bergerak terbang


Cara Menangani Egg Binding Pada Burung Lovebrid

   Tenang saja, apabila Anda sudah terlanjur memiliki lovebird yang mengalami egg binding ada cara untuk mengatasinya. Ada yang berpendapat terjadi telur yang tidak bisa keluar karena cangkang yang terlalu keras. Sebenarnya tidak demikian. Karena justru cangkang lembek sehingga dorongan atau kontraksi dari lovebird tidak mampu mengeluarkan telur secara alamiah atau normal. Cara mengeluarkannya sebenarnya mudah dan murah. Syaratnya Anda harus berani dan tega melakukannya.
 Ada satu tip praktis dari pakar burung lovebird dari Kota Batang Jawa Tengah, Om Alfan. Sebagaimana yang disampaikan beliau kepada Admin. Caraya adalah,  sbb:
  1. Bismillah,  awalnya disemprotkan embun terlebih dahulu di area perut, agar dingin basah kuyup karena menghindari kehabisan nafas. 
  2. Lanjut diolesi minyak goreng, dari anus lalu dorong ke dalam supaya minyak masuk. 
  3. Kemudian didorong lagi ke luar agar anus membuka. Ini diulang-ulang hingga 3 kali. 
  4. Selanjutnya didorong ke luar hingga Telur ke luar. "Alhamdulillah!"

   Itulah cara yang sudah dilakukan dan terbukti untuk mengatasi persoalan egg binding pada burung LB. Cara tersebut harus dilakukan dengan perencanaan yang matang. Karena taruhannya adalah burung Anda sendiri jika sampai gagal.    
   Mencegah adalah lebih baik. Dengan perawatan yang tepat maka indukan betina lovebird akan terhindar dari persoalan telut lengket tidak bisa keluar atau egg binding. Menghilangkan lemak pada perut lovebird adalah yang terbaik untuk antisipasinya.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad