Tips Jitu Mengatasi Lovebird Turun Tangkringan - bosskicau

Header Ads

Tips Jitu Mengatasi Lovebird Turun Tangkringan

Lovebird Turun Tangkringan - Kebiasaan buruk lovebird nebok atau turun ke tebok sangkar pasti membuat pusing dan emosi pemilik LB. Bagaimana tidak pusing, burung tidak vokus saat digantang, padahal sebenarnya burung fighter yang digadang bakal kerja maksimal.  Kelakukan aneh burung lovebird di dalam sangkar, yaitu seperti ngeruji, nebok alias lovebird turun tangkringan, atau paling parah malah gesek tangkringan atau disebut gestang. Ini parah, selain bakal mengurangi nilai lovebird ngekek di gantangan juga bakal bikin malu pemiliknya. Karena pasti bakal jadi bahan tertawaan kicau mania, jika lovebird gestang saat perform di perlombaan. 
Tips Jitu Mengatasi Lovebird Turun Tangkringan
Lovebird Turun Tangkringan
   Kebiasaan burung lovebird yang suka turun tangkringan tersebut selain mengurangi performa ketika lomba, tentu juga mengganggu pandangan jika burung itu sebagai penghias teras rumah Anda. Tapi tenang saja dan tidak perlu khawatir! Karena setiap persoalan tentu pada jalan keluarnya. Sebagaimana ini, lovebird yang suyka turun tangkringan juga ada tips untuk mengatisipasinya. Nah, bagaimana mengatasi agar lovebird anteng di tangkringan? Di sini akan dibagikan beberapa tips jitu dan trik paling joss untuk mengatasi persoalan lovebird turun tangkringan.

Penyebab lovebird tidak tenang ditangkringan

Ada banyak sekali penyebab mengapa lovebird tidak mau anteng ngekek di tangkringan. Adapun penyebabnya diantaranya:

1. Lovebird overbirahi (OB)

OB atau overbirahi pada Lovebird yang paling nampak tandanya adalah terlihat gelisah, terlebih jika melihat lovebird lainnya. Jika sudah demikian biasanya LB akan sering bunyi ngekek tapi sambil ngeruji. Juga akan sering destang alias gesek tangkringan, dan disertai dengan kebiasaan  naik turun tangkringan.

Cara mengatasinya:

Jika terjadi OB pada lovebird Anda, mengatasinya dengan menghentikan untuk sementara pemberian pakan tambahan atau extra fooding (EF). Lakukan juga mandi secara rutin tiap pagi, sore, dan jika memungkinkan mandi malam juga tujuannya agar untuk mengendalikan birahinya agar stabil.

2. Lovebird pobia atau takut

Burung lovebird agresif seperti ketakutan, tidak jinak bisa karena karakter atau tidak pernah melihat orang. Ini tentu menjadikan  lovebird menjadi takut orang yang diekspresikan dengan terbang dan ngruki.  Hal ini menjadi salah satu penyebab LB tidak mau anteng di tangkringan.

Cara mengatasinya:

Dengan cara melatih lovebird Anda agar jinak atau tidak takut orang. Caranya dengan sering memandikan dan sering didekatkan orang atau lingkungan yang ramai. Setelah terbiasa lovebird akan semakin tenang dan jinak.

3. Tangkringan lovebird yang tidak nyaman

   Kesalahan saat memilih tangkringan mungkin juga pernah anda alami. Tentu ini membuat LB merasa tidak nyaman, sehingga burung lovebird sering ngruji dan turun tangkringan. Jika ini yang menjadi masalahnya, maka bisa diatasi dengan mengakali, merubah posisi  atau menggantinya dengan tangkringan yang lebih tepat dan nyaman.
   Nah, berkaitan dengan tangkringan di sini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar membuat lobet mau anteng di tangkringan, yaitu seperti:

Perhatikan bahan tangkringan

Ada bermacam-macam bahan tangkringan yang dijual di pasaran. Diantaranya seperti yang sudah Anda kenal dan sering dipakai oleh pecinta lovebird diantaranya adalah:
  • Tangkringan dari plastik
  • Tangkringan amplas
  • Tangkringan kayu asam
  • Tangkringan pasir
  • Tangkringan cetak, dan lainnya.

Diantara tangkringan-tangkringan tersebut, pilihlahlah bahan tangkringan yang kuat dan nyaman digunakan, karena bahan tangkringan juga sangat mempengaruhi kenyamanan sang burung.

  • Memilih ukuran tangkringan

   Pilih dan gunakan ukuran tangkringan yang sesuai dengan cengkeraman kaki lovebird Anda. Jika tidak sesuai ukuran akan mengurangi kenyamanan lovebird. Jadi gunakan tangkringan dengan ukuran yang sesuai, tidak tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Atur posisi tangkringan 
Tips Jitu Mengatasi Lovebird Turun Tangkringan
tangkringan khusus lovebird @pixabay.com

   Posisi tangkringan LB juga menjadi hal yang sensitif, karena akan mempengaruhi kenyamanan burung lovebird saat bertengger. Untuk posisi tangkringan untuk LB dengan yaitu posisinya menyilang, bisa juga dengan sejajar dua tangkringan. Tehnik ini tujuannya adalah agar lovebird tidak tidak leluasa untuk turun tangkringan karena posisi tangkringan yang saling berdekatan.

   Itulah beberapa ulasan mengenai beberapa trik jitu untuk mengatasi lovebird yang turun tangkringan tidak anteng saat ngekek. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi dan solusi masalah Lovebird Anda. SALAM LOVEBIRDMANIA INDONESIA!

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad