Meracik Makanan Lovebird Lomba dengan Daun Mengkudu - bosskicau

Header Ads

Meracik Makanan Lovebird Lomba dengan Daun Mengkudu

   Makanan lovebird lomba dengan daun mengkudu - Pakan lovebird menjadi salah satu komponen penting bagi lovebird berprestasi. Tetapi tentu tidak hanya dari faktor keturunan atau trah saja sehingga lovebird menjadi sarat prestasi. Ada hal penting lainnya untuk menjadikan burung juara. Selain trah perawatan dan pemberian makanan lovebird berkualitas juga menjadi komponen penting. Selain pakan harian atau makanan pokoknya ada juga pakan tambahan dan pakan yang bisa menjaga stamina dan kesehatan burung. Yang akan disampaikan di sini adalah makanan lovebird lomba racikan dengan daun mengkudu.
   Makanan burung lovebird lomba dalam bahasan ini adalah titik tekannya. Artinya bahasan dalam artikel bosskicau kali ini mengenai salah satu faktor terpenting bagi keberlangsungan lovebird lomba. Karena lovebird lomba harus ditangani secara khusus dan teliti dalam hal pola rawatannya. Rawatan yang baik adalah sesuai pola-pola perawatan yang sudah diulas dalam artikel lain. Dan sekarang adalah mengenai racikan makanan lovebird lomba dengan tambahan komposisi berupa daun mengkudu.
Meracik Makanan Lovebird Lomba dengan Daun Mengkudu
Meracik Makanan Lovebird Lomba dengan Daun Mengkudu
   Daun mengkudu menjadi pilihan untuk racikan pakan lovebird karena sudah terbukti berkhasiat. Sedangkan khasiatnya antara lain bisa menambah vitalitas bagi burung juga sebagai penambah energi dan menjaga burung dari serangan penyakit. Latar belakang inilah yang mendorong beberapa pakar lovebird untuk meracik pakan lovebird dengan daun mengkudu.


   Memang benar, bahwa kuaslitas lovebird salah satunya ditentukan dari trahnya. Ketika burung lovebird berprestasi maka anakan juga akan menuruni sifat-sifat indukannya. Maka yang terjadi sekarang orang berlomba-lomba untuk breeding lovebird juara demi mendapatkan anakan lovebird yang berkualitas. Itu sah-sah saja sepanjang para peternak selalu menjaga kualitas hasil ternakannya.
   Sekali kagi bahwa trah adalah hanya sebagai salah satu penentu kualitas anakan lovebird. Tetapi jika anakan berprestasi tanpa penanganan yang baik maka tidak akan menjadi burung berkualitas, sebaliknya justru bisa rusak karena salah rawatan. Trah yang baik akan semakin berkualitas jika ditangani atau dirawat dengan cara yang baik. Setidaknya da beberapa rawatan standar harian yang rutin jarus dilakukan, seperti penjemuran, menjaga kebersihan sangkar dan lingkungannya dan yang tak kalah penting adalah pemberian ransum pakan yang berkualitas.

Meracik Makanan Lovebird Lomba dengan Daun Mengkudu
Makanan Burung Lovebird 

   Racikan Makanan Lovebird Lomba dengan Daun Mengkudu

   Nah, di sini akan disampaikan tentang bagaimana meracik sendiri pakan untuk lovebird agar tetap sehat dan vitalitasnya tinggi. Racikan pakan lovebird kali ini adalah dengan komposisi tambahan berupa daun mengkudu yang sudah terbukti berkasiat bagi unggas terutama burung. Adapun lomposisinya adalah:
  • Milet putih
  • Milet merah
  • Kenari seed
  • Kwaci bunga matahari
  • Daun mengkudu muda

   Komposisinya dengan perbandingan antara milet putih dengan bahan lain adalah 85% berbanding 15%. Milet putih dengan takaran sebanyak 85% sedangkan bahan-bahan lainnya 15%. Semua bahan dicampur menjadi satu. Sedangkan untuk daun mengkudu diambil sarinya, bisa dengan diblender atau ditumbuk. Setelah daun mengjudu dihaluskan selanjutnya diaduk-aduk dan diremas-remas bersama campuran bijian. Setelah rata benar, kemusian diangin-anginkan atau bisa gijemur hingga benar-benar kering. Setelah kering, siap untuk diberikan pada burung.
   Nah, inilah sekilas tentang bagaimana meracik sendiri Makanan Lovebird Lomba dengan Daun Mengkudu. Mudah dicari bahannya dan gampang membuatnya. Tetapi ada banyak manfaat dari racikanpakan ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi kesehatan dan kualitas burung lovebird Anda. 
Salam lovebird mania!



No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad