8 Makanan Burung Kenari Biar Cepat Gacor - bosskicau

Header Ads

8 Makanan Burung Kenari Biar Cepat Gacor

 Makanan Burung Kenari – Burung Kenari merupakan salah satu burung yang paling banyak diminati kicaumania saat ini. Salah satu alasannya karena burung kecil ini mudah untuk pelihara, selain itu juga karena mudah untuk dikembangbiakkan. Burung yang makanannya mudah didapat ini juga memiliki ketahanan tubuh yang kuat, jarang stres, bisa jinak, bisa disilang-silangkan, dan pastinya memiliki karakter sebagai burung petarung hebat. Dalam dunia perburungan biasanya yang membuat orang tertarik pada burung kenari adalah posturnya, warnya, dan kicauannya. 
8 Makanan Burung Kenari Biar Cepat Gacor
Makanan Burung Kenari


   Suara burung kenari karakternya khas dan  terdengar indah apabila sedang berbunyi gacor dan merdu. Ini bisa membuat Anda pecinta burung ini seakan terhipnotis dengan suara burung kenari gacor ngerol dor. Saat ini saja, banyak sekali penggemar kicau atau para pemain pemula yang mulai tertarik memilihara jenis burung kenari.
    Selain karakter suaranya yang melengking dan merdu, burung kenari ini juga memiliki lagu yang bervariasi. Burung kenari ini punya kemampuan untuk menirukan suara dari jenis burung lainnya dengan sangat mudah dan cepat. Tentu saja agar burung bisa maksimal bernunyi maka perlu didukung perawatan yang baik dan pemberikan makanan burung kenari yang berkualitas dan disukai.

8 Makanan Burung Kenari

  1. Sayuran Segar
  2. Buah-buahan Segar
  3. Telur Puyuh Rebus
  4. Telur Kroto
  5. Biji Hitam (Niger Seed)
  6. Biji Fumayin
  7. Daun Mengkudu Muda
  8. Bijian Mix

 Sebagaimana di sebutkan di atas bahwa salah satu faktor yang membuat burung kenari gacor ngerol adalah cara perawatan dan jenis makanan yang diberikan. Karena, dengan memberikan jenis makanan yang baik dan berkualitas dapat menambah stamina, fitalitas sehingga membuatnya cepat bunyi gacor. Bahkan dapat mempertahankan kualitas kegacoran burung yang nama latinnya adalah Serinus Canaria.
 Untuk memberikan makanan pada burung kenari agar rajin bunyi gacor ngerol, sebenarnya tidak terlalu sulit dan bahan pakannya juga mudah dicari. Intinya bahwa makanan burung kenari mudah didapat, murah harganya. Karena jenis makanan burung kenari Canary Seed tersedia di mana-mana. Selain itu makanan lainnya yaitu sayuran segar dan buah juga sebagai makanan burung kenari yang paling disukai.
 Sedangkan untuk asupan pakan tambahannya yang berguna untuk memenuhi kebutuhan protein bisa ditambah dengan pakan hewani dan sebagian nabati. Pakan tambahan tersebut seperti kroto, telur puyuh, biji niger hitam dan biji Fumayin. Baik juga jika diberikan tambahan berupa daun mengkudu muda, bijian mix, biskuit dan bubur bayi, dan lain-lain. Nah, untuk lebih jelas dan lengkapnya maka Anda para pembaca bisa menyimak ulasan tentang beberapa makanan kenari di  bawah ini.

Baca Juga : Resep Rahasia Pakan Agar Kenari Gacor dan Suaranya Bening

Sayuran Segar

  Sayur-sayuan segar sangat bagus diberikan kepada burung kenari secara teratur. Karena pada dasarnya di dalam sayuran segar terdapat kandungan berbagai macam jenis vitamin yang dibutuhkan burung untuk pertumbuhan burung. Sayuran segar seperti sawi, wortel, selada, mentimun, jagung muda, gambas atau oyong, dan sebagainya. Sayuran segar sangat bagus jika diberikan kepada burung sebagai pendamping makanan utamanya yaitu Canary Seed.
   Agar diperhatikan sebelum memberikan sayuran kepada burung, periksa kondisinya, apakah sayuran masih segar atau sudah layu dan mengering. Jika layu maka kandungan vitaminnya otomatis sudag berkurang. Tentu saja apabila itu dikonsumsi oleh burung, tidak akan memenuhi kebutuhannya untuk meningkatkan stamina tubuhnya.

Buah-buahan Segar

   Buah-buahan segar ini sama fungsi dan peran dengan sayuran segar. Keduanya sama-sama mengandung banyak vitamin yang bagus untuk kebutuhan burung kenari. Baik untuk kebutuhan pertumbuhan juga sebagai zat untuk menjaga kebugaran dan fitalitas tubuh burung.
   Di samping itu, jenis pakan berupa buah-buahan yang baik diberikan kepada kenari, seperti Apel merah, Jeruk, dan lain sebagainya. Karena buah-buahan tersebut memiliki kandungan vitamin yang berbeda-beda. Ada baiknya jika buah-buahan segar tersebut diberikan secara bervariasi dan rutin setiap hari. Misalnya, hari pertama diberi apel merah, hari kedua jeruk, dan seterusnya.

Telur Puyuh Rebus

Asupan pakan tambahan untuk burung berkicau lain seperti, Cucok Ijo, murai batu dan Pleci adalah jangkrik atau kroto. Namun, untuk burung kenari, makanan asupan tambahannya bisa menggunakan telur puyuh rebus. Fungsinya untuk memenuhi kebutuhan protein yang diperlukan untuk sistem pertumbuhan dan fitalitas burung. Saat meberika telur puyuh rebus, bagian yang paling banyak mengandung protein adalah pada kuning telur. Kuning telur puyuh rebus sangat baik untuk pakan pelengkap atau pendamping jenis pakan utama.

Kroto

Kroto merupakan sebutan untuk telur atau larva semut rangrang. Pakan berupa telur kroto sangat disukai burung kenari. Tapi, tidak semua burung kenari suka telur kroto. Maka saat Anda memberikan pakan kenari berupa telur kroto untuk yang pertama kalinya. Sebaiknya dengan cara pisahkan di tempat pajan yang berbeda atau bisa dengan cara ditaburkan di atas pakan bijian.

Biji niger Hitam (Niger Seed) 

Makanan tambahan berupa bikian ini juga dapat merangsang burung kenari semakin rajin berkicau dan lebih gacor. Diberikan dengan porsi penyajiaan secukupnya dengan takaran sedikit saja. Karena biji hitam jika berlebihan bisa membuat tubuhnya menjadi panas.

Biji Fumayin

Sedangkan pakan berupa biji fumayin dapat menjadikan burung kenari ketagihan untuk memakannya. Namun sekarang Biji fumayin cukup sulit didapatkan di pasaran. Karena biji ini termasuk salah satu jenis bijian yang ditengarai dapat menyebabkan kecanduan. Maka dari itu, berikanlah dengan takaran secukupnya saja, jangan dihidangkan terlalu sering.

Daun Mengkudu Muda

Mengkudu merupakan tanaman berbatang keras yang tumbuh di dataran rendah dengan ketinggan kisaran 1500 meter di atas permukaan laut. Pohonnya dapat mencapai ketinggian 3-8 meter dan memiliki bunga dengan bongkol berwarna putih. Daun mengkudu untuk kenari bisa digunakan sebagai makanan tambahan  yang dapat membuatnya semakin fit dan menjadi rajin berkicau. Untuk memberikannya, caranya dengan gantungkan di dalam sangkar.

Bijian mix (campur)

   Pakan berupa bijian mix ini sebagai perpaduan bijian yang lengkap dalam satu paket. Komposisinya terdiri dari biji-bijian kesukaan burung kenari. Diantaranya canary seed, biji sawi, jewawut, millet merah dan putih, niger, fumayin, egg food dan sebagainya. Pakan bijian ini biasanya dijadikan makanan pokok untuk burung kenari.
   Jadi, jangan sampai terlewatkan untuk selalu memberikan porsi mix tersebut secara tepat. Pakan bijian ini mudah didapatkan di toko burung terdekat Anda. Keunggulan pakan ini adalah pasti lebih higienis, praktis, dan komplit jika dibanding dengan pakan kiloan.
   Hai para kicau mania di mana-mana, apakah Anda sedang mencari pakan burung kenari kesayangan? Ingin agar burung kenari kesayangan cepat bunyi gocor? Nah, solusinya adalah dengan memberikan pakan yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat dan selalu menginspirasi kemajuan dunia kenari Indonesia.

Salam Kenarimania!

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad