7 Makanan Burung Paling Favorit untuk Burung-burung Pemakan Biji-bijian. - bosskicau

Header Ads

7 Makanan Burung Paling Favorit untuk Burung-burung Pemakan Biji-bijian.

7 Makanan Burung Paling Favorit untuk burung Pemakan Biji-bijian. - Burung yang dipelihara di dalam sangkar atau kandang, tidak bisa hanya mengandalkan pakan bijian saja. Mereka juga membutuhkan jenis pakan tambahan atau ekstra foodng lainnya. Makanan burung tambahan yang menjadi  favorit pemakan bijian tersebut sebagai penunjang untuk memperkaya kebutuhan asupan gizi dan jenis nutrisi lainnya. 

7 Makanan Burung Paling Favorit untuk Burung-burung Pemakan Biji-bijian.
Makanan Burung  Pemakan Biji-bijian


   Ada beberapa jenis makanan tambahan untuk burung atau extra fooding alternatif untuk memenuhi nutrisi pada burung kicauan. Kali ini, bossicau akan mengulas tentang beberapa pakan untuk tambahan bagi burung pemakan biji-bijian. Burung yang doyan bikian seperti beberpa finch, kenari, lovebird dan beberapa jenis burung paruh bengkok. Berikut ini tujuh makanan tambahan paling favorit untuk burung-burung pemakan biji-bijian. 
   Untuk membantu Anda para penggemar burung dalam memberikan EF yang tepat, berikut ini ada beberapa EF atau pakan tambahan yang biasa diberikan kepada burung kesayangan Anda. Tentu saja disertai dengan penkelasan tentang beberapa manfaatnya. Nah, mari Kita mulai yuk!

Tujuh makanan tambahan paling favorit untuk burung-burung pemakan biji-bijian.

1. Gambas / oyong

   Gambas atau populer disebut juga dengan oyong (Luffa acutangula) adalah tanaman dari suku labu-labuan atau disebut dalam bahasa latinnya Cucurbitaceae. Tanaman merambat ini bisa hidup di mana saja, pada lingkungan kering, dengan air yang cukup di sepanjang musim.
   Kulit luar oyong cukup keras. Jadi, sebelum diberikan kepada burung, oyong sebaiknya dipotong - potong terlebih dahulu. Rasanya ada sedikit manis, dan banyak kandungan airnya. Sehingga oyong mudah dicerna oleh burung, baik burung kecil seperti kenari / finch apalagi burung paruh bengkok.
Pada setiap 100 gram buah oyong mengandung sekitar  1,09 gr protein, 17 mg kalsium, 5,6 IU vitamin A, 1,6 mg zat besi, dan 7 mg vitamin C. Manfaatnya bagi burung, antara lain bisa membantu merangsang  makin rajin berbunyi.
   Namun yang perlu diingat, tidak dianjurkan dikonsumsi burung secara terus meneru. Karena bisa berdampak tidak baik, antara lain membuat kotoran burung menjadi berair. Jadi, takarannya cukup diberikan sekali saja setiap seminggu saja. 
7 Makanan Burung Paling Favorit untuk Burung-burung Pemakan Biji-bijian.
 Makanan Burung lovebird


2. Jagung muda

   Pada jagung muda di dalamnya terdapat banyak kandungan vitamin yang sangat bermanfaat untuk burung pemakan bijian. Sebelum diberikan, alangkah baiknya jika biji jagung muda disayat-sayat terlebih dulu dengan pisau. Sehingga akan  memudahkan burung-burung kecil seperti kenari atau finch untuk memakannya.

Berikut ini ada beberapa manfaat jagung muda untuk burung:

  • Memperlancar pencernaan
  • Menyehatkan mata
  • Kaya kalori dan vitamin
  • Kaya mineral
  • Mencegah anemia
  • Membantu menyehatkan bulu–bulu burung.

3. Buah apel

   Buah apel (Malus domestica) berwarna merah jika sudah masak, meski ada juga jenis apel berwarna hijau atau kuning. Apel biasanya diberikan sebagai tambahan pakan kepada burung pemakan biji-bijian. Cara pemberiannya bisa dengan memotong-motong kemudian digantung di dalam sangkar.
7 Makanan Burung Paling Favorit untuk Burung-burung Pemakan Biji-bijian.
Apel Makanan Burung Paling Favorit untuk Burung-burung Pemakan Biji-bijian.
   Yang penting untuk diingat, bahwa sebelum diberikan kepada burung, alangkan baiknya jika bijinya dibersihkan terlebih dahulu. Karena biji apel mengandung racun yang tidak baik bagi kesehatan burung. 

4. Wortel

   Wortel adalah termasuk jenis sayuran yang mudah didapat, serta memiliki banyak manfaat. Wortel baik diberikan kepada semua jenis burung pemakan biji-bijian. Pemberian wortel pada beberapa kebis burung kicauan bisa membantu menghasilkan pigmen warna, terutama pada burung jenis kenari merah.
   Cara pemberian wortel dapat dengan memarutnya hingga halus. Alangkah baiknya jika direbus terlebih dahulu. Setelah dilakukan perebusan kemudian baru diparut dan diberikan kepada burung.

5. Cabai merah

   Cabai merah ternyata juga sangat bermanfaat bagi burung peliharan. Selain mengandung banyak kandungan vitamin C tinggi, cabai merah juga mempunyai kandungan zat warna merah. Selain itu juga mengandung zat warna atau karotein sebagaimana yang terkandung pada wortel.
   Cabai merah bisa disajikan dengan beberapa cara. Bisa diberikan hanya bagian kulitnya saja, bijinya dibuang. Atau bisa juga diberikan masih dalam bentuk utuh dan masih segar. Burung tidak memiliki reseptor rasa, sehingga mereka tidak merasakan rasa panas atau pedas dari cabai.

6. Mentimun

   Mentimun atau ketimun yang juga populer disebut timun (Cucumis sativus) adalah tanaman suku labu-labuan atau Cucurbitaceace. Kandungan airnya tinggi, sehingga bail diberikan kepada burung saat cuaca terik. Mentimun juga sering diberikan kepada burung sebagai pakan ketika melakukan perjalanan jauh.
   Manfaat lain dari mentimun juga berkasiat untuk membantu mengurangi lemak pada burung yang mengalami ngelemak, kegemukan atau obesitas, dan ampuh untuk mengurangi birahi burung kenari yang sedang mengalami OB (over birahi). Pemberiannya dilakukan dengan cara memotong mentimun, lalu menggantungnya dalam sangkar.


7. Daun sawi hijau

   Daun sawi hijau termasuk sayuran hijau yang sering diberikan kepada burung pemakan biji-bijian sebagai pakan tambahan yang penuh khasiat. Sawi mengandung beberapa zat bermanfaat  seperti antioksidan flavonoid, indoles, karoten, sulforaphane, lutein, dan zeaxanthin. Daun sawi segar juga banyak mengandung vitamin C dan vitamin A.
   Sawi hijau baik dan cocok diberikan kepada burung pemakan biji-bijian karena memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan burung, ini akan memudahkan burung saat buang kotoran.

Inilah informasi tentang tujuh pakan tambahan paling favorit yang cocok  diberikan kepada burung kenari dan burung paruh bengkok. Pemberian makanan tambahan ini bertujuan agar burung memiliki fitalitas dan daya tahan yang tinggi, menstabilkan birahi, dan merangsangnya supaya lebih rajin berbunyi.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad