Suara mozambik untuk masteran dan memancing suara burung lain - bosskicau

Header Ads

Suara mozambik untuk masteran dan memancing suara burung lain


 Suara mozambik untuk masteran dan memancing burung lain agar berbunyi gacor dan bervariasi. Mozambik atau yellow-fronted canary bahasa latinnya adalah Serinus mozambicus. Burung moza  merupakan spesies burung finch berukuran kecil antara 11 hingga 12 cm saja. Namun burung ini termasuk yang sangat aktif dan cukup cerewet kicauannya. Kalau sudah terlanjur ngoceh gacor, maka burung ini seperti lupa berhenti. 
Suara mozambik untuk masteran
Suara mozambik 

 Sebagian kicaumania di Indonesia khususnya penggemar finch ada yang menangkarnya. Seperti yang mulai sekarang terlihat banyak burung moza yang sudah memakai cincin peternak lokal. Ada sebagian lagi yang hanya memeliharanya yang dijadikan sebagai burung master. Ada pula yang menggunakan mozambik  untuk memancing burung jenis lainnya agar lebih cepat berbunyi.
 Burung mozambik termasuk jenis singing finch, sebagai burung tipe penyanyi yang suka berkicau. Burung ini juga yang disebut dengan burung kenari Afrika, karena dianggap masih satu keluarga dengan burung kenari. Burung ini biasa hidup secara berkoloni atau berkumpul bersama dalam jumlah banyak. Burung Moza alias mozambik banyak dicari kicau mania karena pas untuk masteran kenari.
 Mozambik termasuk burung finch yang cukup popular di mana-mana. Sudah banyak dipelihara oleh para penggemar burung di seluruh dunia termasuk Indonesia. Meski berpostur kecil, burung ini sangat agresif. Pada umur  antara 5 – 7 bulan, burung mozambik sudah memasuki umur dewasa kelamin. Artinya pada masa ini sudah masuk usia produktif siap untuk ditangkarkan.
 Burung moza saat ini makin jarang ditemukan di habitat aslinya di Afrika, akibat maraknya perburuan liar. Peraturan mengenai perdagangan internasional untuk burung ini pun mulai diperketat. Namun, sudah banyak orang yang menangkar burung ini, termasuk di Indonesia.
 Mozambik memiliki karakter suara yang “receh” atau cerewet. Karena itu, suaranya sering digunakan sebagai masteran atau untuk memancing bunyi jenis burung lainnya. Beberapa spesies burung yang bisa  terpancing oleh suara kicauan mozambik  antara lain adalah semua jenis burung punglor atau  anis, cucak hijau, kacer, dan pleci.
 Inilah sekelumit  bahasan tentang suara burung mozambik yang ada banyak kegunaannya. Terutama untuk masteran burung lain dan sebagai pancingan agar burung lain terangsang untuk berbunyi. Ada sedikit masukan, agar lebih efektif untuk masteran kicauan burung mozambik dapat dikombinasi dengan alunan musik klasik.
 Semoga bermanfaat dan menginspirasai kicaumania di mana-mana!

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad