Kunci Rahasia Ternak Lovebird Lutino Dan Lovebird Albino - bosskicau

Header Ads

Kunci Rahasia Ternak Lovebird Lutino Dan Lovebird Albino


Saat ini lovebird warna atau beauty kembali populer dan digandrungi. Varian yang pernah ramai digemari seperti Lutino, ternyata mulai kembali disukai. Demikian pula dengan jenis Albino. Dua jenis ini  ternyata bisa diternak dengan hasil yang menjanjikan, tentu saja asal tahu cara ternak lovebird lutino dan albino.
Kunci Rahasia Ternak Lovebird Lutino Dan Lovebird Albino
 Lovebird Lutino Dan Lovebird Albino

Mencetak lovebird lutino dan albino bisa menggunakan dua tahapan. Tahap pertama adalah pencarian jodoh, bisa di kandang koloni. Selanjutnya ke tahap dua adalah memasukkan sepasang lovebird ke dalam kandang baterai, dengan catatan dua lovebird tersebut sudah jodoh. Pejantannya minimal telah berumur satu tahun dan betinanya berumur satu tahun lebih dan sudah birahi. Bagaimana cara menjodohkan lovebird lutino dan albino hampir sama dengan jenis lovebird yang lain dengan melalui beberapa tahapan. Adapun tahapan Perjodohan Lovebird tersebut adalah, sebagai berikut:

1. Menjodohkan lovebird dalam kandang koloni

Tahap menjodohkan lovebird yang  pertama adalah menyiapkan kandang koloni. Di dalam kandang tersebut  dimasukkan 1 pejantan dengan 5 betina yang sudah siap. Biarkanlah semua lovebird berada di dalam kandang koloni sampai pejantan menemukan jodohnya. Dan memilih salah satu dari 5 betina  betina yang ada.
Waktu untuk berjodoh tidak bisa ditentukan, tergantung kondisinya. Kadang bisa 1 – 2 minggu pejantan sudah berjodoh dengan salah satu betina -  betina yang disiapkan. Ciri-ciri jantan dan betina lovenird yang sudah berjodoh adalah keduanya sidah terlihat saling bersamaan, saling meloloh dan berbunyi saling bersahut-sahutan.
Keduanya juga akan menjauh dari betina-betina yang ada, karena bukan menjadi pilihan lovebird pejantan tadi. Kalau sudah bisa dipastikan lovebird itu sudah berjodoh, maka selanjutnya memasuki tahap kedua, yakni memasukkan sepasang love bird tadi ke dalam kandang baterai.
Apabila sepasang lovebird tadi sudah berjodoh di kandang koloni, maka selanjutnya keduanya dimasukkan ke dalam kandang baterai. Ukuran kandang baterai adalah dengan panjang 60 cm, lebar 40 cm dan tinggi 40 cm. 
Kunci Rahasia Ternak Lovebird Lutino Dan Lovebird Albino
Lovebird Lutino

2. Menjodohkan lovebird dalam kandang baterai

Kandang baterai langkah baiknya jika ditata secara bersusun atau bertingkat dari bawah ke atas. Disusun secara berjajar horizontal antara kandang satu dengan lainnya. Di salah satu sudut kandang baterai tadi dipasang gelodok atau sebagai sarang yang terbuat dari kayu keras. Kotak tersebut diberi lubang atau tempat keluar masuk si burung.
Dalam kandang juga wajib disediakan wadah makan dan minum. Wadah tersebut kemudian diberi pakan bisa berupa milet putih, Canary Seed, biji sawi, jagung muda dan kangkung segar. Di alas kandang juga disiapkan bahan sarang berupa serutan kayu,  daun cemara kering, bisa juga erat nanas.
Setelah beberapa hari berdua berada dalam kandang baterai, maka sepasang lovebird ini akan kawin. Nah, sekitar 10 hari setelah perkawinan induk betina akan segera bertelur. Maka sepasang lovebird akan bekerja membuat sarang dengan bahan sarang yang sudah tersedia berupa serutan kayu, serat nanas atau bahan lainnya. Kemudian serat itu akan digondol dan dimasukkan ke dalam gelodok untuk disusun menjadi sarang.
Burung lovebirs pada masa produksi mampu bertelur antara 2 – 4 butir dalam satu masa produksi. Setelah 14 an hari maka anakan yang sudah menetas akan diasuh oleh induknya selama 2 mingguan. Anakan yang dihasilkan tadi bisa beragam jenisnya, mungkin saja salah satunya muncul jenis lutino.
Biarkan anakan lovebird mendapat asuhan dan mendapat makanan langsung dari induknya. Induk lovebird akan memberi makan anaknya  dengan cara dilolohkan. Dalam waktu  14 hari an makanan selalu dilolohkan oleh sang induk.

Perawatan praktis anakan lovebird Lutino dan Albino

Setelah berumur 2 minggu di bawah asuhan sang induk, maka seluruh anakan love bird bisa mulai diangkat dari sarang atau gelodog sambil disapih. Kemudian ditempatkan ke dalam tempat atau wadah khusus yang nyaman untuk anakan loverbird kita. Di dalam wadah bisa diberi serbuk gergaji halus atau serutan kayu yang lembut. Alngkah baiknya kotak tempat anakan itu dimasukkan ke dalam sangkar, agar aman dari ancaman hewan pemangsa.
Sebaiknya pemberian pakan kepada anakan lovebird dengan cara dilolohkan memakai lolohan berupa pipet. Alat loloh lovebird ini tersedia di toko burung terdekat. Makanan yang dapat diberikan bisa berupa bubur bayi, pilihlah  yang berbahan dasar  beras merah atau kacang hijau.
Inilah tulisan sederhana mengenai bagaimana beternak lovebird lotino dan albino. Semoga bermanfaat.


No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad