Cara Cepat Mengatasi Kenari Macet Bunyi - bosskicau

Header Ads

Cara Cepat Mengatasi Kenari Macet Bunyi


Kenarimania bisa galau bila kenarinya macet bunyi. Harus diakui bahwa burung kenari masih menjadi idola para kicau mania. Tentu saja karena keunikan warnanya dan suaranya yang khas merdu sepanjang waktu. Kenari yang sudah gacor rajin bunyi akan disukai karena menghibur majikannya. Oleh karena itulah banyak kicau mania menjadi suka memelihara kenari. Burung kecil dengan suara indah ini bisa menjadi sekedar burung rumahan, sebagai masteran atapun sebagai burung kenari gacoan untuk lomba. Agar kenari tetap bunyi maka pemilik harus tahu bagaimana mengantisipasi dan cara mengatasi kenari macet bunyi. 
Cara cepat mengatasi kenari macet bunyi
kenari gacor @suaraburungmaster.info

Kondisi kenari juga naik turun, ada saatnya kenari menurun staminanya sehingga aktifitasnya terganggu. Akibatnya muncul persoalan yang menjadi keluhan para kenari mania, yaitu kenari yang semula gacor menjadi jarang bunyi  bahkan sampai macet bunyi. Ada beberapa hal yang menyebabkan burung kenari menjadi macet.

Penyebab kenari macet bunyi

  • Cara merawat kenari yang kurang tepat menjadi salah satu penyebab kenari males bunyi. Walaupun sebenarnya perawatan kenari terbilang mudah, tetapi tetap harus dilakukan secara tepat, telaten dan rutin. Semua itu demi membuat burung kenari tetap fit sehingga rajin bunyi dan gacor.
  • Kenari kurang fit atau sakit bisa juga menjadi peyebab burung jarang bunyi. Sakit di sini bisa disebabkan sakit setelah mengalami masa mabung. Bisa juga karena sakit oleh yang lain seperti gangguan pencernaan, dan lainnya.
  • Kutu juga dapat menjadikan burung males bunyi.  Karena gigitan kutu kenari menjadi terganggu
  • Sangkar dan lingkungan sekitar yang kurang nyaman juga membuat burung kenari menjadi males bunyi dan masih banyak penyebab lainnya.
Bahwa yang terpenting adalah harus mengetahui terlebih dahulu penyebab burung kenari macet bunyi. Maka selanjutnya dapat dengan mudah ditemukan cara atau penanganan yang tepat. Apabila sudah diketahui penyebabnya, berikut ini adalah cara mengatasinya.

Cara mengatasi kenari macet bunyi

Pada burung kenari yang macet setelah selesai mabung kemungkinan kenari menahan sakit sehingga tenaganya terkuras ketika mabung. Kondisi ini sehingga menjadikan kenari macet. Maka cara mengatasinya adalah dengan cara memberi pakan yang berkualitas. Pakan tambahan atau ekstra fooding (EF), berupa sayuran hijau, buah dan telur puyuh rebus secara berkala.
Pada kenari ngelemak atau kehgemukan perlu penjemuran lebih, yang biasanya hanya satu jammaka intensitasnya ditambah menjadi 2 hingga 3 jam di pagi hari saja. Karena sinar matahari pagi dipercaya mampu membakar lemak burung selain itu juga mengadung vitamin yang sangat bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh.
Pada kenari macet bunyi karena gangguan pencernaan, gangguan kutu serta lingkungan yang kurang nyaman, maka bisa segera diberikan obat anti mencret, anti kutu serta memindahkan ke tempat yang lebih nyaman agar burung cepat fit dan bunyi kembali.
Yang terpenting menghadapi kenari macet adalah jangan panik. Karena untuk mengatasinya mudah, hanya butuh kesabaran.  Jika dihadapi dengan tenang sabar dan telaten maka  mengembalikan sang jagoan kembali gacor dan rajin bunyi bisa bverkalan dengan baik. Selamat mencoba semoga bermanfaat dan mengispirasi kita semua. Terima kasih..

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad