Perbedaan Kenari Kalitan Dengan kenari Lokal - bosskicau

Header Ads

Perbedaan Kenari Kalitan Dengan kenari Lokal


Perbedaan kenari kalitan dengan kenari lokal - Bahwa kenari kalitan adalah kenari dengan postur kecil, namun ada karakter yang unik yaitu berupa kicauan yang pedas, kaki terlihat tinggi atau njingkring. Ada kerancuan antara kenari kalitan dengan kenari lokal. Karena sama-sama berukuran tubuh yang mungil. Orang awam pasti tidak bisa membedakan antara kenari kalitan dengan yang lokal. 
Perbadaan Kenari Kalitan Dengan kenari Lokal
Gambar Kenari Kalitan 

Kenari lokal adalah hasil dari keturunan kenari biasa yang sudah ada  di tanah air. Biasanya ditandai postur yang mini atau kecil dengan bentuk yang proporsional. Artinya tidak ada ciri fisik yang menonjol. Seperti kaki yang pendek, badan tidak bongkok, kepala tidak mbarong dll.
Boleh dibilang bahwa kenari tak ada matinya. Memang harus diakui kenari sempat mengalami pasang surut. Karena popularitas burung kenari juga sempat tergeser oleh burung kicauan lainnya, seperti lovebird juga murai batu. Demi mendongkrak kembali popularitas kenari berbagai cara dan upaya dilakukan oleh para breeder kenari di tanah air.  Mendongkrak popularitas sekaligus  harga jual Kenari yang belakangan sempat merosot.
Meramaikan kenari salah satunya dengan menyusun silangan kenari kalitan, kelas atau klasifikasi. Seperti munculnya nama-nama atau istilah mulai dari  kenari loper, AF, F1, F2, F3 dan seterusnya. Dan kini muncul yang sedang trend yaitu kenari kalitan. Bahkan baru-baru ini sudah banyak di berbagai EO membuat kelas khusus untuk kenari kalitan baik di ajang latber maupun lomba.
Cara breeding kenari kalitan secara prinsip tidak ada perbedaan dengan kenari lokal. Hanya saja kenari kalitan adalah dari trah atau indukan yang berkualitas. Baik dari segi suara / kicauan maupun bentuk tubuhnya. Sehingga perlu ditegaskan di sini bahwa kenari kalitan lebih berkarakter baik dari postur maupun kicauannya dibanding kenari lokal. Dan harga kenari kalitan gacor juga tinggi.
Trend baru kenari kalitan di kalangan kenarimania saat ini, terlihat berhasil atau  mampu menaikan popularitas dan tentunya harga kenari di pasaran.  Nah, bagaimana cara membedakan kenari kalitan dengan kenari biasa / lokal. Yuk kita simak ciri-ciri kenari kalitan di bawah ini.

Ciri-ciri fisik kenari kalitan

  • Postur tubuh yang kecil namun berkarakter.
  • Ekornya lebih panjang.
  • Sayap yang lebih pendek.
  • Tubuh cenderung tegap saat berkicau.
  • Durasi kicauannya lebih panjang dan pedas.

Baca juga : MENANGKAP PELUANG USAHA BUDIDAYA BURUNG KENARI

Itulah ciri-ciri kenari kalitan yang dapar dilihat dari segi fisik. Tentunya harapan dari penulis semoga dapat membantu para kenarimania dan bagi yang belum faham tentang hal ini. Sekedar masukan khususnya bagi pemula yang ingin memelihara kenari, alangkah  baiknya jika mau membeli kenari langsung di peternaknya. Alasannya adalah agar dapat ditahui silsilah dan keturunannya, baik tentang trah atau indukannya.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari usaha pemeliharaan kenari adalah dengan cara-cara perawatan yang baik. Baik dari segi pemeliharaan sehari jari mulai dari kandang dan lingkungan yang baik, penjemuran, jebersihan dan tentunya pemberian pakan yang terbaik dan  berkualitas. Demikian ulasan singkat tentang perbedaan kenari kalitan dengan kenari lokal, semoga bermanfaat dan terus menginspirasi kemajuan kemajuan dunia kenari tanah air.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad