Fakta Lovebird Gestang Akan Bisa Produksi - bosskicau

Header Ads

Fakta Lovebird Gestang Akan Bisa Produksi


Lovebird Gestang Bisa Produksi - Muncul pendapat di kalangan lovebirdmania dan para peternak lovebird yang menganggap lovebird gesek tangkringan (gestang) tidak dapat berproduksi. Wah, hal tersebut tidaklah benar. Lovebird gestang akan bisa produksi. Banyak para penggemar burung lovebird yang memiliki lovebird jantan gestang, tetapi produksinya tetap lancar jaya. Jadi, kesimpulannya lovebird jantan tetap mau mengawini lovebird betina, sehingga bisa bertelur isi dan menghasilkan anakan. 
Nah, ada pertanyaan di benak para peternal LB, lovebird gesek tangkringan jantan atau betina? Jawaban mudahnya adalah, bahwa pada umumnya lovebird jantanlah yang paling banyak gestang. Akan tapi tidak menutup kemungkinan, lovebird betina juga bisa gestang. Akan tetapi penulis belum pernah menemukan lovebird betina ada yang gestang.
Fakta Lovebird Gestang Akan Bisa Produksi
Lovebird Gestang 

Okelah kalau begitu, sebelumnya juga telah dibahas burung lovebird gestang pada artikel Lovebirdgestang (gesek tangkringan) tetap bisa produksi. Lovebird yang gestang ini karena dua hal penyebabnya, yaitu :
  • Lovebird jantan mengalami overbirahi namun tidak segera dijodohkan. Atau lovebird yang sudah jodoh, tapi yang jantan over birahi dan betinanya belum siap kawin.
  • Perilaku yang sudah menjadi kebiasaan pada lovebird itu sendiri. Pada awalnya bisa saja lovebird jantan yang telah over birahi tidak segera mendapat perawatan atau tidak segera diturunkan birahinya, sehingga lovebird tersebut akhirnya punya kebiasaan mengawini tangkringan. Maka seterusnya setiap hari lovebird jadi gestang terus.
Jika lovebird telah mengalami hal tersebut, maka segaralah melakukan penanganan dengan sebaik-baiknya. Cobalah menurunkan birahi lovebird dengan memandikannya. Pada pagi hari burung dimandikan hingga basah kuyup, selanjutnya dijemur sampai kering tetapi ingat,  jangan terlalu lama. Selain itu perlu juga untuk menghindari pakan yang memiliki kandungan protein tinggi, karena ini sebagai pemicu birahi lovebird menjadi tinggi. Pakan yang dimaksud seperti jagung muda, kwaci, tauge, dan kangkung.
Demikian penjelasan singkat tentang lovebird yang suka gestang alias gesek tangkringan namun tetap bisa produksi. Jadi apabila ada yang berpendapat bahwa LB gestang cenderung tidak bisa produksi, itu tidakbenar. Lovebird yang gestang penyebabnya adalah karena sdang mengalami birahi tinggi. Untuk mengatasinya bisa diturunkan dengan dimandikan hingga basah kuyup. Dan jangan sampai lupa untuk rutin diberi pakan yang standar seperti milet putih, serta kuramhi EF seperti jagung muda, kangkung dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi kita semua.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad