Trik Jitu Cara Mengatasi Birahi Lovebird Jantan - bosskicau

Header Ads

Trik Jitu Cara Mengatasi Birahi Lovebird Jantan


Trik jitu cara mengatasi birahi lovebird jantan agar kembali bisa ngekek panjang. Lovebird yang telah  memasuki umur 8 bulan sudah mulai birahi. Hingga pada puncaknya lovebird jantan akan mengalami birahi matang pada umur 10 bulan hingga 12 bulan. Nah, bila tidak segera dijodohkan maka lovebird jantan akan punya kebiasaan mengawini tangkringannya. Setidaknya diberi makanan penurun birahi untuk mengatasi sementara. Selanjutnya ini menimbulkan pertanyaan apakah lovebird gestang bisa dilombakan?
Tentu pertanyaan itu ada jawabannya, yaitu dengan obat lovebird gestang. Obat gestang tidak melulu berupa ramuan atau obat yang diberikan pada lovebird OB. Tetapi setidaknya ada trik jitu untuk mengatasi OB pada lovebird. Kadang juga terlihat ciri ciri lovebird paud birahi Kebiasaan tersebut  biasa disebut dengan GESTANG (gesek tangkringan) di kalangan para Lovebird Mania. Tentu kebiasaan itu berbeda dengan perilaku lovebird betina birahi.



Trik Jitu Cara Mengatasi Birahi Lovebird Jantan
lovebird ngekek panjang


Ciri-ciri lovebird jantan over birahi dan cara mengatasinya

 Lovebird jantan lapangan yang sudah sering menjuarai perlombaan bila sedang birahi akan berdampak buruk. Karena lovebird jantan yang sedang over birahi mengakibatkan lovebird tersebut tidak mau bekerja dengan baik. Lovebird OB tidak mau ngekek panjang saat di gantang di lomba dan cenderung “ngeruji”. Tentu ini akan mengurangi nilai atau point saat diikutkan dalam lomba.
 Mungkin sering terdengar jika lovebird betina banyak yang menjuarai perlombaan atau paling banyak diikutkan dalam lomba. Karena lovebird betina cenderung mudah distabilkan birahinya. Pada lovebird betina birahi lebih cepat ditangani dibandingkan dengan lovebird jantan.

Ciri-ciri lovebird jantan over birahi :
  • Lovebird jantan yang sudah over birahi biasanya mengawini tangkringan atau istilahnya gesek tangkringan (gestang).
  • Lovebird akan mengawini tangkringannya berulang-ulang.
  • Lovebird jantan OB atau over birahi menjadi giras, jarang ngekek dan jarang berbunyi. Kalaupun bunyi hanya semaunya tidak ngekek panjang seperti biasa. Untuk lovebird lapangan tentu tidak bisa diikutkan lomba,  harus diturunkan birahinya dulu.
  • Bisa jadi Lovebird akan cabut bulu sendiri di  sekitar bulu dada dan lehernya.
  • Lovebird ccenderung ngeruji dan seperti ingin keluar. Lebih-lebih jika di dekat kandangnya terlihat  lovebird betina, maka lovebird jantan akan terlihat gelisah dengan terbang kesana kemari seperti  ingin keluar.
Trik jitu  menstabilkan lovebird ovebir birahi :
  • Pada pagi hari jam 7, lovebir dimandikan hingga basah kuyup lalu dijemur.
  • Pada sore hari sekitar jam 5,  bisa juga malam sekitar jam 8 lovebird dimandikan dengan cara pengembunan jangan sampai basah kuyup.
  • Kurangi pakan yang dapat memicu birahi lovebird, seperti jagung muda, kenari sed, daun kangkung, dan tauge. Cukup diberi  pakan milet putih dan selingan jagung muda seminggu sekali saja.
Inilah ulasan tentang bagaimana mengatasi over birahi pada lovebird jantan. Tentu OB bisa terjadi karena ada beberapa penyebabnya. Setelah diketahui sebabnya kemudian ditemukan cara mengatasinya. Semoga bermanfaaat.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad