Peluang Usaha Budidaya Burung Parkit Anti Gagal - bosskicau

Header Ads

Peluang Usaha Budidaya Burung Parkit Anti Gagal

Peluang usaha budidaya burung parkit - Dari sekian banyak jenis burung berparuh bengkok maka burung parkit adalah salah satu yang populer. Banyak banget yang memelihara burung mungil dengan ekor panjang ini. Dengan melihat ini maka prospek ternak parkit 2017 dinalai sangat menjanjikan. Serunya lagi, peluang ini belum banyak yang menggeluti. Ini adalah salah satu jenis burung cantik yang mungil dengan bulu warna-warni.  Alasan itu yang menjadikan burung parkit banyak dibeli oleh dikalangan penghobi burung. Sehingga peluang usaha budidaya burung parkit mempunyai prospek cerah. 
Peluang Usaha Budidaya Burung Parkit Anti Gagal
Budidaya burung parkit
   Tidaklah terlalu sulit untuk memulai budidaya burung parkit karena burung ini termasuk burung dengan produktifitas tinggi. Dari pasangan parkit dapat menghasilkan beberapa ekor anakan. Sedangkan untuk pemasaran burung parkit mudah karena permintaan pasar masih culup tinggi dengan harga yang sangat menarik. Ada banyak sekali kisah sukses ternak parkit dari beberapa pelaku ternak di tanah air. Tentu usaha ternak parkit akan berjalan sesuai dengan teori tersebut apabila dilakukan dengan sabar dan ulet.




Budidaya Burung Parkit

1. Kandang

   Untuk memulai ternak burung parkit dimulai dengan menyediakan tempat untuk indukan. Bisa dengan menyediakan kandang berbentuk kotak dengan ukuran 2 x 1 x 1,5 m. Ukuran kandang ini dapat untuk menampung kurang lebih 15 pasang burung parkit. Bahan untuk sangkar parkit dari kawat ramin atau kasa agar kuat, ini untuk menghindari gigitan paruh burung parkit yang sangat tajam. Untuk kenyamanan bisa dengan memasang kain di kandang selain untuk penghangat juga sebagai penutup kandang saat malam hari.
   Siapkan juga tempat untuk anakan burung parkit. Ini fungsinya untuk menampung anakan setelah umur 30 hari. Sehingga indukan yang sudah mulai produktif tidakl terganggu anakannya. Selain itu juga bertujuan agar analan bisa leluasa berlatih terbang dan makan sendiri sehingga siap dijual. Bentuk kandang anakan sama seperti kandang burung parkit indukan tetapi ukluranya lebih kecil.

2. Glodog

Tempat ini wajib untuk burung parkit, karena tempat ini adalah sebagai sarang untuk bertelur dan mengeraminya. Umumnya sarang atau glodog ini terbuat dari kayu keras, seperti kayu jati atau bisa dengan kayu randu yang lebih terjangkau harganya. Bentuk sarang ini kotak yang sering disebut ada pintu berupa lobang. Untuk kebutuhan ini tidak perlu membuat sendiri karena mudah didapat di toko ternak atau pasar burung.

Tips Usaha budidaya burung parkit 

  1. Usahakan memilih induk berkualitas, yang dapat dilihat dari postur dan warna-warna yang cerah. Jenis kelaminnya antara yang jantan dengan yang betina dapat diterlihat setelah parkit berusia 4 bulan. Burung jantan mempunyai biri-ciri khusus yaitu warna biru pada bagian atas hidung. Sedangkan pada parkit betina, warnanya putih kotor sedikit krem atau coklat muda.
  2.  Pilih pasangan yang kelihatan sudah jodoh agar lebih cepat dan mudah untuk ditangkar. Karena pada pasangan baru harus butuh waktu agar keduanya berjodoh adn produksi. Ini juha perlu kesabaran dan telaten agar burung cepat jodoh dan segera beranak pink.
  3. Sesuaikan ukuran atau luas kandang dengan jumlah burung kenari yang akan diternak. Atur agar sangkar tidak terlalu padat penuh terisi burung. Ini bertujuan untuk meminimalisir pertengkaran antar sesama parkit. Dan yang lebih penting untuk menjaga kondisi burung agar tidak stres dan tetap sehat.
  4. Sapih anak parkit setelah menginjak  umur 30 hari ke dalam kandang khusus untuk anakan. Setelah anakan berumur 40-45 hari maka sudah siap untuk pasarkan.


Analisa Usaha Budidaya burung Parkit Sederhana

Modal awal Peluang Usaha Ternak Burung Parkit untuk pemula
  • Pembuatan kandang Rp. 300.000,-
  • Beli 15 pasang parkit Rp. 1.000.000,-
  • Pengeluaran biaya operasional setiap bulan Rp. 230.000,-

    Dengan melihat perhitungan dan analisa tersebut dapat diketahui bagwa ternak parkit kolini cukup menguntungkan. Bermodalka 15 pasang burung parkit, apabila 1 glodog menghasilkan telur 6 butui dengan peluang menetasnya minimal 3 maka sudah dihasilkan 45 ekor anak parkit.

   Tentu saja peluang usaha ternak burung parkit ini juga bisa dilakukan dengan modal minim. Bisa menggunakan modal seadanya, bahkan bisa dengan memulai dari satu pasang parkit saja. Caranya adalah dengan merawat anak burung parkit yang dihasilkan hingga bisa berproduksi. Tentu ini akan memakan waktu lebih lama dan dengan kesabaran yang lebih untuk bisa menghasilkan.  

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad