Tips Agar Suara Burung Puyuh Bunyi Gacor di Lomba - bosskicau

Header Ads

Tips Agar Suara Burung Puyuh Bunyi Gacor di Lomba

Tips Agar Suara Burung Puyuh Bunyi Gacor - Siapa yang tak kenal dengan jenis unggas berwarna kecoklatan dengan postur pendek bulat ini. Pasti semua mengetahui burung yang tidak pandai terbang tinggi ini.  Ia adalah burung puyuh yang sudah sangat populer di tanah air. Makanan burung puyuh  juga sangat mudah dicari sehingga tak ada kendala untuk bisa memeliharaqnya. Unggas yang selama ini telah dibudidayakan dan berkembang pesat karena produktifitasnya tergolong tinggi. Suara burung puyuh yang sagat khas juga  menjadikannya sangat mudah dikenal.
Tips Agar Suara Burung Puyuh Bunyi Gacor di Lomba
suara burung puyuh gacor
     Yang semakin menjadikannya populer disamping suara burung puyuh yang  unik adalah hasil dari ternakan itu sendiri yaitu berupa telur dan dagingnya. Telurnya yang mengandung tinggi protein sangat dicari sehingga permintaan pasarnya relatif tinggi. Tentu ini menjadikan iklim segar bagi dunia usaha budidaya puyuh. Selain dari telur rupanya dagingnya juga menjadi komoditas yang laku di pasaran. Kualitas dan rasa dari daging burung puyuh yang tak kalah dengan unggas lainnya juga menjadikannya sangat digemari. Dan kini yang tak kalah menjadikannya semakin dikenal adalah suara burung puyuh yang khas, "ceketherrr....cekheterrr....!"
     Serunya lagi surung ini mulai dilirik kalangan kicau mania dan menjadi idola. Tentu akan sangat jauh berbeda dengan burung kicauan yang mampu menyanyi dengan lagu dan irama yang sangat bervariasi. Puyuh hanya mampu mengeluarkan bunyi yang monoton. Namun ada nilai lebih dari kehasan suaranya itu. Terbukti sudah muncul beberapa even penyelenggara lomba  yang membuka kelas burung puyuh. Anda penasaran dengan berita ini bukan? Pasti ini menjadikan keinginan untuk memiliki gacoan puyuh agar bisa tampil di lomba kelas burung puyuh.

Baca juga : 4 Cara Beternak Puyuh Untuk Pemula

Tips Pemilihan dan Perawatan Puyuh Gacor untuk Lomba

    Harga burung puyuh selama ini masih standar dan sangat terjangkau. Bahkan terbilang sangat murah untuk pejantannya, karena biasanya puyuh yang dibudidayakan adalah betinanya. Burung puyuh betina yang dipelihara dan dibudidayakan untuk diambil telurnya.  Namun sepertinya sekarang mulai berunah. Burung jantan menjadi semakin banyak dicari karena banyak yang sukla suaranya. Jika Anda kesulitan mencari puyuh jantan yang sudah bunyi gacor, mungkin bisa dengan cara memeliharanya dari puyuh muda. Tentu ada tips dan caranya agar dapat menghasilkan puyuh gacor. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Baca juga : PERBEDAAN PUYUH JANTAN DAN BETINA YANG PALING JELAS

Cara memilih Burung Puyuh

  • Pilihlah burung puyuh jantan karena lebih rajin berbunyi. Suaranya lebih keras, kasar dan durasinya panjang.
  • Cari puyuh lokal yang ditandai dengan ukurabn posturnya yang lebih ramping dibanding puyuh hybrida.
  • Pilih burung yang agresif, sehat dan makanya lahab.
Setelah dapat menentukan dan memilih burung sesuai dengan kriteria di atas selanjutnya adalah tinggal merawatnya. Dengan perawatan yang tepat maka burung akan cepat bunyi dan gacor keras. Jangan sampai setelah menemukan burung puyuh yang berkualitas tetapi pola rawatannya tidak baik maka burung tidak akan mau bunyi gacor. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa cara merawat yang baik. Adapun cara dan tips nya adalah sebagai berikut:

Pola Perawatan Burung Puyuh Agar Gacor Saat Lomba

  • Berikan makanan puyuh yang berkualitas. Biasanya yang disukai adalah berupa palet atau voer yang tersedia di toko-toko pakan burung. Pilih pakan yang tepat untuk mendomgkrak ketabilan stamina. Berikan juga pakan tambahan berupa sayuran dan taoge.
  • Lakukan penjemuran di pagi hari selama maksimal 1 jam saja. Tujuannya agar mendapatkan sinar matahari yang mengandung vitamin D yang sangat baik untuk tulang.
  • Sediakan tempat unbaran dipermukaan tanah, agar burung puyuh bisa mandi pasir atau tanah untuk menghilangkan kutu sambil olah raga.
  • Gunakan sangkar atau kandang yang memadai dengan penyinaran dan ventilasi yang baik. Di malam hari temptkan di ruamngan yang berlampu agar merangsang untuk bunyi di malam hari.
Nah, inilah ulasan singkat mengenai burung puyuh mulai dari memilih hingga bagaimana cara merawatnya agar suara burung puyuh mau gacor saat di lomba. Tentu dengan pemilihan dan perawatan yang tepat burung kan menjadi sehat, vit dan rajin bunyi. Ada tambahan tips, untuk pakan
bisa dengan racikan khusus berupa campuran voer Br1 dicampur milet dan beras merah. 
Ini saja dulu, semoga ada manfaatnya.


No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad