PERBEDAAN BURUNG PUYUH JANTAN DAN BETINA YANG PALING JELAS - bosskicau

Header Ads

PERBEDAAN BURUNG PUYUH JANTAN DAN BETINA YANG PALING JELAS

Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina - Burung puyuh adalah salah satu  jenis burung yang unik, karena punya sayap tetapi tidak bisa terbang jauh. Dari segi ukuran postur tubuhnya juga kecil. Jenis burung dengan krakter fisik yang ditandai dengan kakinya yang  pendek. Suara burung puyuh jantan sangat berkarakter. Burung puyuh atau disebut burung gemak di jawa ada yang masih hidup liar di habitatnya. Namun ada pula yang sudah dibudidayakan untuk diambil telurnya. Burung puyuh disebut juga quail (bahasa asing). Burung ini sebagai jenis burung liar yang untuk pertama kali diternakkan di negara Amerika Serikat. Agar bisa mengenali lebih jauh perlu kiranya di sini dibahas mengenai perbedaan antara burung puyuh jantan dan betina.
Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina
Burung puyuh jantan dan betina @ilmuternak.com
    Membedakan burung puyuh jantan dan betina diperlukan untuk memulai beternak burung puyuh. Cara mudahnya bisa dengan melihat gambar burung puyuh jantan dan betina jika sudah terbiasa tentu akan semakin mudah membedakannya. Unggas yang satu ini termasuk mudah dalam pemeliharaannya. Agar bisa  memelihara tidak memerlukan  banyak tenaga, biaya dan tempat yang besar. Untuk kandang tidak makan tempat, karena tiap 60 ekor burung puyuh dewasa hanya butuh 1 meter persegi saja. Beda untuk anakan 1 sampai 10 hari. Dengan mengetahui perbedaan  jenis kelamin burung puyuh jantan dan betina maka akan meningkatkan produktifitas, karena bisa disortir  sesuai jenis kelaminnya.


                   CARA BETERNAK JANGKRIK UNTUK PEMULA ANTI GAGAL

                   BURUNG PUYUH MULAI NAIK DAUN

Ciri Khas Burung Puyuh

   Ciri-ciri burung puyuh yang dalam bahasa latinnya adalah Coturnix-coturnix japonica terlihat dari bentuk posturnya yang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan jenis burung puyuh lainya. Panjangnya sekitar 19 cm, badannya berbentuk bulat, ekor cukup pendek, jari kakinya empat, warna bulu dominan coklat dengan bercak agak kehitaman. Pada burung betinanya bagian alis agak putih sedang warna bulu panggul dan dada bergaris-garis.

Ciri Burung Puyuh Jantan dan Betina

   Faktor penting beternak burung puyuh adalah pengetahuan  tentang cara membedakan doq puyuh jantan dan betina.  Ini sangat penting untuk bisa menyeleksi burung puyuh sejak awal. Sebab, antara keduanya harus dipisah selama dalam proses pemeliharaan selanjutnya. Pemisahan berdasar jenis kelamin bisa dilakukan setelah puyuh berusia 3 minggu. Pada usia ini sebagian bulunya sudah mulai muncul sehingga jenis kelaminnya dapat dilihat dari warna bulunya yang semakin jelas.
   Cara untuk membedakan burung puyuh jantan dan betina sebenarnya mudah dan sederhana. Modalnya hanya perlu pengetahuan menganai  ciri-ciri puyuh jantan dan betina. Berikut ini adalah beberapa perbedaan puyuh jantan dan puyuh betina. Ciri ini  yang selanjutnya akan membantu para peternak membedakan antara keduanya.

Perbedaan Burung Puyuh Jantan dan Betina

   Pada burung puyuh berjenis kelamin jantan akan ditandaindengan karakter sebagai berikut:
  1. Corak warna bulu yang bervariasi dan tegas.
  2. Coraknya bulunya seperti warna pirang seperti rambut jagung.
  3. Garis-garis yang terlihat pada bulu di tubuhnya berwarna abu-abu yang menutupi leher.
  4. Ada warna pirang pada sekkuhur tubuh.
  5. Gerakan dan aktifitas puyuh jantan lebih gesit dan lincah
  6. Alat reproduksi puyuh kantan terlihat pada kloakanya yang cederung lebih menonjol

Sementara burung puyuh betina terlihat dengan beberapa karakter dan ciri sebagai berikut:
  1. Memiliki corak warna tidak sesempurna dan selengkap puyuh jantan.
  2. Warna bulu sedikit kusan tidak cerah seperti jantannya
  3. Gerakan burung puyuh betina terlihat lebih lambat.
  4. Postur lebih besar dibanding burung puyuh jantan
  5. Alat reproduksi yang terlihat pada kloaka cenderung datar dan menebal.

Ini adalah sekilas bahasan mengenai burung puyuh terutama tentang pengetahuan untuk membedakan antara burung puyuh jantan dan betina. Semoga bisa menjadi bacaan yang menarik. Salam peternak!

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad