4 Cara Beternak Puyuh Untuk Pemula - bosskicau

Header Ads

4 Cara Beternak Puyuh Untuk Pemula

Cara beternak puyuh untuk Pemula - Burung puyuh adalah salah satu dari sekian jenis  unggas daratan yang memiliki ciri badan kecil, bulat dan gemuk. Di habitat aslinya burung yang tidak bisa terbang jauh ini sebagai pemakan biji-bijian. Meski demikian puyuh juga memakan pakan lainnya seperti serangga dan hewan lain  yang memiliki ukuran kecil. Tak seperti jenis burung kebanyakan, burung puyuh atau gemak bersarang di permukaan tanah tidak di atas pohon. Kemampuan berlarinya sangat kencang dengan sayapnya yang juga bisa untuk terbang walau hanya jarak pendek saja. Ini gambaran sekilas tentang puyuh. Sampai saat ini harga burung puyuh masih stabil dan sudah dibudidayakan untuk diambil manfaatnya seperti telur, daging dan lainnya. Untuk itu perlu kiranya untuk diulas mengenai cara beternak puyuh sukses untuk pemula. 
Cara Beternak Puyuh Untuk Pemula
Ternak burung puyuh
   Bagaimana cara beternak puyuh yang baik dan benar untuk pemula bisa menjadi sekedar acuan untuk mulai membudidayakannya. Selama ini  orang mengetahui bahwa burung puyuh petelur yang  dipelihara untuk diambil telurnya dan sebagian lagi dagingnya.  Nilai ekonomi puyuh cukup tinggi karena produktifitasnya relatif tinggi. Namun pada perkembangannya kini burung puyuh mulai dilirik oleh sekmentasi yang berbeda. Bahwa potensi burung sesuai kodratinya adalah bisa berbunyi. Nah, dari bunyinya inilah yang berhasil memikat para penggemar burung. Kabar terbaru menerangkan bahwa puyuh  sudah mulai dilombakan. Yang dinilai dari lomba puyuh adalah dari kualitas suaranya, pemenangnya adalah yang mampu berbunyi nyaring dan rajin. Tentu ada cara beternak burung puyuh bagi para pemula agar juara suaranya.


Jenis Burung Puyuh

Sebelum membahas lebih jauh, apalagi mengenai kandang burung puyuh alangkag baiknya untuk mengetahui beberapa jenis puyuh terlebih dahulu. Jenis  burung pendek ini terdapat banyak sekali yang  tersebar di kawasan-kawasan semak hampir di seluruh dunia. Puyuh atau gemak sendiri juga sebagai salah satu hewan yang bisa dipelihara dan dikembang biakan di berbagai tempat.  Ini yang menjadikan pada  setiap tempat terdapat jenis masing-masing. Biar lebih mengenal burung puyuh yang populer di dunia saat  ini adalah :
  • Puyuh Jepang
  • Puyuh Biru Asia
  • Puyuh Selandia Baru
  • Puyuh Biasa
  • Puyuh Harlequin
  • Puyuh Stubble
  • Puyuh Biru
  • Puyuh Hujan
  • Puyuh Coklat

   Beberapa jenis puyuh tersebut di atas biasanya bervariatif. Dari tiap negara memiliki ciri budidaya puyuh. Ada yang sekedar diambil dagingnya saja, tak jarang pula dikucurkan modal ternak puyuh petelur yang diambil hanya telurnya saja. Seperti di Jepang telur puyuh sangat potensial karena biasa dimakan mentah-mentah bersama sushi. Selain itu telur dan daging puyuh kerap di jadikan menu andalan yang tersaji di dalam burger sebagai variasi baru dalam makanan cepat saji.


Cara Beternak Burung Puyuh Untuk Pemula

Sebenarnya cara beternak puyuh bagi para pemula cukup mudah dijalankan. Pola rawatannya tak beda jauh cara memelihara ayam dan unggas pada umumnya . Akan tetapi tetap saja ada perbedaannya. Secara lebih spesifik tentang bagaimana membudidayakan unggas buntek ini ada caranya. Adapun beberapa cara beternak puyuh untuk pemula yang yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Siapkan lokasi yang tepat

Hal utama untuk memulai beternak puyuh adalah tempat atau lokasi yang nantinya akan digunakan untuk menempatkan ternakkan. Menentukan dan memilih lokasi sesuai yang dibutuhkan. Kriteria lokasi setidaknya  bisa mendukung burung puyuh agar produktif dan sehat. Beberapa point penting seperti :
  • Jauh dari keramaian , baik itu keramaian karena kendaraan maupun keramaian karena aktifitas manusia. Karena ini berdampak pada si burung yang bisa memicu stres .
  • Sirkulasi udara di kandang segar dan bebas polusi udara. Ini penting juga karena sangat mempengaruhi kualitas kesehatan si burung puyuh.  Udara yang kotor sangat mudah memicu burung puyuh terkena penyakit.
  • Lokasi kandang mudah di jangkau untuk keperluan distribusi distribusi.

2. Persiapan Kandang Puyuh
4 Cara Beternak Burung Puyuh Untuk Pemula
Kandang puyuh

   Setelah mendapatkan tempat beternak yang baik selanjutnya adalah bagaimana cara membuat kandang puyuh. Menjadi hal yang penting selanjutnya adalah menyiapkan tempat tinggal atau kandangnya. Kandang puyuh bisa dibuat menggunakan  bahan kayu, kawat ram dan kelengkapan pendudukung lainnya.
   Pembuatanya kandang harus benar-benar mendukung persyaratan lokasi. Seperti soal aliran udara atau sirkulasi kandang. Demikian juga dengan cahaya matahari, tempat kotoran dan tak kalah penting adalah tempat pakan dan minuman burung.

3. Penyiapan Bibit Unggul

Mencari bibit yang baik dan sesuai dengan tujuan dan keperluan budidaya burung puyuh tersebut. Pilih bibit yang terbaik dari perodusen bibit puyuh yang terpercaya. Bibit puyuh bisa dikelompokkan sesuai tujuannya yang bisa dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:
  • Bibit puyuh petelur
  • Bibit puyuh pedaging
  • Bibit puyuh untuk pembibitan.

4. Perawatan Burung Puyuh

Setelah semua kesiapan tersedia selanjutnya adalah tentang bagaimana memilihara dan merawat burung puyuh. Untuk puyuh petelur agar produktif maka ada beberapa point penting yang harus di lakukan mulai dari awal-awal kedatangannya. Sebenarnya ini mudah dilakukan, sebagaimana memelihara peliharaan unggas lain. Yang perlu dilakukanadalah ketelatenan dan kesabaran.
Apa saja yang perlu dilakukan, di sini ada beberapa hal saat memulai merawat burung ini,  yaitu :

  • Pemberian Pakan

Makanan burung puyuh adalah pakan buatan berupa voer atau pallet. Makanan yang baik akan menjadikan kondisi puyuh sehat dan kebutuhan nutrisi terjaga. Untuk anakan pemberian pakan sebaiknya cukup 2 kali dalam sehari,  cukup pada pagi dan sore hari saja. Sedangkan untuk puyuh dewasa atau  indukan bisa diberikan pakan 1 kali saja sehari.

  • Menjaga kebersihan Kandang dan lingkungannya

Kebersihan sangat penting dalan kegiatan pemeliharaan atau ternak apa pun termasuk ternak puyuh. Karena lingkungan kotor sangat rentan pada terjangkitnya penyakit pada binatang peliharaan kita. Kebersihan akan mengurangi berkembangnya bakteri dan virus yang berbahaya bagi puyuh. Akan lebih efektif bila secara rutin dilakukan penyemprotan anti bakteri dan kuman penyakit lainnya.

  • Sirkulasi udara dan cahaya kandang

   Lokasi kandang memerlukan perputaran udara yang baik. Jangan sampai udara di lokasi kandang pengap karena kurang ventilasi atau penataan lobang udara yang buruk.   Ini diperlukan jendela yang tembus cahaya dan bisa dibuka. Tujuannya agar udara bisa keluar dan masuk kandang. 
   Demikian juga sinar matahari dengan vitamin D nya dapat menembus jendela dan menerangi lokasi kandang.Yang tak kalah pentingnya adalah pemasangan lampu yang tepat pada beberapa titik sekitar kandang. Tujuannya selain akan menerangi sekitar lokasi kandang juga menghindari binatang predator pengganggu hewan ternak. Dan saat akan masuk kandang pada malam hari kita juga nyaman.

Okelah kalau begitu, apa yang tersebut di atas merupakan beberapa langkah mengenai bagaimana cara beternak puyuh yang baik yang bisa dilakukan para pemula. Tentu ini perlu dikaji dan dianalisa kembali dengan baik. Karena masing-masing pribadi tentu punya tehnik atau cara ternak yang berbeda. Setidaknya ini bisa menjadi bahan bacaan yang bermanfaat bagi dunia ternak di tanah air.


No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad