MAKANAN INDUKAN LOVEBIRD SAAT MELOLOH ANAKNYA - bosskicau

Header Ads

MAKANAN INDUKAN LOVEBIRD SAAT MELOLOH ANAKNYA

Makanan Lovebird Saat Meloloh Anaknya - Pakan apakah yang sebaiknya diberikan untuk indukan burung lovebird yang sedang meloloh anaknya? Ini adalah pertanyaan yang sering kali muncul, utama dari mereka yang masih pemula dalam beternak lovebird. Berbeda untuk mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia ternak lovebird, karena hal ini adalah sudah menjadi kebiasaan yang seringkali dilakukan.
    Makanan lovebird ketika sedang dalam kondisi meloloh anakannya bisa disesuaikan dengan usia anakan lovebird itu sendiri. Karena bahan Makanan Lovebird Saat Meloloh Anaknya yang diberikan akan memberikan pengaruh atau dampak yang sangat besar bagi pertumbuhan anak lovebird.
MAKANAN INDUKAN LOVEBIRD SAAT MELOLOH ANAKNYA
lovebird meloloh anakan
   Pada kesempatan ini Admin akan mencoba memberikan gambaran dan sedikit penjelaskan menganai bagaimana cara perawatan burung lovebird saat meloloh. Penjelasan ini tentu berdasarkan pengalaman dari beberapa rekan dan kelompok ternak. Di sini Anda bisa memperhatikan makanan indukan lovebird saat meloloh anaknya mulai sejak telur pertama lovebird menetas dan disusul telur-telur yang lainnya. 

Periode Pemberian Makanan Lovebird Saat Meloloh Anaknya

1.Saat telur lovebird pertama menetas

   Saat telur pertama menetas selama kurun waktu 36 jam anakan belum membutuhkan makanan, karena masih terdapat cadangan makanan yang dibawa dari telurnya. Namun anakan lebih membutuhkan kelembaban dalam sarang. Perlu diperhatikan di sini bahwa setelah semua telur terisi janin agar semua anak bisa menetas dengan selamat maka hal penting yang harus dikendalikan adalah tingkat kelembaban. Cara mengatur tingkat kelembaban sarang bisa menggunakan kangkung sebagai media.
MAKANAN LOVEBIRD SAAT MELOLOH ANAKNYA
lovebird loloh
   Nah, pada hari pertama menetas berikanlah indukan dua atau tiga tankai kangkung. Selanjutnya biarkan sang induk mengusung kangkung ke dalam sarang. Biasanya sang induk akan meletakkannya di sekitar telur, sehingga telur dan bayi yang baru menetas cukup mendapatkan kelembaban. Selain jaga wadah  minuman agar selalu penuh dan biarkan indukan betina mandi. Ini boleh terjadi karena merupakan bagian dari upaya naluri induk lovebird agar semua telur dapat menetas dengan mudah. Selanjutnya antara 3 hingga 5 hari sejak telur pertama menetas jangan lupa memberikan juga makanan tambahan untuk indukan lovebird, bisa berupa jagung muda. 

 2. Anakan lovebird mulai membutuhkan makan

   Ketika anakan lovebird belum bisa membuka matanya, ia membutuhkan makanan yang lembut yang mudah dicernaBiasanya indukan lovebird akan memberiapa saja  makanan yang ada jika tidak tersedia makanan lembut. Makanan yang berupa biji-bijian yang dilolohkan oleh indukan lovebird saat anakan masih berusia kurang dari empat hari bisa berakibat tembolok yang tidak habis. Tentu ini bisa berakibat fatal,  anakan akan mati disebabkan masalah pencernaan.
   Oleh karena itu berikanlah pakan berupa jagung muda, kangkung yang telah dicincang kecil-kecil aatau bisa berikan BR1 pakan ayam sebagai tambahan pakan untuk bayi lovebird. Selalu penuhi kebutuhan makanan tambahan tersebut hingga usia bayi lovebird siap diangkat atau diloloh sendiri. Jangan lupa berikan juga vitamin pada minuman agar  induk lovebird tetap vit. Jangan indukan lovebird kekurangan makanan selama masameloloh anakan, karena hal itu bisa berbahaya bagi keselamatan indukan lovebird juga anakan lovebird itu sendiri.

     

3. Bayi lovebird pertama membuka matanya

   Setelah anakan menginjak usia 12 hari saat itu mulai bisa membuka matanya, dan ini juga membutuhkan makanan yang tepat agar bisa pertumbuhannya lebih cepat. Sebaiknya berikan pakan Lovebird saat meloloh Anaknya dengan takaran 1:1,  untuk milet putih dan bijian kenari sheet. Pemberian pakan itu akan melatih anakan untuk mulai mengkonsumsi makanan yang lebih keras, baik untuk melatih paruh maupun  untuk pencernaan anakan.


   Itulah pemberian makanan untuk lovebird yang sedang meloloh anakannya. Ada beberapa pakan yang bisa diberikan sesuai tahapan atau vase dimana anakan mulai berkembang. Setelah bayi lovebird dipisahkan,  maka selanjutnya induk harus dikondisikan kembali agar dapat berproduksi dengan hasil memuaskan. Jangan sampai terjadi kesalahan penanganan pada indukan lovebird setelah anaknya diambil, karena bisa berakibat tidak produktif yang ditandai dengan bertelur unfertil atau kosong.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad