MACAM MACAM BUDIDAYA HEWAN YANG BERFAEDAH UNTUK KICAU MANIA - bosskicau

Header Ads

MACAM MACAM BUDIDAYA HEWAN YANG BERFAEDAH UNTUK KICAU MANIA

Macam macam budidaya hewan - Dunia kicau sedang pada masa keemasan untuk saat ini. Adalah menjadi surga bagi para penggemar burung berkicau di tanah air karena berbagai sarana dan fasilitas tersedia di mana-mana. Yang paling gampang dilihat adalah tersedianya pasar-pasar burung dan macam macam hasil budidaya hewan lainnya. Di sinilah selanjutnya menjadi media yang khusus antara penjual dan mereka yang akan membeli hewan, termasuk burung dan berbagai keperluannya. Artinya ini adalah dukungan yang kongkrid dari pemerintah terhadap para penggemar burung khususnya pada macam macam budidaya di Indonesia. Ini luar biasa!
   Dalam hal ini laju pertumbuhan macam-macam budidaya hewan yang berkaitan dengan dunia kicau, baik yang langsung berhubungan maupun tidak sangat perlu untuk ditingkatkan. Karena ada banyak aspek yang berfaedah bagi perkembangan dan kelangsungan hidup dunia kicau di tanah air Indonesia ini. Pemerintah melalui instansi yang terkait telah melakukan fungsinya dengan baik dalam rangka mendukung keberhasilan berbagai macam budidaya ternak. 
MACAM MACAM BUDIDAYA HEWAN
Ternak Cucakrowo
    Bangsa Indonesia adalah berisi orang-orang yang penuh kreatifitas dan pantang menyerah. Demikian juga dengan para penggemar burung berkicau mereka sangat antusian dengan keberlangsungan dunia kicau. Mereka terus bersemangat untuk berkreasi dengan berbagai aktifitas yang relevan dengan dunia perburungan. Ini juga sebagai wujud dukungan langsung terhadap pemerintah dalam berbagai hal di dunia petermakan, ekonomi dan pelestarian lingkungan. Aktifitas  positif mereka berupa usaha-usaha di bidang yang berkaitan dengan dunia kicau. Hal spesifik yang dilakukan antara lain peternakan atau budidaya, distribusi dan perdagangan.

MACAM MACAM BUDIDAYA HEWAN UNTUK KEBUTUHAN PARA KICAU MANIA

     Nah, di sini yang paling relevan untuk diusahakan adalah budidaya hewan dan sejenisnya yang berhubungan dengan kebutuhan-kebutuhan para penggemar burung berkicau. Pembahasanya agaar tidak ngelantur  ke mana- mana maka di sini akan disampaikan beberapa macam budi daya hewan yang dibutuhkan kicaumania. Ternak atau budidaya tersebut akan dibagi dalam dua kelompok yaitu budidaya burung berkicau dan budidaya hewan lain sebagai pendukung.

A. Budidaya burung berkicau

   Sebagaimana telah disampaikan bahwa dunia kicau di tanah air kini sedang dalam masa kejayaan atau jaman kekemasannya. Karena hobi burung pengicau ini sedang boom atau menjadi trend di kalangan para penggemar kicau. Tentu saja kebutuhan akan burung juga sangat tinggi. Perlu diketahui bersama bahwa burungseakan menjadi komoditas yang terus meningklat kebutuhannya. Ini karena semakin maraknya lomba burung dan peternakan burung berkicau. 
   Nah, untuk menjawab semua ini maka langkah yang paling tepat adalah dengan penangkaran atau pengembangbiakan burung berkicau. Ada banyak burung yang dicari dan bernilai ekonomis tinggi, maka pilihan yang tepat untuk dibudidayakan adalah burung-burung yang masuk dalam katagori tersebut. Burung yang dimaksud antara lain:
  1. Murai Batu
  2. Cucakrowo
  3. Lovebird
  4. Kenari
 Penjelasan mengenai bagaimana ternak atau budidaya dari masing-masing hewan yang berhubungan dengan kicau mania tersebut adalah sebagai berikut.


1. Budidaya Burung Murai Batu

    Burung murai batu termasuk dari sekian burung yang habitat aslinya di Indonesia. Burung berekor panjang ini sangat digemari. Mereka yang memelihara burungf murai mulai dari kelas rumahan, ternak hingga para pemain lapangan. Ini latar belajang mengapa burung murai batu bernilai ekonomis tinggi. 
   Mengembangbiakkan burungmurai tergolong mudah, karean sudah terbukti banyak peternak murai yang sukses. Ternaknya hanya membutuhkan kandang-kandang ternak yang permanen dan agak lebar. Ini butuh tempat khusus, karena murai termasuk burung sensitif terhadap lingkungan yang ramai. Untuk lengkapnya bisa dibaca di sini.


2. Budidaya Burung Cucakrowo

    Burung Cucakrowo menjadi burung yang tergolong mahal. Burung ini burung asli Indonesia yang termasuk sudah langka di habitat aslinya. Hingga Pemerintah pernah menyatakan burung bervolume sangat keras kicauannya ini masuk binatang langka dan dilindungi. Namun sepertinya ada revisi, mengingat sudah banyak yang membudidayakannya.
   Untuk membudidayakan burung ini butuh biaya besar. Yang jelas untuk mempunyai indukan cucakrowo perlu merogoh saku terlalu dalam. Sedangkan tempat atau sangkar ternak juga perlu lahan yang cukup. Karena untuk ternak burung cucakrowo harus menggunakan kandang ternak permanen yang lebar dan nyaman.

3. Budidaya Burung Lovebird

    Burung paruh bengkok yang pandai  ngekek ini juga menjadi favorit para kicaumania di mana-mana. Buryng ini kini sedang naik daun alias sangat populer. Mereka memelihara untuk diternak, penghias ruangan atau untuk dilombakan.
    Membudidayakan lovebird tergolong mudah dan murah. Karena untuk sekedar memelihara sepasang biaya yang dibutuhkan sangat ramah di kantong. Namun sebaiknya peliharalah lovebird juara untuk diternak. Karena anaknya pasti banyak dicari orang dan bakal laku keras.


4. Budidaya Burung Kenari
    
   Sebagaimana burung kicauan yang lain, burung kenari juga termasuk yang digemari. Burungnya yang kecil bulu indah dengan suara lantang yang khas menjadikan burung ini favorit  di kalangan penggemar kicau. Burung ini bernilai ekonomis tinggi karens banyak yang mencari dan memeliharanya.
   Sebagaimana burung lovebird, kenari juga termasuk mudah diternak atau dibudidaya. Tak perlu lahan luas. Cukup ruang yang cukup menampung beberapa sangkar ternak kenari. Peliharalah kenari unggul seperti kenari Yorkhire untuk mendapatkan anakan kenari berkualitas

B. Budidaya hewan lain sebagai pendukung

Sedangkan hewan-hewan lain yang layak dibudidayakan sebagai pendukung kebutuhan dunia kicau perlu juga untuk disampaikan di sini. Karena ternak burungtidak dapat berdiri sendiri dan memerlukan support dari lainnya. Misalnya saja ternak burung murai maka tidak bisa lepas dari ternak jangkrik dan kroto. Karena kedua serangga ini sebagai pakan penting bagi burung murai dan burung lainnya. Adapun hewan-hewan tersebut adalah:
  1. Jangkrik
  2. Kroto
  3. Cacing.
Penjelasan secara singkat mengenai bagaimana budidaya dari  hewan pendukung yang berhubungan dengan para penggemar burung berkicau tersebut adalah sebagai berikut.

1. Budidaya Jangkrik

   Jangkrik adalah sebagai salah satu dari serangga yang sangat dibutuhkan para kicau mania. Karena jangkrik adalah sebagai asupan pakan utama bagi beberapa jenis burung berkicau. Inilah yang menjadikan alasan mengapa jangkrik layak untuk dibudidayakan.
   Cara membudidayakannya sebenarnya mudah. Hanya butuh modal kecil dan tidak memerlukan tempat yang terlalu luas. Tempatnya culup menggunakan kotak-kotak sebagai empat berkembangbiak atau pembesaran jangkrik. Tempat berupa box dari kayu atau triplek dengan ukuran rata-rata 1 X 2 meter atau sesuai kebutuhan saja. Sedangkan bibitnya mudah didapat, karean banyak yang menyediakan telur jangkrik.


2. Budidaya Kroto 
MACAM MACAM BUDIDAYA HEWAN YANG BERFAEDAH
Ternak kroto rumahan

   Pakan burung berkicau berupa larva atau telur semut rang rang ini sangat disukai burumg. Dan ini sangat dicari oleh para penggemar burung berkicau. Karena manfaat dari kroto juga luar biasa bagi burung. Stamina burung akan terangkat jika diberi pakan kroto. 
   Nah, maka dari itu budidaya kroto sangat direkomendasikan. Karena alasan ekomomisnya tinggi. kebutuhan kroto yang tinggi akan menjadikan ternak kroto kebanjiran order.
   Cara budidaya kroto juga terbilang mudah dan ekomonis. Karena tak memerlukan lahan luas dan biaya tinggi. Cukup sediakan rak-rak sebagai tempat wadah semut rang rang untuk berkembang biak. Penyedia bibit semut rang rang juga mudah diperoleh.

3. Budidaya Cacing  
MACAM MACAM BUDIDAYA HEWAN YANG BERFAEDAH  BAGI KICAUMANIA
TernakCacing Merah

   Cacing juga termasuk binatang yang bernilai ekomomis. Karena sekarang sudah banyak yang membutuhkan. Para penggemar burung adalah salah satu yang menggunakan cacing untuk pakan. Sedangkan bidang ternak yang lain dan perikanan juga membutuhkan cacing.
   Cacing yang layak dibudidaya antara lain jenis Cacing  Lombrikus Robulus atau cacing merah. Cacing ini hidup di habitatnya seperti di batang-batang pisang, tumpukan sampah daun  atau di tanah-tanah lembab. Budidaya ini cukup menggunakan box atau kotak kayu yang diisi media tanah dan kompos. Ini bisa dibuat rak-rak sebagai tempat lotak cacing untuk menghemat tempat.

Itulah macam macam budidaya hewan yang bisa dicoba. Beberapa rekomendasi ternak tersebut menjadi prioritas karena alasan ekonomisnya. Di mana kebutuhan dan permintaan tinggi maka di situ ada peluang untuk dibudidayakan. Selamat mencoba semoga berfaedah dan berhasil.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad