Ciri-Ciri Burung Jalak Suren Jantan dan 100% Positif Jantan - bosskicau

Header Ads

Ciri-Ciri Burung Jalak Suren Jantan dan 100% Positif Jantan

Ciri-ciri Burung Jalak Suren Jantan - Jenis kelamin jalak uren jantan ciri-cirinya terlihat dari suara kicauannya, bentuk fisik dan tingkah lakunya. Seperti pada bodi atau postur jalak jantan bentuknya cenderung lebih besar dan panjang. Geraknya  lebih lincah dan agresif jika dibanding dengan yang betina. Dan masih banyak beberapa lagi ciri-ciri yang lainnya, namun sifatnya masih relatif. Karena semua kembali pada siapa yang memberikan definisi berdasar pengetahuan, pemahaman dan pengalaman masing-masing. Cara membedakan ciri jalak suren jantan yang bagus pasti akan beda-beda. Seperti halnya pemahaman tentang ciri - ciri  burung Jalak Suren jantan bodinya lebih besar dan panjang jika dibandingkan dengan burung jalak suren betina.
Jalak Suren @pixabay

  

  Kriteria atau ciri-ciri Jalak suren pada ukuran panjang dan pendeknya menurut pandangan orang yang tiap hari selalu merawat burung jalak suren, dibandingkan dengan yang tidak pernah melihat tentu akan berbeda hasilnya beda. Jadi semua kembali pada masing-masing yang menilai mengenai kelamin burung tersebut. Demikian juga kondisi si burung sendiri juga sangat berpengaruh pada saat di cek ciri-cirinya burung jalak suren jantan.

Ciri-Ciri Khusus Burung Jalak Suren Jantan

Ciri-Ciri Burung Jalak Suren Jantan dan 100% Positif Jantan
Tanda biru pada JU jantan
   Sekarang untuk ciri-ciri burung Jalah uren adalah pasti dan tidak berdasar atas tebakan semata. Ciri ini dapat dilihat oleh yang awam sekalipun. Karena tandanya jelas terlihat yaitu berupa warna yang dapat terlihat dengan mata telanjang. Bila di sekitar kulit dubur terdapat tanda lingkaran warna gelap kebiru-biruan atau cenderung ungu. Maka sudah bisa di pastikan 100% bahwa burung jalak suren tersebut dengan jenis kelamin jantan. Untuk lebih jelasnya saat akan melihatnya, pada duburnya bisa diberi sedikit air. Dengan begitu bulu-bulunya akan basah dan menyatu tidak mengembang. Sehingga dasaran kulit jelas kelihatan warna birunya. 
   Tapi dengan catatan, burung sudah berusia birahi atau sekurang-kurangnya sudah berumur satu setengah tahun. Di sini umur satu setengah tahun dibuat rata-rata. Soalnya usia birahi sendiri tidak bisa ditentukan patokannya. Contohnya, saat orang adalah “sifat dewasa”, tentu saja ini tidak ada patokan umurnya. Sifat dewasa bukan ditandai dengan usia tua namun sebaliknya, kadang ada orang yang belum genap dua puluh tahun umurnya tapi sifat dewasaanya sudah matang.
   Menurut pengalaman beberapa sumber yang sudah berpengalaman memelihara burung JU, bahwa tanda biru muncul setelah burung memasuki usia tujuh bulan. Ini terjadi selang antara satu sampai dua bulan setelah burung selesai mabung. Jadi kesimpulannya bahwa tanda biru muncul paling cepat setelah burung jalak suren usia tujuh bulan.

Warna Biru Di Sebelah Dubur Ciri-Ciri Burung Jalak Suren Jantan

   Inti dari pembahasan ini terletak pada tanda biru. Jikalau tanda biru sudah terlihat maka ciri-ciri yang lain biarkan saja atau diabaikan saja. Tanda biru tersebut terlihat pada sebelah dubur burung JU.

   Karena sudah jelas, tanda-tanda jenis kelaminnya sudah kelihatan. Bisa dibilang bahwa tanda biru pada dubur adalah sebagai  ciri primer, sedangkan ciri-ciri dan yang lainnya sebagai ciri-ciri pendukung atau  sekunder saja. Dan untuk membuktikan tentang kebenaran dari definisi ukurannya, panjang atau pendek,  besar atau kecil hal ini bagi pemula atau yang awam bisa bingung. Tentu ini memerlukan jam terbang lebih agar bisa mengasag feeling untuk kecerematan dan akurasi ketika menentukan jantan atau betinanya si jalak suren. 

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad