Tips Perawatan Kacer Mabung Agar Semakin Gacor - bosskicau

Header Ads

Tips Perawatan Kacer Mabung Agar Semakin Gacor

Tips Perawatan Kacer Mabung - Burung kacer mengalami masa mabung atau disebut ngurak adalah sebagai siklus alami yang dialami semua jenis burung. Pada burung yang sedang mengalami masa rontok bulu maka total kalori serta nutrisi akan digunakan. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan atau merontokkan bulu-bulu tua yang sudah rusak. Selanjutnya dimanfaatkan untuk menumbuhkan kembali bulu-bulu baru. Nah, maka dari itu jika ingin burung kacer Anda lebih cepat melewati masa mabung atau fase molting, sebaiknya jangan memaksakan burung berkicau. Dan yang paling adalah mengetahui cara merawatnya. Si dini akan dibagikan kepada para kacer mania tentang tips perawatan burung kacer mabung.

Tips Perawatan Kacer Mabung Agar Semakin Gacor
 Kacer Mabung @omkicau
Baca juga : Cara Jitu Memaster Kacer Agar Berdurasi Panjang

   Yang menjadi bahasan utama dari tips perawatan burung kacer mabung salah satunya adalah membatasi geraknya. Karena jika terlalu aktif bisa berakibat akan terbuangnya energi yang seharusnya digunakan dalam proses menumbuhkan bulu baru. Sebagian orang yang sudah mengetahui cara perawatan kacer mabung maka akan menantikan proses mabung. Sebab pada masa-masa itu, perawatan yang baik akan meningkatkan kualitas burung kacer. Namun sebaliknya tak jarang ada juga yang justru tidak menginginkan burung kacernya mabung. Sebab merasa kacernya sudah maksimal dan takut jika mabung akan ada penurunan pada kualitas burungnya.
   Dalam keadaan seperti ini maka burung harus diberikan perawatan yang intensif. Tujuannya tidak lain agar proses mabung berjalan dengan cepat dan normal. Banyak kicaumania yang mengetahui cara perawatan kacer mabung, tetapi tidak bisa memahami bagaimana proses mabung berjalan hingga tumbuhnya bulu baru. Ada juga yang sampai tumbuh bulu, akan tetapi tidak bisa menjadikan burung kacer tampil gacor di lapangan.

Ciri Ciri Kacer Mulai Mabung

  • Burung kacer yang mulai masa mabung terlihat lesu, tidak lincah bergerak jarang berkicau.
  • Burung sehari sebelumnya ngotot berkicau kemudian  akan terlihat seperti mengalami ketakutan saat didekati.
  • Bulu terlihat kusam, tidak mengkilap dan terlihat tidak rapi
  • Pada bagian bulu-bulu lembut dan kecil berjatuhan, antara 1 sampai 4 helai tiap harinya. Pada bulu sayap dan ekor tampak seperti pecah-pecah.
  • Mata burung kacer terlihat sayu tidak cerah bersinar

   Apabila Anda mendapati ciri-ciri itu sedang dialami oleh burung kacer, tidak perlu risau. Anda sebagai pemilik bisa langsung menangani dengan melakukan perawatan kacer mabung tersebut. Sebab perawatan dari Anda akan menentukan kualitas burung kacer pasca mabung. Berikut ini akan disampaikan tips jitu tentang bagaimana perawatan kacer mabung yang bisa diterapkan pada burung kacer anda.
Tips Perawatan Kacer Mabung Agar Gacor
burung kacer ngobra

Perawatan Kacer Mabung Saat Rontok Bulu

  • Pacu perontokkan semua bulu-bulunya. Masa mabung sebaiknya dialami oleh burung hingga selesai sampai tuntas hingga bulu tuanya semua rontok.
  • Apabila sampai tidak rontok semua biasanya setelah mabung burung jadi tidak maksimal. Hal ini tentu paling tidak diharapkan dari mabung yang tidak tuntas, yaitu bulu nyulam.
  • Hentikan pemberian makanan tambahan atau ekstra fooding atau pakan yang mengandung protein tinggi. Setelah mabung selama seminggu atau hingga bulu rontok seluruhnya, sebaiknya pemberian EF untuk sementara dihentikan.
  • Pemberian EF dengan protein tinggi bisa berakibat burung menjadi birahi memancing untuk berkicau akibatnya konsentrasi pada pertumbuhan bulunya akan terganggu.
  • Kerodong sehari penuh agar burung tidak terganggu dan merasa nyaman selama dalam proses pertumbuhan bulu mudanya.
  • Burung kacer mabung sebaiknya diasingkan atau tempatkan pada tempat yang lebih tenang dan sepi.
  • Sebaiknya jauh dari suara burung fighter yang lebih keras karena dapat memancing burung untuk berkicau.
  • Pada kacer yang mengalami proses tumbuh bulu jangan dimandikan dahulu, sebab dihawatirkan bulu-bulunya belum sepenuhnya rontok.
  • Kacer mabung membutuhkan asupan nutrisi dan gizi tinggi. Berikanlah pakan berkualitas, bisa berupa pakan buatan atau voer.
  • Berikan suplemen atau multy Vitamin yang sesuai dengan kebutujan saat mabung dan sisesuaikan dengan dosis yang tepat.
  • Yang selanjutnya tidak kalah penting adalah pemasteran pada kacer yang dalam masa proses mabung. Karena pada masa ini memori burung sedang tajam. Pada masa itu, burung cenderung pasif, lebih banyak mendengarkan dam nerekam dibandingkan berkicau.
  • Saat burung dalan keadaan mabung inilah yang tepat untuk dimanfaatkan para master kacer untuk memaksimalkan burung jagoannya. Sebab pada saat mabung adalah termasuk ke dalam 3 waktu terbaik untuk memaster burung kicau.

Perawatan Kacer Mabung Saat Tumbuh Bulu Muda

Pada saat burung kacer sedang mengalami masa tumbuh bulu muda, usahakan untuk dirawat dengan sebaik-baiknya. Dengan perawatan yang baik maka hasil pasca mabung jadi lebih baik lagi . Nah, berikut ini tips perawatannya.

Beri suara masteran

Perawatan kacer mabung ketika tumbuh bulu muda adalah dengan cara memperdengarkan kicauan burung master. Pemasteran pada kacer yang sedang dalam proses mabung cepat masuk memori burung itu. Sebagaimana disampaikan di atas, bahwa burung cenderung menjadi pasif, lebih mendengarkan pemasteran dari pada bekicaua. Pemasteran juga harus terus dilakukan sampai bulu seluruhnya tumbuh sempurna.

Pemandian

Gunakan shampo khusus burung saat kacer mabung agar bulu jagung bisa hilang. Setelah kacer dimandikan,  jangan langsung dijemur, cukup dianginkan-aginkan saja.

Berikan Extra Fooding

Perawatan kacer setelah mabung sama dengan pola rawatan harian seperti sebelum mabung. Pada umumnya makanan tambahannya adalah jangkrik kurang lebih 6 ekor. Bisa diambahkan minyak ikan dengan yang disuntikan di bagian perut jangkrik, sehari cukup satu butir saja. Lakukan pemberian EF ini rutin hingga tumbuh bulu muda selesai. Minyak ikan diakui banyaki manfaat bagi burung kicau. Antara lain membuat bulu burung menjadi mengkilap.

Kembali Dikerodong

Setelah burung dimandikan dan diangin-anginkan, sebaiknya dikerodong kembali. Selanjutnya gantungkan pada tempat yang nyaman dan teduh. Dapat juga diletakkan di tempat pengasingan sebagaimana saat mabung.

Penjemuran

Penjemuran bisa dilakukan pada keesokan harinya antara 3 hingga 4 jam tujuan agar birahinya mulai naik. Apabila berhasil maka perkembangan burung setelah mabung bisa terlihat, dengan suara isian yang semakin variatif sesuai suara masteran yang diberikan.

Kembali Pada Setingan Harian

Lakukanlah rawatan sebagaimana sebelum burung kacer tersebut mabung. Makanan tambahan diberikan sesuai dengan kebiasaan setingan masing-masing. Penjemuran cukup 1 hingga 2 jam saja. Burung dikerodong pada saat malam hari saja.

   Inilah ulasan singkat mengenai tips perawatan burung kacer saat mabung. Ada beberapa langkah rawatan yang dapat Anda coba. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil setelah kacer mabung, tetapi setidaknya dengan pola rawatan yang baik maka akan menghasilkan burung yang berkualitas. Semoga mendatanagkan manfaat dan menjadikan inspirasi di dunia kacer tanah air kita tercita.

Salam kacer mania!

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad