Tips dan Cara Praktis Merawat Burung Edel Sanger - bosskicau

Header Ads

Tips dan Cara Praktis Merawat Burung Edel Sanger

  Tips dan Cara Praktis Merawat edel sanger - Burung edel sanger / grey singing finch tergolong dalam Serinus leucopygius salah satu burung kicauan dari jenis Fringilidae atau kenari. Burung kecil bersuara lantang, panjang dan merdu ini berasal  dari benua Afrika. Untuk memelihara dan membudidayakannya atau menangkar maka perlu pengetahuan. Segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang  untuk memelihara burung sanger. Setidaknya dapat menjalankan sesuai  tips dan cara praktis merawat burung edel sanger ini.

Tips dan Cara Praktis Merawat Burung Edel Sanger
burung sanger @agrobur.com


Memahami Karakter burung edel sanger

  Sebelum lebih jauh memelihara dan menangkar sanger perlu kiranya untuk  memahami beberapa karakternya. Sifat yang dimiliki sanger adalah poligami,  seekor pejantan mampu  mengawini beberapa ekor betina. Untuk  penangkaran burung ini cukup  menguntungkan, karena ada efisiensi  stok pejantannya. Burung ini juga bisa disilangkan dengan burung lain, namun dengan burung  yang sejenis. Seperti dengan   blackthroad, mozambik atau bisa juga kenari. Anakan yang dihasilkannya juga akan menjadi jenis burung hybrid yang banyak digemari oleh pecinta burung finch.  Anakan yang dihasilkan dari persilangan dengan jenis edel sanger seperti:
  • Sengken adalah anakan senger dengan kenari
  • Blacksang adalah anakan blackthroad dengan edel senger



 Silangan sanger mempunyai karakter yang baik untuk dinikmati kicauannya. Krakter sanger akan sangat lekat dengan karakter ngerolnya yang panjang dan keras. Burung hasil silangan ini atau burung hibryd bisa dimaster dengan suara asli burung blackthroad atau suara sanger.

Memilih calon induk blackthroad

Tips dan Cara Praktis Merawat Burung Edel Sanger
induk edel samger

Secara umum dapat dilakukan seperti halnya dalam memilih indukan pada jenis burung yang lain. Tentu harus dipilih  calon induk yang  terbaik dari yang paling baik, atau  setidaknya harus memiliki beberapa kriteria seperti ini :
  • Sehat , bulu halus, cerah, dan tidak cacat secara fisik
  • Sorot matanya tajam, jernih dan bersinar
  • Gerakannya lincah atau aktif bergerak tetapi tidak over aktif
  • Sudah cukup umur atau dewasa telah mencapai  lebih dari 8 bulan .

 Sanger baik  jantan maupun betina dewasa akan matang kelamin pada usia antara 6 - 8 bulan. Akan lebih efektif jika perjodohan  dilakukan setelah  mencapai umur  1 tahun. Alasan logisnya  adalah, organ reproduksi burung sudah mencapai kematangan, sudah birahi atau sudah siap produksi. Penjodohan pada usia terlalu muda dikhawatirkan pembuhannya tidak akan sempurna. Bisa saka burung betina bertelur tetapi telurnya. Telur yang  kosong  tidak akan mengkasilkan anakan. Kalau pun ada burung muda yang berhasil tetapi prosentase keberhasilannya kecil.

Perawatan induk dalam penangkaran edel sanger

  Perawatan harian pada induk yang ada di dalam sangkar penangkaran tidak jauh beda dengan rawatan harian pada umumnya.  Seperti halnya pada burung finch dan jenis kenari, makanan favorit burung sanger  adalah berupa  biji-bijian, sayur-sayuran, juga beberapa pakan tambahan atau extra fooding (EF ). Pakan biji-bijian bisa diramu atau dibuat mix dari berbagai jenis bijian, formulanya adalah sebagai berikut :
  • Jewawut  : 40 %
  • Milet: 10 %
  • Cannary seed  : 35 %
  • Biji sawi: 10 %
  • Niger seed: 2 %
  • Biji lobak  : 3 %

   Racikan pakan sanger tersebut hendaknya diberikan secara rutin pada burung dengan takaran yang tepat. Jangan berlebihan saat memberikan pakan tersebut kepada burung sanger. Agar efesien dan terjaga kesehatan  burung itu sendiri. Apabila pakan diberikan berlebihan biasanya akan dihambur-hambirkan dan terbuang percuma. Parahnya lagi bila terlalu banyak pakan yang dikonsumsi, maka burung akan ngelemak atau kegemukan. Berilah pakan dengan ukuran maksimal ¾ dari ukuran wadah pakan.

Pakan tambahan atau extra fooding

 Selain pakan berupa komposisi bijian tersebut, edel sanger juga embutuhkan jenis pakan lain seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan pakan tambahan lain  sebagaimana di habitat aslinya. Sayuran dan buah yang baik dan paling digemari burung ini adalah:
  • sawi putih
  • selada air
  • oyong
  • apel.


 Adapun pakan tambahan lain berupa pakan hewani atau  extra fooding hewani  yang baik adalah:
  • Kroto
  • telur puyuh rebus
  • kuning telur ayam rebus.
         Tambahan pakan atau extra fooding untuk burung sanger baik nabati maupun hewani akan mendongkrak vitalitas burung. Disamping itu juga akan menjaga daya tahan tubuhnya agar tetap sehat dan tahan terhadap serangan penyakit. 

Terapi perjodohan burung sanger

      Yang sering kali dialami dan dikeluhkan oleh para penangkar edel sanger saat perjodohan adalah sulit berjodoh. Kedua burung kadang saling menyerang, ini tentu  membahayakan keselamatan burung. Nah, apabila Anda mengalami masalah pada calon induk jantan dan calon induk betina yang sulit berjodoh, ada beberapa tips sedehana yang bisa digunakan sebagai terapi burung sanger untuk menjodohkan, yaitu:
  • Pisahkan terlebih dahulu antara  induk jantan dan betina dengan dua sangkar yang terpisah
  • Dekatkan sangkar tetapi diberi sekat agar tidak saling melihat
  • Biarkan proses ini berkalan selama beberapa hari, jika sudah terlihat tenang bisa dibuka sekatnya
  • Apabila sudah mulai jodoh akan ditandai dengan saling mendekat dan saling meloloh, maka bisa dicoba untuk dicampur kembali.
         Inilah sedikit Tips dan Cara Praktis Merawat burung edel sanger,  mengenai persoalan dan bagaimana mengatasi persoalan beternak edel sanger. Semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi para pembaca sekalian khususnya para penggemar finch.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad