Makanan Burung Sanger Kunci Biar Sehat dan Cepat Bunyi Ngerol - bosskicau

Header Ads

Makanan Burung Sanger Kunci Biar Sehat dan Cepat Bunyi Ngerol

Makanan Burung Sanger  Biar Sehat dan Cepat Bunyi  - Pemberian makanan burung sanger atau Edel sanger yang nama latinnya ‘Serinus leucopygius’ adalah berupa biji-bijian. Edel sanger adalah burung kecil yang asalnya dari benua Afrika ini masih memiliki hubungan kekerabatan dengan burung  blackthroat yang nama latinnya ‘Serinus atrogularis.’ Finch ini karakter khas kicauannya bersuara sangat tajam, lantang dan ngerolnya panjang. Karakter suaranya yang unik menjadikan burung kecil ini  digemari oleh para kicau mania di mana-mana.   

Makanan Burung Sanger Kunci Biar Sehat dan Cepat Bunyi Ngerol
Makanan Burung Sanger Kunci Biar Sehat

Makanan burung sanger kunci agar sehat dan cepat bunyi ngerol

Di luar negeri, burung edel sanger ini juga memiliki nama popular ‘white-rumped seedeater.’ Burung dengan wilayah sebarannya meliputi  kawasan Afrika seperti juga pada kerabatnya, yaitu blackthroat. Dari bentuk fisik antara burung sanger dan blackthroat jika dilihat sekilas, keduanya memiliki kemiripan. Tetapi jika diperhatikan secara detail dan teliti, sebenarnya terdapat perbedaan yang mencolok. Postur sanger lebih kecil, apabila dibandingkan dengan blackthroad. Sanger panjangnya antara 10-11 cm saja. Sedangkan  panjang tubuh burung blackthroat sedikit lebih panjang,  yaitu antara 12-15 cm.
Pola rawatan untuk burung  sanger tidak jauh berbeda dari rawatan pada blackthroat juga pada jenis kenari. Tentu saja agar  mendapatkan hasil maksimal, maka perlu penanganan serius. Yang perlu mendapatkan perhatian adalah pada pemberian pakan, karena ini merupakan kunci agar burung tetap sehat dan selalu fit. Dan yang tidak kalan penting adalah perhatian pada  perawatan yang lainnya. Untuk membuat burung sanger lebih rajin berkicau, berikut ada beberapa tips perawatan burung sanger yang bisa Anda terapkan.

Tips jitu perawatan burung sanger agar cepat ngerol

1. Pemberian Makanan burung sanger yang tepat 

Makanan Burung Sanger Kunci Biar Sehat dan Cepat Bunyi Ngerol
Milet merah Makanan Burung Sanger 

Sebagaimana pada jenis finch, sanger juga sebagai  burung pemakan biji-bijian. Untuk menjadikan burung sanger agar rajin bunyi, maka pemberian pakan harus diperhatikan dengan teliti. Pakan bijian diberikan secukupnya saja, tujuannya agar burung tidak ngelemak atau kegemukan sehingga malas bunyi.
Selain pemberian pakan berupa bijian, perlu juga diberikan extra fooding (EF) atau pakan tambahan. Pakan ekstra ini berupa pakan yanmg tinggi protein seperti telur puyuh rebus, egg food atau pakan pabrikan yang berbahan utama telur dan tepung rot.  Selain itu juga beberapa sayuran dan buah-buahan, seperti selada, sawi hijau juga apel merah. Untuk membuatnya semakin fit dan rajin bunyi, bisa juga diberi pajan berupa daun krokot.

2. Menjaga kebersihan sangkar dan lingkungan kandang

Tips  perawatan yang tidak kalah penting  selanjutnya adalah menjaga kebersihan, baik sangkar, perlengkapan sangkat juga lingkungan kandang. Jika tips ini dilakukan secara benar dan teratur, burung pun akan terjaga staminanya sehingga semakin aktif dan rajin berbunyi. Sangkar yang bersih huga akan mecegah dari serangan penyakit.

3. Jemur Rutin

Penjemuran yang baik akan menjadikan burung sanger fit, sehat dan rajin bunyi.  Penjemuran dapat  dilakukan setelah burung disemprot air tipis-tipis atau mandikan sewajarnya. Jemur burung secara rutin dapat dilakukan pada pagi hari antara pukul 7 hingga 10 selama 3-4 jam saja.
Meski asal burung kecil ini dari daratan benua Afrika yang bersuhu cukup panas, walau sekarang sebagian besar sanger di pasaran tidak seluruhnya import. Sebagian lagi berasal dari hasil penangkaran lokal. Bagi burung tangkaran lokal  bisa lebih beradaptasi dengan iklim tropis. Karena itu, untuk waktu penjemuran bisa disesuaikan.

4. Jauhkan sanger dari burung sejenis

Edel Sanger adalah jenis  burung finch yang bersifat teritorial. Sifatnya bisa langsung berubah menjadi  agresif apabila melihat burung sejenis berada di dekat  sangkarnya. Oleh karena itu, bila memiliki lebih dari satu ekor sanger, maka alangkah baiknya jika sangkar keduanya digantang berjauhan atau di beri sekat agar keduanya tidak saling melihat.

5. Kerodong malam hari

Penggunaan kerodong penting untuk burung sanger, tujuannya agar terkontrol aktifitasnya. Dengan memasang kerodong di waktu malam, maka burung dapat beristirahat dengan baik. Dengan istirahat yang cukup, maka burung akan terjaga kondisinya. Kerodong sangkar juga mampu menjaga dari tiupan angin malam yang terlalu kencang juga untuk menjaga dari gangguan nyamuk. Pengerodongan sangkar juga dapat mempercepat pemulihan stamina burung sanger. Sehingga esok hari burung menjadi fit dan mau berkicau.

 Demikian ulasan singkat mengenai makanan burung sanger agar selalu sehat dan staminanya terjaga. Dengan kondisi fit maka burung sanger akan rajin berkicau. Ada juga di sini tentang 5 tips perawatan burung sanger agar cepat ngerol, tajam, keras dan bersuara lantang. Semoga bermanfaat dan menginspirasi para pembaca dan dunia kicau Indonesia.
Salam kicaumania!

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad