Perawatan dan Setingan Burung Kenari Mabung - bosskicau

Header Ads

Perawatan dan Setingan Burung Kenari Mabung


Perawatan Burung Kenari Mabung - Mabung dalam bahasa asing disebut Moulting adalam masa di mana burung mengalami rontok bulu sebagai siklus alamiah yang pasti terjadi pada keluarga burung. Perawatan burung Kenari mabung menjadi hal penting, karena apabila sampai perawatan salah bisa fatal karena burung Kenari menjadi rusak. 
Perawatan dan Setingan Burung Kenari Mabung
 Burung Kenari Mabung

Pada masa-masa burung kenari mabung,maka  metabolisme meningkat hampir 40% dari kondisi normal. Oleh karena itu, burung Kenari butuh asupan gizi dan nutrisi yang berkualitas dengan porsi yang lebih besar dari saat kondisi normal. Hindari burung bertemu dengan burung sejenis, karena bisa memicu stres dan proses mabung terganggu.

Berikut ini Pola Perawatan Saat Masa Mabung untuk burung Kenari:

  • Tempatkan burung di lokasi yang tenang, jauh dari hiruk pikukdan lebih banyak dikerodong.
  • Mandikan cukup 1x seminggu saja dan penjemuran maksimal 30 menit/hari saat pagi.
  • Pakan tambahan atau pakan ekstra diberikan lebih banyak dari saat jondisi normal. Karena EF sangat diperlukan untuk pembentukan sel dan pertumbuhan bulu baru.
  • Berikan vitamin atau suplemen burung yang tepat.
  • Memasteran. Saat kondisi mabung maka burung cenderung pada kondisi diam dan mendengar saja. Bah, inilah saat tepat untuk mengisi dengan variasi suara sesuai karakter dan tipe suara burung kenari.

Suara Master Yang Baik Untuk Burung kenari

Gunakan masteran dengan karakter irama lagu sesuai yang dimiliki burung Kenari. Ini sangat penting dan berguna pada saat penilaian lomba burung Kenari.
Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat memaster kenari;
    Sesuaikan irama lagu dan frekuensi antara suara masteran dengan burung kenari. Apabila ada ketidaksesuaian suara master dengan burung bisa  menyebabkan lagu yang fals dan tentu tidak enak didengar.
    Ikuti saja trend Lagu yang disukai. Misalnya pada tonjolan dan tembakan yang sedang disukai pada saat ini. Seperti tonjolan dengan kecepatan atau speed rapat yang divariasikan dengan irama lagu ngeroll.
    Variasi irama lagu mewah. Maksud irama lagu mewah adalah suara-suara dengan karakter variasi speed yang selaras atau sesuai dengan irama lagu dengan cengkok dan mengalun.
 Ada banyak metode yang dapat dilakukan di dalam proses pemasteran burung berkicau atau kenari pada khususnya. Disamping itu banyak berkembang mitos yang keliru temtang pemasteran dalam prakteknya di lapangan. Salah satu mitos, yaitu burung yang dimaster harus melihat masteranya, agar si burung dapat menirukan gaya dan bunyi burung masterannya.
 Mitos lainnya yaitu proses pemasteran harus menunggu saat burung ganti bulu atau mabung. Sebenarnya; Pemasteran dapat saja dilakukan tanpa harus menunggu burung mabung atau ganti bulu. Tetapi burung berkicau dalam keadaan normal pun, atau bahkan saat dalam keadaan top performance juga dapat dilmaster.
 Kunci keberhasilan memaster burung Kenari adalah memaster burung dengan suara-suara master yang sesuai dengan karakter dasar lagu burung yang akan di master . Satu lagi yang tak kalah penting, adalah untuk selalu memperdengarkan suara masteran tersebut secara berkala kepada burung Kenari. Maksudnya agar irama lagu yang sudah ada tidak hilang dan kembali pada suara aslinya.
 Inilah tulisan singkat tentang perawatan kenari saat mabung dan setingannya. Semoga baermanfaat badi semua dan kemajuan dunia kenari Indonesia. Salam kenarimania!

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad