Mengenal Burung Edel Sanger Si Burung Kecil Panjang Ngerollnya - bosskicau

Header Ads

Mengenal Burung Edel Sanger Si Burung Kecil Panjang Ngerollnya


 Mengenal Burung Edel Sanger - Mungkin saja ada yang belum mengetahui persis seperti apa burung Edel Sanger yang biasa  disebut burung Sanger atau slenger. Burung dengan nama latin Serinus Leucopygius ini sama seperti burung Blackthroat yaitu sama-sama berasal dari benua Afrika. Walau sama-sama burung import dari Afrika peminat dari burung sanger atau  yang bernama lain Grey Singing Finch ini belum sebanyak burung BT (Blackthroat).

Mengenal Burung Edel Sanger Si Burung Kecil Panjang Ngerollnya
Burung Edel Sanger 

 Sebenarnya burung kecil ini sudah masuk ke negara kita sudah sejak dari jaman dahulu. Hanya saja burung ini kurang populer alias kurang diminati oleh para kicau mania. Salah satu alasannya mungkin hal ini karena penampilan burung yang kurang menarik. Tentu bagi orang awam kurang menarik karena jika dilihat dari postur  yang kecil dan warnanya pun monoton.
 Padahal sesungguhnya burung mungil ini juga mempunyai kicauan khas yang tak kalah merdu dari burung blackthroad. Kicauan unik dengan karakter tempo sangat rapat dan lagunya variatif. Keunikan ini tak jarang menjadikan burung ini sering dijadikan sebagai  masteran kenari. Bahkan kabarnya para pecinta burung Sanger di berbagai negara menyatakan bahwa burung edel sanger mempunyai kualitas suara kicauan paling melodius dibanding jenis burung Finch yang lainnya.

Perawatan burung edel sanger

 Untuk perawatan burung ini masih terbilang cukup mudah, walaupun burung asing atau import. Sebagaimana layaknya merawat burung-burung sejenis seperti kenari, burung Sanger juga memiliki kesamaan sebagai pemakan bijian. Sehingga dari segi pakan sudah sama dengan jenis kenari  juga burung Finch.
Akan lebih lengkap jika anda juga memberinya pakan tambahan atau ekstra fooding berupa sayur-sayuran seperti sawi hijau, kangkung dan buah-buahan seperti apel merah. Untuk menambah vitalitas perlu juga diberi pakan tambahan berupa  telur puyuh yang direbus sebagai menu tambahannya.

Cara membedakan jenis kelamin Edel sanger

 Untuk membedakan jenis kelamin atau istilahnya jengkel dari burung sanger ini bukanlah perkara mudah. Karena burung ini termasuk jenis burung monomorfik, yang artinya burung yang mempunyai fisik identik atau nyaris sama antara burung jantan dan betinanya.
 Namun jangan khawatir, karena anda dapat membedakannya setelah burung dewasa. Caranya yaitu dengan mengidentifikasi dari mendengarkan kicauannya. Cirinya  untuk burung  yang jantan akan memiliki kicauan yang variatif, sebaliknya burung betina kicauannya hanya monoton tanpa ada variasi. Cara yang lain  dengan cara melihat bagian vent nya untuk memastikan jantan atau betina sebagaimana membedakan jenis kelamin burung kenari.
 Inilah sekilas tentang bahasan tentang mengenal burung edel sanger. Semoga bermanfaat untuk menambah sedikit pengetahuan tentang finch edel sanger. Dan tentunya semoga bisa menginspirasi dunia kicau Indonesia.
Salam kicaumania!

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad