Ini Makanan Burung Mozambik Yang Paling Disukai - bosskicau

Header Ads

Ini Makanan Burung Mozambik Yang Paling Disukai

 Makanan burung mozambik - Bukan hanya burung mozambik saja yang harus diajari beradaptasi dengan pola perawatan yang diterapkan. Pemilik burung moza juga harus memahami kesukaan dan kebiasaan burung ini. Salah satunya yang paling sederhana adalah tentang makanan khusus mozambik si burung kuning dari Afrika ini. Dengan demikian, rawatan yang memperhatikan kebiasaan dan kesukaan burung diharapkan karakter alaminya akan muncul. Kondisi ini menjadikan burung nyaman dan fit sehingga burung menjadi lebih rajin berkicau. Tentang cara merawatnya yang harus diperhatikan adalah mengenai makanan burung mozambik.  Karena ini menjadi salah satu faktor penting dalam perawatan burung mozambik agar cepat gacor. 
Makanan Burung Mozambik Yang Paling Disukai
 Burung Mozambik 


   Mozambik termasuk jenis burung yang aktif dan bisa menjadi sangat agresif. Tentu bisa dijinakkan dan menjadi peliharaan yang menyenangkan dengan perawatan yang baik. Selain itu pakan utama mozambik juga mudah di dapatkan.. Burung ini yang populer dengan nama  green singing finch / yellow fronted canary (Serinus mozambicus). Burung Afrika ini sebagai salah satu spesies yang masuk dalam kerabat dekat dengan burung kenari. Burung kecil berwarna dominan kuning ini banyak digemari kicaumania di tanah air. Walaupun wilayah sebarannya meliputi kawasan Sub-Sahara Afrika, terutama pada daerah semi-kering bisa beradaptasi dengan cuaca di Indonesia..
   Apabila mengingat habitat aslinya ada di daerah beriklim sangat panas, maka kita harus bisa menyesuaikan keadaan ini dalam perawatan hariannya. Misalnya dengan memasang lampu full spektrum untuk burung yang disimpan dalam ruangan. Atau dengan cara melakukan penjemuran.
    Perlu diketahui, moza sangat suka sayuran untuk burung mozambik berupa sayur hijau dibanding jenis finch lainnya. Maka dari itu, dalam perawatan hariannya jangan sampai terlewatkan sayuran segar yang bertekstur lunak dan daun-daun hijau. Pemberian pakan hijauan ini terutama saat dijemur. Di habitat aslinya, mengkonsumsi pakan hijau itu merupakan salah satu cara burung mozambik mempertahankan hidup. Karena pakan berupa daun atau hijauan yang berkadar air tinggi. Kandungan air tinggi sangat diperlukan di cuaca panas seperti di Afrika.

Baca juga : Mozambik Gacor Sangat Dicari Oleh Para Kicaumania

Makanan burung mozambik


Ini Makanan Burung Mozambik Yang Paling Disukai
Makanan Burung Mozambik 
   Sebagai burung yang makanan pokoknya berupa  biji-bijian, mozambik ini termasuk burung pemilih makanan. Burung ini biasa mengacak-acak cepuk wadah pakannya untuk mencari biji-bijian favoritnya. Makanan kesukanannya adalah milet dan niger seed. Maka dari itu, jika mozambik sering mengacak-acak makanannya, maka berikan saja pakan campuran milet dan niger seed .
 Alternatif lainnya adalah memberi makan dengan komposisi biji niger dan pakan kenari.  Komposisi racikan pakan mozambik dengan perbandingannya 1 bagian niger dan 2 bagian canary seed. Selain mencermati makanan burung moza perlu juga mengetahui perawatannya. Berikut ini ada beberapa tips perawatan burung mozambik agar cepat gacor.

Tips perawatan burung mozambik.

  1. Keluarkan burung pada pagi hari untuk dijemur sampai siang harinya. Waktu penjemuran mulai dari 2 jam hingga 3 jam, tergantung kondisi cuaca saat jemur.
  2. Setelah pagi hari dijemur, selanjutnya burung bisa dimandikan. Namun tidak semua mozambik suka mandi. Oleh karena itu, mandi cukup dilakukan beberapa hari sekali saja.
  3. Beri pakan bijian kesukaannya, terutama jewawut dan niger seed.
  4. Beri pakan hijauan berupa sayur atau daun-daunan, seperti krokot, serta buah seperti potongan apel merah dan jeruk.
  5. Siapkan tulang sotong yang bisa berfungsi mengasah paruh dan sebagai sumber kalsium.
  6. Untuk menjaga kondisinya terutama sat cuaca dingin atau musim penghujan, burung bisa diberi multivitamin.
  7. Telur puyuh rebus sebaiknya diberikan beberapa hari sekali  untuk mencegah agar burung tidak ngelemak jadi gemuk dan malas berbunyi.
  8. Sore harinya, sangkar dikerodong dibiarkan burung beristirahat sampai esok harinya.

Dengan memahami kebiasaan burung khususnya makanan burung mozambik dan menerapkannya dalam perawatan harian, maka tidaklah sulit membuat burung moza jadi lebih rajin berbunyi. Jika Anda tertarik dengan suara mozambik untuk dijadikan burung rumahan atau memancing bunyi dan sebagai masteran burung kicauan lain. Semoga bermanfaaat dan mengispirasi dunia finch tanah air. Salam finchmania!

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad