Ciri Ciri Kenari Gloster Perawatan dan Penjelasan Lengkap - bosskicau

Header Ads

Ciri Ciri Kenari Gloster Perawatan dan Penjelasan Lengkap


Kenari Gloster – Ciri Ciri, Perawatan dan Penjelasan Lengkap Kenari Gloster (Gloster Fancy Canary) merupakan jenis kenari yang cocok diternak karena memiliki fisik kuat, lincah, gacor dan cukup mudah perawatannya. Kenari berjambul dengan bulu kepala menutup sebagian mata yang bahasa latinnya Serinus canaria domesticus  selain memiliki keunggulan fisik berupa jambul juga tetap memiliki suara yang indah. Kicauannya terbilang bagus meski tak mampu bernyanyi sekeras  jenis “Song Canary”. Karena tergolong dalam “Type Canary” atau varietas jenis, kenari Gloster diternak demi mendapatkan tampilan fisiknya dibanding warna maupun suaranya.
Ciri Ciri Kenari Gloster Perawatan dan Penjelasan Lengkap
 Kenari Gloster @burungnya.com


Baca juga : Kenari Asli Indonesia Ada Di Dieng

Ciri Ciri Kenari GlosterP erawatan dan Penjelasan Lengkap
kenari gloster corona
    Kenari Gloster memiliki dua jenis. Jenis yang kepalanya berjambul dan satu lagi jenis kepala polos. Jenis dengan kepala jambul dikenal dengan sebutan “Corona”, sedangkan kepalanya halus dikenal dengan sebutan “Consort”. Harus diakui jenis “Corona” lebih menarik, kedua jenis Gloster ini memiliki peran penting dalam penyebaran kenari jenis ini. Selain bentuk kepalanya, secara harus besar keduajenis kenari gloster ini memiliki ciri-ciri yang sama.
   Burung kenari Gloster termasuk kenari yang tidak terlalu tua karena baru mulai diternak pada tahun 1920-an di Inggris. Kenari jwnis ini merupakan hasil dari berbagai usaha untuk mengembangkan burung berjambul, dengan ukuran yang lebih kecil. Rogerson di Inggris mencoba menyilangkan Roller Canary dengan Border Canary, sedangkan peternak lain, John McLay dari Skotlandia, mencoba menyilangkan Small Crested Canary dengan small Border Canary. 

Ciri Ciri Kenari GlosterP erawatan dan Penjelasan Lengkap
 Kenari Gloster Consort

 Dalam sebuah pameran yang diselenggarakan di Crystal Palace pada tahun 1925, A.W. Smith mengakui bahwa kenari yang dikembangkan oleh Rogerson sebagai jenis kenari yang baru, unik dan berbeda. Smith juga yang mendorong pengembangan Gloster Canary dengan mencampur tiga jenis kenari yang berbeda.

Ciri Ciri Kenari Gloster

  • Kenari Gloster adalah jenis burung kenari berukuran sedang
  • Posturnya pendek dengan ukuran tubuh kurang lebih 4,5 inchi (11,5 cm).
  • Jenis kepala jambul melingkar dan mengelilingi kepala mereka.

Pola bulu pada kenari gloster bisa muncul pada semua warna bulu, selain warna Red Factor. Varietas yang paling populer dari jenis Kenari Gloster adalah warna hijau, putih salju dan coklat. Bagi kenari yang memiliki corak bulu berwarna merah, maka tidak dianggap sebagai Kenari Gloster.

Perawatan dan Pakan kenari gloster

 Seperti pada umumnya burung kenari, Kenari import ini karakternya  lebih suka ditempatkan di ruang yang luas. Karena ukuran mereka tergolong lebih besar dari kenari lokal. Demikian juga ukuran kandangnya a pun harus lebih besar dari sangkar kenari-kenari lain.
 Makanan utama burung kenari Gloster adalah berupa bijian seperti canary seed dan rape seed berupa bijian import. Selain itu, berikan pakan tambahan atau ekstra fooding berupa sayuran hijau , buah apel merah dan selingi dengan pemberian tulang sotong. Kenari juga punya kebiasaan mandi, jadi jangan sampai terlewatkan tempat air khusus untuk mandi. Bersihkan pula sangkar dan lingkungannya secara rutin, penting juha untuk memotong kuku kenari yang tumbuh memanjang.
 Kenari tidak membutuhkan mainan, seperti cermin dan hiburan-hiburan lainnya. Hidup kenari sebagian besar dihabiskan dengan bernyanyi. Namun, jika Anda berniat untuk melombakannya dalam sebuah kontes bernyanyi, Gloster Finch Canary perlu dilatih secara khusus.

Perjodohan dan Perkawinan kenari gloster

 Gloster Fancy Canary seperti henis kenari yang lain cukup mudah berkembang biak. Asal dengan perawatan rutin yang baik, seperti  diberi pakan berkualitas, pencahayaan yang baik, serta lingkungan yang memadai. Dalam prosesnya, memelihara kenari import Gloster Fancy Canary ini tidak jauh beda dengan menangkar burung kenari lain. Dalam penangkaran yang perlu dicatat indukannya sebaiknya dari Gloster Fancy Canary murni baik berjenis Corona atau Consort. Proses perkembangbiakan kenari Gloster ini bisa optimal jika betina bertelur di sarangnya. Pada umumnya kenari betina akan menghasilkan antara  3 - 6 telur.
 Burung kenari bisa tumbuh dengan sehat jika ditempatkan di lingkungan yang sehat pula serta pemberian pakan yang berkualitas. Hindarilah menempatkan sangkar kenari di tempat yang basah, lembad, dingin, serta berangin kencang. Satu masalah yang seringkali muncul pada Kenari Gloster adalah benjolan di tubuh. Ini terjadi karena pertumbuhan bulu yang tidak sempurna, bulu justru tumbuh ke dalam karena bulu yang baru tumbuh tersebut tidak mampu menembus kulit.
 Untuk bisa mendapatkan kenari gloster atau Gloster Fancy Canary bisa diperoleh di beberapa alternatif, seperti :
  • toko burung
  • arena kontes atau perlombaan
  • klub burung
  • peternak

 Di daerah asalnya, Kenari Gloster tentu bisa didapatkan dengan harga yang terhangja karena faktor ketersediaannya.. Nah, itulah bahasan tentang Ciri Ciri, Perawatan Kenari Gloster atau dalam bahasa latin Gloster Fancy Canary. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca yang budiman.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad