7 Ciri-ciri Kenari Yorkshire Yang Sangat Populer - bosskicau

Header Ads

7 Ciri-ciri Kenari Yorkshire Yang Sangat Populer


Kenari Yorkshire sangat populer di kalangan Kicau mania atau khususnya para penggemar kenari di tanah air.  Hampir semua jenis Kenari baik lokal maupun impor telah dipelihara dan menjadi terfavorit di masyarakat. Salah satunya dari kenari import yang disukai  adalah  Yorkshire. Ciri-ciri kenari yorkshire yang masuk jenis burung dari keluarga Fringilidae ini memang memiliki postur  yang sangat menawan.

7 Ciri-ciri Kenari Yorkshire Yang Sangat Populer
Kenari Yorkshire 
Kenari YS suara kicauannya yang unik juga terdengar lebih bervariasi dan merdu. Warna  bulunya serta bentuk tubuhnya juga terbilang lebih sedap dipandang mata jika dibandingkan dengan jenis kenari lainnya. Badannya terlihat lebih gagah, kokoh dan kekar, hingga banyak yang berpendapat mirip wortel.  Bahwa saat yorkshire berdiri akan terlihat bentuk posturnya hampir menyerupai Wortel yang terbalik dengan posisi kaki jingkring.
Jenis Kenari Yorkshire sendiri adalah burung impor yang berasal dari Eropa seperti Itali (Ring FOI), Turki (TKF), Jerman (DKB) dan Inggris (Ring IOA) dan lainnya. Asal usul Kenari Yorkshire sendiri dari hasil perkawinan atau persilangan silang antara jenis kenari lancashire dengan kenari Belgia. Namun sebenarnya jenis kenari ini bukan termasuk kategori kenari penyanyi, tetapi termasuk katagori jenis kenari postur. Namun dari segi kicauan tetap saja tak kalah istimewa dengan jenis burung kenari lainnya. Mungkin inilah alasan yang menjadikan harga Kenari Yorkshire jantan maupun betina menjadi mahal. Bahkan harga yang dibanderol oleh para pengusaha atau importir dan para pembudidaya burung harga kenari yorkshire relatif lebih mahal  jika dibandingkan dengan jenis burung Fringilidae lainnya.
Terlepas dari semua anggapan tentang burung kenari ini yang dianggap lebih hebat dari jenis burung kenari lokal lainnya, rasanya perlu pembuktian yang tepat. Di mana tidak sedikit pendapat, bahwa Kenari Yorkshire lebih unggul dari segi aspek posturnya saja. Atau populernya  dikenal oleh sebagian masyarakat barat dengan sebutan The Guardsman dan Gentleman of the Fancy. Di mana Yorkshire hanya unggul dari segi postur maupun warna bulunya. Namun dari kicauan maupun mental, tentu hal tersebut bisa dijadikan sebagai tolak ukur yang pas. Sebab, semua itu juga kembali pada  masing-masing pemilik pada cara memelihara maupun melatihnya. Jika perawatan kurang tidak baik, maka Kenari Yorkshire juga bisa saja ngedrop alias malas berkicau.
Harus diakui bahwa memelihara burung Kenari Yorkshire adalah bukan perkejaan yang mudah. Selain diperlukan ketelatenan yang ekstra keras juga perlu pengetahuan khusus kaitannya dengan pemeliharaan kenari Yorkshire. Dengan ukuran tubuhnya yang lebih besar, maka otomatis pakan maupun kebersihan sangkar penanganannya juga harus ekstra. Selain dipengaruhi oleh rawatan hariannya, pemberian pakan maupun cara pemasteran, kemampuan atau rajin bunyi sangat dipengaruhi oleh faktor umur dan jenis kelaminnya. Nah, agar para pembaca mengetahui karakter fisik kenari yorkshire akan diuraikan beberapa ciri-cirinya di bawah ini.


Ciri-ciri Kenari Yorkshire

Burung Kenari Yorkshire mempunyai ciri-ciri :
  1. Mata yang tajam.
  2. Kepalanya mbarong
  3. Posturnya besar, sepertibongkok namun juga terlihat gagah dan dada yang bidang.
  4. Bodinya terlihat seperti bentuk Wortel yang terbalik.
  5. Kakinya cukup panjang atau njingjring
  6. Bulunya sangat rapat dan mengkilap
  7. Kenari Yorksjire yang sehat ditandai pada bagian kloakanya cukup bersih tidak ada kotoran yang menempel
Selain itu, volume suaranya keras dan jenis kenari ini juga termasuk burung agresif yang aktif bergerak. Oleh karena itu, disarankan para pemelihara pemakaian sangkar yang kuat dan kokoh dan terbuat dari bahan-bahan kuat. Sangkar yang kuat  agar tidak mudah rusak saat burung bergerak di dalam sangkar.

Perawatan dan Setelah Harian Kenari Yorkshire

Burung Kenari Yorkshire memang sangat unik berbeda dari segi ukuran tubuh dibandingkan dengan jenis Kenari lokal. Namun perihal perawatan ataupun setelan harian, pada dasarnya sama dengan jenis burung Kenari lainnya. Hanya saja perlu kerja ekstra dan yang terpenting adalah bagaimana mengkondisikan agar burung tetap terjaga staminanya serta tetap rajin bunyi. Rawatan standartnya tidak perlu berlebihan baik pada saat pemberian makanan, penjemuran, memandikan, pengerodongan dan pemasteran.
Layaknya pada kenari ataui burung sejenisnya, Kenari Yorkshire juga membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi yang tepat untuk menunjang pertumbuhannya. Ada beberapa makanan utama yang sesuai untuk burung kenari berupa biji-bijian, seperti canary seed, milet merah dan putih, biji sawi, niger dll. Selain itu, ia juga menyukai pakan tambahan seperti buah-buahan dan sayuran seperti daun sawi hijau, gambas, ketimun, wortel, apel merah, dan jagung muda. Baik juga jika  diberikan pakan tambahan berupa tulang sotong untuk  membantu kebutuhan kalsiumnya.
Inilah ulasan singkat tentang ciri-ciri kenari yorkshire yang harus kenari mania ketahui. Semoga bermanfaaat dan terus menginspirasi bagi perkembangan dunia kenari di tanah air. 
Salam kenari mania..!

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad