Cara Mengatasi Lovebird Jantan Tidak Mau Kawin - bosskicau

Header Ads

Cara Mengatasi Lovebird Jantan Tidak Mau Kawin

Cara mengatasi lovebird jantan tidak mau kawin - Menjodohkan lovebird kadang tidak sesuai kenginginan,  karena ternyata tidak mau jodoh. Beberapa waktu telah ditunggu-tunggu rupanya sang lovebird tidak juga kunjung kawin. Padahal lovebird betina sudah birahi. Mengetahui ciri-ciri lovebird betina sudah birahi adalah ditandai ngeleper atau membentangkan sayap seperti garuda. Sedangkan pada lovebird jantan yang sedang birahi bisa ditandai dengan mengawini tangkringan atau yang biasa disebut lovebird gestang. Namun sayang kondisi ini tidak sesuai keinginan. Sehingga perlu dipelajari begaimana cara mengwinkan  lovebird jantan gestang. 
Cara Mengatasi Lovebird Jantan Tidak Mau Kawin
lovebird birahi
    Ada cara untuk mengatasi lovebird gestang agar mau kawin. Lovebird yang gestang biasanya tidak disukai dan cenderung harganya menjadi murah. Karena kebanyaklan penggemar lovebird beranggapan bahwa lovebird sering gestang tidak bisa dijodohkan. Namun pernyataan tersebut tidak benar. Sebagaimana dalam artikel Fakta lovebird gestang akan bisa produksi.
   Persoalan tersebut sering menjadikan peternak pemula menjadi putus asa dalam menjodohkan indukan lovebird. Daya upaya sudah dilakukan tetapi kenyataan tidak sesuai dengan keadaan. Pasangan lovebird yang diidamkan segera berranak pinak tetapi justru tidak kunjung bertelur.  Hal ini disebabkan lovebird jantannya tidak mau mengawini lovebird betina

Penyebab lovebird jantan tidak mau kawin

   Penyebab utama lovebird jantan belum mau kawin belum birahi. Terlihat kan  bahwa memelihara atau ternak lovebird itu penuh tantangan alias gampang-gampang susah. Penyebab selanjutnya disebabkan karena lovebird betina juga belum birahi benar. Kadang terjadi lovebird jantan sudah mau mengawini tapi yang betinabya tidak mau. Hmmm.. ampun, ini juga bisa menjadi masalah.

Cara agar lovebird jantan mau kawin dengan lovebird betina

   Agar lovebird jantan dan betina mau kawin, ada rahasianya. Yaitu dengan cara meningkatkan birahi kedua lovebird tersebut. Cara untuk meningkatkan birahi lovebird adalah dengan pemberian asupan pakan yang berkualitas. Selain itu juga kondisi kandang ternak harus bersih, pakan harus diperhatikan, kondisi lingkungan yang tenang.
   Untuk meningkatkan birahi lovebird, saya biasa menggunakan pakan tambahan atai extra fooding berupa sayuran. Berupa kangkung diberikan pada pasangan lovebird setiap hari. Kombinasikan juga dengan kecambah kacang hijau atau tauge. Di dalam pakan milet campurkan juga kwaci dari biji bunga matahari. Untuk air minum lovebird, setiap hari harus diganti dam memberikan minum dengan air matang.
   Oke demikianlah tips jitu tentang bagaimana cara mengatasi lovebird jantan yang tidak mau mengawini lovebird betina. Semoga bermanfaat dan terus menginspirasi bagi lovebird mania di mana-mana.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad