Cara Jitu Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang) - bosskicau

Header Ads

Cara Jitu Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang)


Lovebird gesek tangkringan - Lovebird gesek tangkringan/Gestang adalah kebiasaan dan tingkah aneh lovebird yang sedang birahi tinggiatau OB (over birahi ). Lovebird gestang biasanya terjadi pada lovebird yang produktif atau pada masa kawin. Jika belum terbiasa, sepintas mungkin akan mengira bahwa lovebird sedang sakit atau stress, sebenarnya lovebird mengawini tangkringan.
Cara Jitu Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang)
Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang)

Baca juga :




Perilaku lovebird gesek tangkringan ditandai dengan menggesek-gesekkan supitnya ke tangkringan seperti lovebird yang sedang kawin. Selain menggesekkan tangkringan, lovebird yang sedang over birahi biasanya akan terlihat ngeleper atau mesawat.  Ini sering terjadi pada lovebird betina.
Lovebird jantan yang akan diternak mungkin bagus ketika sudah over birahi yang ditandai dengan gestang. Karena jika dicampur dengan lovebird betina sudah memasuki masa produkti, tidak lama akan kawin selanjutnya tentu akan bertelur. Sebaliknya jika lovebird gestang terjadi pada lovebird gantangan (lomba), tentu akan menjadi permasalahan serius dan harus segera diatasi dan diobati. Sebab lovebird lomba yang OB dan gesek tangkringan jika tidak diobati tentu saja tidak layak lagi untuk dilombakan. Karena pasti tidak akan bisa tarung atau tidak mau  ngekek panjang ketika digantang.
Cara Jitu Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang)
Lovebird Ngleper

Cara mengatasi lovebird gesek tangkringan

Cara paling ampuh untuk mengatasi lovebird gesek tangkringan adalah dengan menurunkan birahinya terlebih dahulu. Nah, cara menurunkan birahi lovebird silahkan adalah dengan menurunkan birahi lovebird tersebut. Setelah turun dan stabil, maka bisa dilakukan beberapa hal untuk menghilangkan kebiasaan buruk lovebird gesek tangkringan. Caranya ada di bawah ini

1.  Singkirkan tangkringan dari dalam sangkar

Ambil tangkringan dari dalam kandang dan biarkan lovebird di dalam sangkar tanpa tangkringan. Jika sudah tidak ada tangkringan maka lovebird sudah tidak bisa lagi gesek tangkringan. Akan tetapi bisa saka malah menggesek jeruji sangkar. Tapi jangan khawatir, bila birahinya sudah turun dan stabil maka kebiasaan tersebut akan berkurang atau bahkan hilang sama sekali.
Saat sangakar tanpa tangkringan maka untuk semantara burung tidak bertengger. Biarkan lovebird tidur dan ngruji atau nemplok di jeruji bisa juga diam di alas sangkar selama terapi ini. Hal positifnya saat di dalam sangkar tanpa tangkringan, maka lovebird cenderung lebih aktif. Burung akan  bergerak terbang ke atas dan ke bawah atau merambat sehingga secara tidak langsung membuat lovebird bergerak dan berolah raga. Sehingga otomatis akan membakar lemak sekaligus menguatkan otot-ototnya. Jika lovebird sudah terlihat tenang dan dan tidak lagi menggesek-gesek maka sudah boleh memasang kembali tangkringan ke dalam sangkar.

2. Hentikan pemberian EF (ekstra fooding)

Lovebird lomba yang over birahi dan gesek tangkringan sebaiknya hentikan pemberian ekstra fooding yang merangsang over birahi. Seperti sayur kangkung, jagung muda, dan kuaci atau biji bunga matahari. Untuk sementara waktu cukup beri pakan pokoknya saja berupa millet putih saja. Pemberian milet  hingga lovebird benar-benar stabil dan  kembali normal.

3. Beri ekstra fooding dan vitamin penurun birahi

Perlu diketahui bahwa ekstra fooding terdiri dari dua macam, yakni ektra fooding untuk mendongkrak birahi dan ada ekstra fooding untuk menurunkan birahi. Ekstra fooding untuk menurunkan birahi lovebird adalah buah mentimun dan daun kemangi. Jadi untuk beberapa saat berikan EF berupadaun kemangi dan buah mentimun. Berikan secara bergantian sebagai ekstra fooding hingga birahi lovebird kembali normal.

4. Sering mandi

Lovebird over birahi dan gesek tangkringan harus sering dimandikan. Jika biasanya hanya satu kali dalam sehari, maka saat OB  bisa mandikan sampai 3 kali sehari, pada pagi, siang, dan sore hari secara rutin. Sebab mandi sampai basah kuyup menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menurunkan birahi lovebird.

5.  Terapi mandi malam

Terapi mandi malam ini efektif untuk menstabilkan birahi burung lovebirdmaupun burung kicauan lainnya. Maka terapi mandi malam ini cocok dierapkan untuk gacoan. Selain dapat menstabilkan birahi burung, juga memiliki banyak manfaat rahasia bagi burung.

6. Gunakan kandang umbaran

Olahraga burung di kandang umbaran sangat penting, selain untuk menurunkan tingkat birahi lovebird juga dapat meningkatkan stamina lovebird. Selain itu dapat memperpanjang nafas, memperpanjang kekekan, dan membakar lemak. Biasakan lovebird terbang bolak-balik di kandang umbaran rutin setiap harinya atau minimal dua kali seminggu. Kecuali saat lovebird hendak digantang, sebaiknya jangan diumbar terlebih dahulu, cukup dengan settingan lomba saja.

7.  Mengganti tangkringan

Kembali ke point pertama, jika tidak tega dengan lovebird tanpa tangkringan, maka solusinya mengganti tangkringannya dengan yang lebih besar. Sebab dengan tangkringan besar, maka akan sulit bagi lovebird untuk menggesek-gesekkan supitnya ke tangkringan tersebut.

8. Mengawinkan lovebird/ Memasukkan ke dalam kandang koloni

Solusi yang terakhir jika dari ke tujuh cara di atas belum mempan untuk mengatasi lovebird gesek tangkringan. Sebaiknya segera kawinkan lovebird yang sedang over birahi tersebut. Sebab dengan dikawinkan maka birahinya segera turun karena telah tersalurkan sehingga bisa kembali stabil. Cara mengawinkan lovebird tersebut bisa dengan memasukkan lovebird over birahi ke dalam kandang koloni. Bisa juga dengan menyatukan sepasang lovebird ke dalam kandang kandang ternak.  

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mengatasi lovebird gesek tangkringan semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat membantu lovebirdmania dalam mengatasi permasalahan lovebird gestang akibat OB dan susah disembuhkan.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad