5 Fakta Menarik Tentang Burung Kenari. - bosskicau

Header Ads

5 Fakta Menarik Tentang Burung Kenari.

Suara burung kenari adalah sebagai daya tarik burung kecil ini. Sekilas bagi orang awam menganggap suara kenari hanya monoton itu itu saja. Namun sesungguhnya ada irama dan lagu yang  sangat unik dan asyik didengarkan. Bukan itu saja, burung kenari juga mempunyai daya tarik lain yaitu dari warna bulunya yang indah dan bentuk postur kenari yang menawan. 
5 Fakta menarik tentang burung kenari.
burung kenari
               Beberapa jenis burung kenari telah dimpor dari negara Belanda ke Indonesia. Sebelumnya mendatangkan burung kenari dari negara Inggris, Jerman, dan Belgia. Pada perkembangannya kemudian kenari import tersebut dikawinkan dengan kenari lokal sehingga menghasilkan beberapa jenis lainnya. Yang populer adalah burung kenari F1 jasil silangan burung kenari impor dengan kenari lokal.
           Burung kenari  dengan nama binomial Serinus Canaria, pertama ditemukan oleh Pelaut Perancis bernama Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Bhwa nama burung kenari tidak ada hubungannya sama sekali  dengan buah kenari, tetapi diambil dari nama pulau di mana habitat aslinya. Pulau tersebut adalah Kepulauan Canary. Kepulauan itu diberi nama dari bahasa Latin canarias, yang artinya (pulau) anjing. Mungkin  karena banyaknya anjing liar yang berada di sana pada zaman itu.     

Klasifikasi ilmiah burung kenari :
  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Aves
  • Ordo : Passeriformes
  • Famili : Fringillidae
  • Genus : Serinus
  • Spesies : S. canaria
  • Nama binomial : Serinus canaria. 
    5 Fakta menarik tentang burung kenari.
    kenari merah
Fakta menarik tentang burung kenari :
  1. Kicau burung kenari  yang unik pada perkembangannya kini menjadikan kenari semakin populer di tengah masyarakat burung di tanah air.  
  2. Budi daya kenari tergolong mudah dengan tingkat keberhasilan yang baik. Perkembangan kenari juga semakin tinggi karena banyak peternak yang membudidayakannya. 
  3. Harga kenari juga cukup berfariasi dan sangat terjangkau. Harga kenari dengan kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung  jenis dan kualitasnya. Burung kenari jantan akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Karena kelebihannya yang bisa berkicau. Sedangkan burung kenari betina relatif lebih murah karena permintaannya juga rendah. Namun demikian kenari betina juga sangat dicari oleh para peternak kenari.
  4. Burung kenari mudah perawatannya. Karena untuk kenari rumahan tidak memerlukan penanganan yang istimewa. Hanya memerlukan rawatan harian kenari yang simpel dan mudah. Yang utama adalah pemberian makanan burung kenari berupa bijian. Bijian adalah  makanan utama burung kenari. Sedangkan pakan lain seperti sayur, buah dan telur puyuh adalah makanan tambahan atau ekstra fooding.
  5. Kenari rentan pada penyakit, khususnya adalah penyakit karena jamur yang menyerang kulit kaki kenari. Jamur menyerang kaki burung kenari menyebabkan pembengkakan atau bubul. Penyakit ini tidak membahayakan atau mematikan, namun penyakit ini sangat mengganggu aktifitas burung kenari. kebersihan adalah kunci untuk mencegah terhangkitnya jamur pada kaki burung kenari.
Inilah sedikit ulasan tentang fakta unik burung kenari. Semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi kicau mania dan para pembaca sekalian.
SALAM KENARI MANIA!

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad