Tips Jitu Proses penjodohan mozambik - bosskicau

Header Ads

Tips Jitu Proses penjodohan mozambik

Tips Jitu proses penjodohan mozambik - Apabila ada sepasang  burung mozambik yang sudah jodoh, maka Anda dapat lebih cepat mudah untuk memulai usaha penangkaran. Tetapi apabila Anda memulai dengahn membeli calon indukan yang masih  terpisah, maka Anda harus menjodohkannya dulu.
Tips Jitu Proses penjodohan mozambik
mozambik jantan

Baca dulu : Mozambik burung kecil dengan suara indah

Proses penjodohan mozambik.

Proses penjodohan sepasang mozambik sebenarnya mudah dilakukan, bahkan tidak perlu masa perkenalan ( pra – penjodohan ). Maksudnya seperti dengan mendekatkan antara sangkar betina dan sangkar jantan.  Tanpa pra penjodohan, Anda hanya tinggal memasukkan burung mozambik  jantan dan betinanya dalam sangkar yang sama.
Apabila penjodojan sudah dilakukan biasanya, dalam beberapa hari keduanya sudah terlihat berjodoh. Apabila sudah berjodoh akan ditandai dengan aktivitas tidur berdekatan dan makan bersama  antara mozambik jantan dan betinanya.
Tips Jitu Proses penjodohan mozambik
ciri-ciri mozambik jantan dan betina


Baca dulu : Ciri-ciri Mozambik Jantan dan Betina

Tip Jitu Mengatasi mozambik yang sulit berjodoh

Sebenarnya burung mozambik adalah burung yang mudah sekali berjodoh. Apabila induk jantan dan betina tidak berjodoh, itu mungkin ada sesuatu yang tidak wajar pada kedua atau salah satu dari mozambik tersebut. Untuk mengetahuinya bisa  dan memastikan burung tidak berjodoh dapat diamati dalam kurun waktu 1 minggu. Apabila sudah melewati batas waktu 1 minggu, maka Anda dapat melakukan beberapa terapi berikut ini:
  • Pisahkan kedua burung mozambik tersebut, dan pisahkan dengan sangkar berbeda.
  • Sangkar diusahakan diberi sekat dan ada jarak, agarkedua calon induk tidak saling melihat.
  • Setelah satu atau dua hari sangkat boleh didikatkan, apabila  saat tidur terlihat saling mepet  dan mendekat pada sankar yang berbeda, itu menandakan keduanya mulai berjodoh.
  • Apabila kedua burung sudah terlihat saling suap, maka keduanya disa mulai disatukan kembali dalam satu sangkar.
  • Sediakan sangkar beserta kelengkapan berupa sarang, selanjutnya tunggu induk betina sampai bertelur dan mengerami telurnya.
Agar pasangan mozambik yang baru berjodoh merasa nyaman dan tenang, usahakan sangkar penangkaran diletakkan pada tempat yang tenang. Pilih tempat yang bebas dari kebisingan dan lalu-lalang orang lewat. Agar lebih nyaman disa juga dengan menambahkan tutup pada sanglar dengan kain atau plastik.
Tips Jitu Proses penjodohan mozambik
mozambik
Setelah berjodoh dan merasa nyaman maka  burung mozambik akan mulai membangun sarangnya. Setelah sangkar atau susuh  jadi maka burung betina akan bertelur antara 2 - 4 butir. Telur akan dierami selama kurang lebih 12-13 hari. Selama betina mengeram maka burung mozambik  jantan akan menjaga sarangnya. Selain itu juga  memberi makan pada betina. Saat betima keluar sarang untuk makan sang jantan akan membalikkan telur-telurnya.
Setelah 12 hingga 13 hari telur akan menetas, maka  Anda dapat jadi pengasuhannya dengan memberi makan dengan spet dengan cara metode handfeeding. Atau dibiarkan alami untuk diasuh induknya hingga selesai meloloh atau disapih induknya. Biasanya piyik mozambik akan meninggalkan sarangnya setelah berumur 16 – 18 hari. Tetapi anakan benar-benar bisa makan sendiri  setelah  berumur  lebih dari 45 hari.
Inilah sedikit tips jitu proses penjodohan mozambik hingga menghasilkan anakan mozambik yang sehat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad