Menguak Kebenaran Asal-Usul Kenari Gunung atau Mountain Serin - bosskicau

Header Ads

Menguak Kebenaran Asal-Usul Kenari Gunung atau Mountain Serin

Menguak Kebenaran Asal-Usul Kenari Asli Indonesia - Kenari endemik Indonesia yang juga populer disebut kenari Gunung atau Mountain Serin. Jenis burung ini menjadi perhatian para penggemar burung di tanah air.  Tak jarang juga hingga menimbulkan sedikit perdebatan hangat, yang  menjadi perdebatan adalah tentang apakah mountain serin  tersebut adalah burung asli Indonesia atau burung migran. Karakter fisik burung ini berukuran kecil dengan panjang sekitar 11 cm, berwarna kuning cerah dan abu-abu. 

Baca juga : Kenari Asli Indonesia Ada Di Dieng kenari asli indonesia

Pada burung montain serin jantan dengan ciri  sebagai berikut:

  • Dahi dan dada dengan berpita kuning dan ada coret hitam.
  • Tunggir berwarna kuning terang,
  • Sayap hitam dengan mantel abu-abu,
  • Tenggorokan hitam,
  • Perut putih bercoret hitam.
Menguak Kebenaran Asal-Usul Kenari Gunung atau Mountain Serin
 Asal-Usul Kenari Gunung atau Mountain Serin
Sedangkan burung montain serin betina hampir mirip jantan tetapi pada bulu tunggir berwarna kuning sedikit suram dan dada polos sedikit ada bintik. 
            Burung kenari melayu atau kenari gunung ini dengan karakter suara kicauannya bergemerencing. Kicauannya pendek - pendek  berbeda dengan suara kenari pada umumnya. Kicauannya yang dikeluarkan saat terbang dan juga punya suara cicitan tajam. Ada beberapa sumber menyebutkan bahwa penyebaran burung kenari gunung, montain serin atau kenari melayu ini ada dua penyebaran, yaitu :

  1. Secara global adalah di sekitar Filipina, Sulawesi, Sumatera dan Jawa.
  2. Secara lokal ada di  sekitar Sumatera dan hanya terlihat di daerah Padang dan semak-semak alpin di Gunung  Leuser dan sekitarnya. Di Pulau Jawa ditemukan di beberapa gunung seperti Gunung  Pangrango, Gede, Slamet, Lawu, Papandayan, Dieng, dan kawasan Gunung  /pegunungan Tengger.
            Burung kecil ini kebiasaannya menyendiri tetapi kadang juga terlihat ada dalam kelompok - kelompok kecil . Mereka terbang bergerombol dan hinggap di puncak semak - semak kecil, di padang rumput alpin, kadang juga  hinggap di dataran tanah. Kenari gunung ini akan turun dari  ketinggian menuju yang lebih rendah untuk berdiam semak Strobilantus cernua atau blume. Mereka turun  untuk mencari makan sewaktu semak - semak sedang berbuah lebat. 
Menguak Kebenaran Asal-Usul Kenari Gunung atau Mountain Serin
 Kenari Gunung atau Mountain Serin

            Burung kenari melayu montain serin atau kenari gunung ini selalu menghindari manusia. Karena karakternya yang pemalu. Nurung akan segera  terbang dengan cepat saat ada yang mendekat dengan cara terbang bergelombang, naik turun seperti kawanan  burung pipit.
            Inilah sekelumit tentang kenari gunung, mountain serin atau kenari melayu dan yang populer dengan sebutan kenari aseli Indonesia.  Dijelaskan secara singkat bahwa sebarannya adalah meliputi beberapa kawasan di Indonesia. Namun dari beberapa sumber juga masih mempertanyakan apakan burung ini asli Indonesia? Karena burung ini tidak setiap saat terlihat. Beberapa sumber baik dari pengamat burung juga para pemikat burung di daerah Wonosobo dan sekitar Dieng menyebutkan burung ini burung musiman. Karena tidak setiap saat terlihat. Nah ini menjadikan pertanyaan apakah benar burung ini asli Indonesia atau hanya burung migrasi dari tempat atau wilayah lain.

             Nah, menguak kebenaran asal-usul kenari gunung atau mountain serin untuk menjawabnya diperlukan waktu yang panjang agar dapat melakukan pengamatan, penelitian sebagai bukti atas kebenaran asal usul burung kenari gunung ini. 

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad