Lovebird gestang (gesek tangkringan) tetap bisa produksi - bosskicau

Header Ads

Lovebird gestang (gesek tangkringan) tetap bisa produksi

Lovebird gestang (gesek tangkringan) tetap bisa produksiAda kekhawatiran dari peternak dan penggemar lovebird bahwa  lovebird gestang tidak akan bisa produksi atau berkembang biak.  Karena ada  mitos yang berkembang di kalangan peternak lovebird bahwa lovebird jantan atau betina yang gesek tangkringan (gestang) tidak dapat produksi. Hal ini  tidaklah benar dan terbantahkan. Terbukti banyak pemilik lovebird termasuk  saya sebagai penulis membuktikan lovebird gestang tetap aman berprooduksi. Kebetulan yang dalami pwnulis adalah lovebird jantannya yang gestang tetapi produksinya tetap aman dan lancar. Pada kenyataannya lovebird jantan gestang  tersebut tetap bisa mengawini lovebird betina dan berisi. Setelah dierami dan sampai pada waktunya telur menetas dan  menghasilkan anakan normal.


Lovebird gestang (gesek tangkringan) tetap bisa produksi
lovebird gestang
            Kebiasaan gesek tangkringan terjadi pada lovebird jantan atau betina? Umumnya adalah terjadi pada lovebird jantan yang paling banyak gestang. Tapi ada juga, lovebird betina juga yang gestang. Hanya saja sangat jarang  ditemukan lovebird betina ada yang gestang. Mengapa terjadi lovebird gesek tanggkringan, terjadi karena beberapa sebab antara lain:

  1. lovebird jantan mengalami overbirahi dan tidak segera dijodohkan
  2. lovebird yang sudah jodoh tapi yang jantan over birahi dan betinanya belum mau kawin.
            Penyebab yang kedua ini sering terjadi  pada lovebird karena pada awalnya lovebird jantan yang telah mencapai  birahi. Tetapi tidak segera diksinksn dengsn betina yang sudah siap kawin. Sehingga birahinya tidak turun karena tidak tersalurkan, akibatnya lovebird mengawini tangkringan. Selanjutnya ini menjadi kebiasaan setiap hari lovebird gestang terus.
        Jika lovebird sudah terlanjur gesek tangkringan segaralah melakukan penanganan agar birahi lovebird bisa turun. Salah satunya dengan cara memandikannya. Lakukan terapi mansi sampai basah pada pagi hari kemudian dijemur sampai kering. Selain itu harus hindari pakan yang mengandung protein tinggi. Karena protein tinggi akan  menyebabkan birahi lovebird menjadi tinggi. Pakan yang mengandung protein tinggi seperti jagung muda, kwaci, tauge, juga kangkung.
Lovebird gestang (gesek tangkringan) tetap bisa produksi
lovebird gesek tangkringan

            Demikianlah sekilas penjelasan tentang Lovebird gestang (gesek tangkringan) tetap bisa produksi. Jadi tentang pemikiran bahwa lovebird gestang tidak bisa produksi adalah  tidak benar. Kemudian disampaikan juga bahwa penyebab lovebird yang gestang adalah karena birahi yang tinggi. Cara mengatasi lovebird gestang karena birahi tinggi  bisa diturunkan dengan memandikan sampai basah kuyup. Selain iotu juga dengan  diberi pakan yang standar seperti milet putih serta hindari pakan tambahan yang berprotein tinggi seperti jagung muda, kangkung, dan lain sebagainya. 

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad