Jenis Burung Branjangan dan Ciri-ciri Sesuai Asalnya - bosskicau

Header Ads

Jenis Burung Branjangan dan Ciri-ciri Sesuai Asalnya

Jenis Burung Branjangan  - Burung branjangan banyak disukai para kicau mania di mana – mana. Selain karena keunikannya juga harga burung branjangan yang sangat terjangkau. Branjangan merupakan jenis  burung kicauan yang mudah dan pandai menirukan suara burung kicau lainnya. 
          Suara alasan atau lagu asli burung di alam berbunyi  “cit” , “cek” atau “cik” , “tir”. Yang paling unik dan istimewaan dari  branjangan dan tidak dimiliki burung lain ialah kemampuannya berkicau sambil terbang di tempat atau  hovering. Di alam habitatnya, burung branjangan biasa terbang terus membumbung ke atas sambil berbunyi atau berkicau. Melakukan hovering dengan terbang ke atas sambil terus berbunyi sampai ketinggian tertentu sampai tidak terlihat, setelah itu akan meluncur kembali ke tanah.Bisa dibayangkan bukan? Pasti sangat menarik jika melihatnya.

Ciri – Ciri Burung Branjangan Sesuai  Asalnya
branjangan jambul


Habitat Branjangan

        Branjangan termasuk kerabat Alaudidae  dan masih ada sekitar 75 jenis burung dalam kerabatnya. Burung ini termasuk burung darat atau burung tanah, istilah asingnya adalah ’bushlark’. Atau sebagai burung semak kecil yang lincah. Makanan burung branjangan ini adalah berupa  biji - bijian, serangga, dan pucuk daun muda. Musim berkembang biaknya adalah pada sekitar  bulan Maret hingga September. Masa puncaknya  pada  Maret hingga Agustus. Produktifitas burung  branjangan termasuk tinggi  kawin dan bertelur bisa tiap bulan.
         Habitat  branjangan pada tempat - tempat yang bersemak pada dataran yang  kering dan gersang, kawasan berbatu karang dan pegunungan pasir. Di Jawa saat  musim tebang tebu dan musim panen kedelai, branjangan akan muncul kemudian akan membuat sarang di kawasan yang  kering dan bebatuan. Burung ini menyukai tempat - tempat yang kering di tanah gersang berbatu karang dan gunung – gunung pasir. Burung ini terkenal sebagai burung petengger atau passerin di atas batu iniasalnya  dari Asia dan Afrika. Di Indonesia branjangan berkembang di wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Bali, Kalimantan Selatan hingga Irian Jaya.
Ciri – Ciri Burung Branjangan Sesuai  Asalnya
branjangan jantan

Jenis Branjangan dan ciri-cirinya Sesuai Asalnya

                Branjangan yang ada dan kita lihat  di pasar – pasar pada umumnya berasal dari beberapa daerah. Justru sedikit dan jarang branjangan lokal atau yang berasal dari Jawa. Burung branjangan lokal atau dari Jawa yaitu Mirafra Javanica sangat diburu para penggemar karena terkenal kualitasnya lebih baik. Sedangfkan  branjangan yang ada di pasar – pasar kebanyakan berasal dari Nusa Tenggara dan Sumatra. Di kalangan kicau mania, branjangan yang disukai dan populer adalah yang berasal dari Jawa atau istilahnya branjangan lokal. Beberapa asal burung branjangan dan ciri – cirinya adalah sebagai berikut :

  1. Branjangan Petanahan, Kali Ori  
           Berasal dari daerah Jogja tepatnya dari daerah Wates, Kulon Progo. Burung dari Jawa disukai             karena mempunyai kelebihan dan karakter atau  memiliki ciri-ciri yang disukai oleh para                     penggemar branjangan. Adapun cirinya antara lain adalah :
    • mental berani
    • badan yang besar
    • volume suara keras
    • variasi suara beragam
    • corak batik atau warna nulu  yang menarik, coklat kemerahan atau kekuningan.
  1. Branjangan Sapan
Dari wilayah Sapan Jawa Barat ini adalah  maskot bagi para penggila Branjangan. Branjangan dari daerah Sapan kondang  dengan suaranya yang nyaring mengkristal selain itu ada keistiewaan karena jambul paten yang istimewa. Ciri  fisiknya adalah sebagai berikut :
    • berukuran 12-13 cm, sedang tidak terlalu besar.
    • Pola batik pada bulu berpola cenderung gelap dengan corak batik kehitaman mirip branjangan dari NTB dan Sumbawa.
  1. Branjangan Sri Kayangan
Dari wilayah Sri Kayangan Wates, Kulonprogo , Jogjakarta memiliki daya tarik tersendiri  karena memiliki ciri fisik yang lebihspesifik. Adapun cirrinya adalah sebagai berikut:
    • Fisiknya  besar
    • warna dan pola batik unik dan menarik.
  1. Branjangan dari Nusa Tenggara
Sesuai namanya juga berasal dari Nusa Tenggara memiliki ciri yang berbesa denagn yang lainnya. Adapun cirinya adalah sebagai berikut :
o   Corak warna bulu yang lebih pekat
o   Ukuran tubuhnya sedikit lebih kecil dari yang lainnya, yaitu antara  10-12 cm.
Ciri – Ciri Burung Branjangan Sesuai  Asalnya
burung branjangan 

Ciri – ciri  branjangan jantan dan betina

  • Jantan bisa dilihat dari warna tubuhnya coklat agak tajam dan bulunya tebal. Begitu pula warna paruhnya hitam mengkilat, paruh bagian bawah terlihat putih atau terang sementara. Jika melihat burung sejenis maka  jambul dikepalanya akan berdiri tegak dan terlihat  lebih gagah.
  • Betina warna bulunya agak kusam. Betina juga memiliki jambul, sehingga jangan terkecoh, . Bedanya, jambul betina lebih pendek, warna pruhnya terlihat gelap atau hitam atau kecoklatan . Volume suaranya sama-sama keras, namun suara betina terputus-putus dan kurang variasinya.
Inilah sekilas ulasan tetang Jenis Burung Branjangan Sesuai  Asalnya. Branjangan adalah burung yang sangat unik yang sagat cocok dijadikan koleksi para kicau mania di mana - mana.



No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad