Cara praktis membedakan lovebird import dan lokal - bosskicau

Header Ads

Cara praktis membedakan lovebird import dan lokal

Cara praktis membedakan lovebird import dan lokal - Cara   yang paling mudah membedakannya adalah dengan melihat ring di kakinya. Lovebird import dengan ring khusus yang terpasang di kaki. Ring yang terpasang sebagai penanda identitas atau asal usul,  nama peternak / farm juga asal negaranya. Dengan identitas yang ada pada ring baik nomor seri, nomor hp, juga nama dapat dilacak asal-usul ring tersebut. Caranya adalah :
  1. Bantuan mesin pencari google. Caranya tinggal entri kode tersebut jika memang terdaftar maka akan muncul identitas sebagaimana yang kita inginkan.
  2. Membaca kode ring
  3. Melihat Fisik Lovebird.
    Cara praktis membedakan lovebird import dan lokal
    lovebird import

Jika tidak ada ring di kaki lovebird

            Apabila di kaki lovebird tidak terdapat ring, maka akan sedikit susah untuk membedakan lovebird import atau lokal. Pemahaman dan pengetahuan tentang lovebird memang perlu pengalaman dan belajar banyak. Karena masih banyak penggemar lovebird yang selama ini berkecimpung di dunia lovebird masih kesulitan membedakan lovebird import dan lokal. Karena perbedaaanya sangat tipis dan seakan tidak ada perbedaan. Tetapi ada sedikit ilmu untuk membedakannya yaitu dilihat sedara fisik seperti warna bulu dan ukuran tubuhnya. Warna burung lovebird import cebderung lebih tajam dan ukuran tubuhnya lebih jumbo.
            Memang cukup sulit untuk membedakan keduannya dengan hanya elihat secara fisik saja tanpa melihat ring. Karena dari segi fisik hampir-hampir semua lovebird sama, baik yang berasal dari Afrika atau yang dikembang biakkan di Amerika. Demikian juga  dari suaranya pun relatif sama. Namun ada sedikit perbedaan pada lovebird yang berasal dari Taiwan cenderung dengan suara yang kasar dan keras dibandingkan lovebird lokal.
Cara praktis membedakan lovebird import dan lokal
lovebird mangsi import

Ring lovebird import di kaki kiri

            Pemasangan ring pada lovebird import kebanyakan di kaki kiri selama ini belum ditemukan rujukan mengapa kebanyakan rin di kaki kiri. Bisa saja karena  peternak di luar negeri terbiasa dalam kehidupan sehari-hari tidak ada etika menggunakan tangan kanan atau kiri. Seperti yang kadang kita lihat saat makan saja menggunankan tangan kiri. Begitu juga pada kendaraan,  mobil berjalan di jalur  kanan dengan  setir yang  berada di sebelah kiri. Ini jelas berbeda dengan kebiasaan etika kita menggunakan yang kanan. Ini hanya sekedar memberikan alasan mengapa pemasangan cincin lovebird import ada di kakai kiri. Sedangkan  peternak kita cenderung memasang ring pada kaki anajan baik pada lovebird atau cindil / anakan burung lain burung pada kaki sebelah kanan.
Cara praktis membedakan lovebird import dan lokal
lovebird non klep import

Cara Membaca Ring Lovebird import

Sebagaimana dijelaskan dalam Komunitas lovebird Jabodetabek bagaimana cara membaca ring burung Eropa. Sebagai contoh adalah ring dari Belanda :

  • AB 1111 7 002 001 NL’. Cara membaca kode tersebut  adalah sebagai berikut :
  • AB adalah Algemene Nederlandse Bond van Vogelhouders ANBvV
  • (Asosiasi Umum Pemelihara Burung Belanda)
  • Dengan Kode ring : ‘AB 1111 7 002 001 NL’
  • AB adalah Kode Klub
  • 1111 adalah Kode Anggota, contoh ini anggota nomer 1111
  • 7 adalah Kode Ukuran Ring, disini no. 7
  • 002 adalah Kode Nomer Induk burung, di sini burung nomer 2
  • 001 adalah Kode Nomer Produksi burung, di sini burung lahir tahun 2001
  • NL adalah Nederland, lokasi negara anggota, di sini adalah NL/Belanda
Cara membaca kode ring tersebut adalah:
Bahwa burung yang menggunakan cincin tersebut adalah berasal dari klub AB. Burung tersebut diproduksi oleh anggota dengan  nomer 1111, menggunakan ring dengan ukuran 7, burung dengan nomer induk 2, lahir pada  tahun 2001  dan lahir di negara jode NL atau Nederland (Belanda).
Cara praktis membedakan lovebird import dan lokal
ring burung import
            Demikian tulisan tentang pembahasan seputar cara praktis membedakan lovebird import dan lokal jika dilihat dari ring yang terpasang di kaki. Dari identitas atau  nama yang tertera pada ring dan nomor di ring lovebird tersebut dapat juga kita lacak di  google. Dengan bantuan google kita bisa lacak untuk mengetahui asal usul burung lovebird atau peternak tersebut. Jika tidak ada ring di kaki lovebird, maka bagi pemula akan sulit mengetahui jenis, riwayat atau asal-usul lovebird tersebut. Tetapi pasti dengan terus menggali pengetahuan tentang lovebird maka feeleng kita akan semakin tajam dan dapat membedakan mana lovebird import tulen mana lovebird lokal tulen. Semoga bermanfaat bagi lovebird mania dan seluruh pembaca di mana-mana.


No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad