Cara Ampuh Menjodohkan lovebird Cepat Kawin - bosskicau

Header Ads

Cara Ampuh Menjodohkan lovebird Cepat Kawin

Ada trik jitu dan cara ampuh menjodohkan lovebird cepat kawin -  Perjodohan lovebird menjadi tahapan terpenting dalam suatu usaha atau penangkaran lovebird. Kita harus perhatikan dengan cermat apakah burung lovebird yang dijodohkan sudah benar-benar berjodoh. Tidak hanya sekadar berpasangan dalam satu sangkar. Karena tidak ada jaminan kepada  burung lovebird yang sudah berpasangan dalam satu kandang pasti berjodoh.
Cara Ampuh Menjodohkan lovebird Cepat Kawin
Umbaran lovebird


Saat menjodohkan lovebird harus diperhatikan dengan seksama. Walau terlihat rukun belum tentu sudahjodoh. Mungkin hanya karena kedua burung tersebut jenisnya jinak jadi tampilannya juga tenang tidak jarah. Jangan sampai sudah dianggap jodoh tetapi tidak menghasilkan. Karena bisa saja terjadi dua lovebird yang dijodohkan dari jenis kelamin yang sama.
Kasus di atas  sering dialami oleh penangkar burung lovebird, khususnya penangkar yang masih pemula. Pasangan lovebird yang sudah ditunggu sekian lama ternyata tidak jodoh, boro-boro sampai bertelur. Bahkan tak sedikit kejadian tentang telur kosong. Induk lovebird  sudah bertelur, kadang jumlahnya juga sangat banyak. Dianggapnya  indukan lovebird yang produktif, ternyata saat ditetaskan tak menetas.
Cara Ampuh Menjodohkan lovebird Cepat Kawin
umbaran lovebird
Dari persoalan – persoalan yang  timbul terebut, maka harus diketahui apakah kedua induk lovebird  sudah berjodoh.  Ada cara hebat agar kita tidak tertipu oleh tingkah sepasang lovebird  yang terlihat seperti sudah berjodoh tetapi tidak kunjung produksi.  Bisa jadi keduanya dengan jenis kelamin yang sama. Caranya adalah dengan memperhatikan ciri - ciri jenis kelamin lovebird  berikut ini:

1. Bentuk ekor

·    Perhatikan pada  ujung ekor lovebird  yang terlihat lebih lancip (runcing) cenderung berjenis kelamin /jenkel jantan.  
·    Sedangkan pada  burung lovebird  betina ujung ekornya mengembang atau lebar / tumpul.

Pengetahuan ini sebagai senjata bagi peternak agar mendapatkan petunjuk jenis kelaminnya. Meski bukan bersifat mutlak, setidaknya bisa meminimalisir kesalahan.

2. Bentuk sayap

Ujung sayap juga sering dijadikan tengara atau penanda dalam membedakan jenis kelamin burung lovebird.
·        Pada burung jantan, ujung ekornya  sering terlihat menyilang.
·        Sedangkan pada burung betina dalam posisi terbuka atau tidak menyilang.
Selain  menggunakan cara - cara tersebut di atas, juga ada cara lain yang bisa secara jenis kelamin burung, yaitu dengan melihat perilakunya. Detailnya adalah sebagai berikut:

Proses perjodohan lovebird

  1. Sangkar polier

Ada yang suka menggunakan sistem koloni, yaitu dengan menggunakan kandang besar. Beberapa lovebird jantan dan betina  dilepas dalam satu kandang besar tersebut. Secara alamiah maka lovebird alan mencari pasangannya sendiri. Cara ini cukup menjanjikan karena burung akan leluasa mencari jodohnya. Tetapi cara ata sistem koloni memerlukan dana yang cukup besar karena harus menyedikan sangkar besar dan lovebird yang banyak.

      2. Sangkar Sekat

Untuk dua ekor lovebird yang belum jodoh dapat menggunakan sangkar burung yang dilengkapi sekat. Kalau tidak bisa mengguanakan dua sangkar yang didekatkan dengan memberi sekat. Sekat tersebut  berfungsi sebagai pembatas lovebird  agar tidak  saling berinteraksi secara langsung.Kemudian pertimbangan lain adalah untuk  mencegah jangang sampai burung saling menyerang.
Cara Ampuh Menjodohkan lovebird Cepat Kawin
umbaran burung

Setelah proses perjodohan selesai maka selanjutnya adalah mengamati tahap demi tahap dalam proses perjodohan tersebut. Amatilah apakah keduanya sudah benar-benar jodoh, yang biasanya ditandai dengan saling mendekat, meloloh. Dan apabila sudah benar benar saling tertarik maka bisa dipisahkan dari polier atau yang menggunakan sangkar sekat, maka sekat boleh dibuka. Nah, inilah Cara Ampuh Menjodohkan lovebird Cepat Kawin. Semoga bermanfaat bagi lovebird mania  dimana-mana.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad