5 Burung paling populer di tanah air - bosskicau

Header Ads

5 Burung paling populer di tanah air

5 Burung paling populer di tanah air - Indonesia sangat kaya dengan aneka ragam flora dan fauna. Aneka ragam tanaman dan satwa bertebaran di seluruh penjuru tanah air. Tentu saja terdapat berbagai jenis burung  di seluruh pulau – pulau  di Indonesia. Burung - burung ini tersebar mulai dari Aceh hingga ujung papua. Semua burung paling populer di tanah air  dengan keunikan masing - masing.
       Dari semua burung yang hidup dan tersebar di Indonesia, beberapa jenis burung ada di Pulau Jawa. Ada pula beberapa burung yang sebarannya di luar  kawasan pulau Jawa. Seperti Sumatra, Kalimantan, Bali hingga Papua.
Dari beberapa  jenis burung kicau yang ada bisa dibilang paling digemari atau paling populer di tanah air.  Agar tidak penasaran, akan dijelaskan jenis burung kicau apa saja yang populer, paling digemari, dan burung paling dicari. Mari disimak  ulasan selengkapnya.

  1. Lovebird

        Lovebird, burung paruh bengkok aneka warna atau burung cinta ini adalah merupakan salah satu jenis burung yang banyak dicari. Maka, Lovebird banyak dikembangbiakkan oleh penghobi burung. Tujuannya tidak hanya untuk mencari warna-warna baru dan langka. Semakin unik dan langka warna Lovebird, maka harganya akan semakin tinggi. Selain mencari warna – warna baru juga  mencari lovebird fighter. Lovebird fighter yang mampu tampil ngekek panjang di atas arena gantangan lomba.
5 Burung paling populer di tanah air
lovebird batman fichery


  1. Murai batu

       Murai Batu sebagai  salah satu jenis burung berkicau yang populer dan terkenal di Indonesia hingga mancanegara. Burung Murai Batu asal Indonesia memiliki keunikan tersendiri dengan ciri khas kicauannya yang tidak dimiliki oleh murai batu impor dari mancanegara.
          Murai Batu yang terpopuler dan banya dicari  adalah yang berasal dari pulau Sumatera. Murai batu asal Sumatra seperti Murai Batu Lampung, Murai Batu Medan, Murai Batu Aceh, Murai Batu Lahat, Murai Batu Jambi, dan Murai Batu Nias. Selain itu, ada juga beberapa jenis Murai Batu lain, seperti Murai Batu Kalimantan atau Borneo dan Murai Batu Jawa atau Larwo.
5 Burung paling populer di tanah air
murai batu

  1. Kacer

    Jenis Burung Kacer adalah burung ber kicau yang paling terkenal dan banyak dipelihara oleh para kicau mania di mana - mana. Burung berwarna hitam putih ini terkenal dengan beberapa nama, seperti Sekoci,  Kucica Kampung, dan Magpie Robin. Burung Kacer ini ada beberapa jenis, yaitu :
  • Kacer Lokal atau Kacer Jawa,
  • Kacer Sumatera atau Kacer Poci (sekoci)
  • Kacer Madagaskar,
  • Kacer Kalimantan
  • Kacer Blorok.
Baca juga : 2 Jenis Burung Kacer Terbaik

  1. kenari

                Burung Kenari dengan nama latin Serinus Canaria adalah merupakan salah satu jenis burung kicau yang paling terkenal dan populer di tanah air. Burung dengan warna – warna yang  cerah, seperti kuning, oren, hijau, putih, coklat, dan worna kombinasinya. Burung jecil  ini populer karena kicauannya yang khas. Kicauannya yang melengking, tajam, merdu dan bisa dengan variqasi isian burung kecil sejenis. Burung kenari mudah dalam perawatannya, dan relatif mudah ditangkarkan. Di Indonesia, hampir semua penggemar kicauan  memelihara burung Kenari.
                Burung Kenari juga bisa dibanderol dengan nilai mahar yang mahal. Tentunya dengan kriteria tertentu agar bernilai jual tinggi. Salah satunya adalah  apabila sudah pernah memenangkan suatu lomba. Namun, ada jenis burung Kenari yang memang sudah mahal harganya. Karena burung kenari tersebut memang telah memiliki kualitas yang baik. Kenari tersebut adalh kenari – kenari import yang memang berkualitas dan bisa dijadikan sebagai indulkan agar menurunkan anakan kenari yang berkualitas. Kenari import yang bernilai mahal antara lain adalah:
  • Kenari Yorkshire
  • Kenari Lancashire
  • Kenari Japan Hoso
  • Kenari Schotch Fancy

  1. Cucak Ijo

                Para penghobi burung atau kicau mania di Indonesia pasti kenal burung Cucak Ijo atau dikenal dengan Cucak Hijau. Alasan  ini bukan  karena bulu hijaunya yang menarik, tapi karena kicauan burung Cucak Ijo yang unik, sangat merdu dan gacor. Burung ini memiliki kemampuan berkicau yang tangguh dan memiliki fariasi suara yang lengkap.
                Burung ini dijuluki burung Daun karena warnanya hijau mirip daun. Burung ini terdapat  beberapa jenis dan tersebar hampir di seluruh penjuru Indonesia. Penyebarannya meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan hingga pulau Bali. Ada beberapa jenis burung Cucak Ijo di wilayah  Indonesia. Yaitu seperti :
  • Cucak Ijo Jawa atau yang terkenal dari Banyuwangi
  • Cucak Ijo Kalimantan, Cucak Ijo Sumatera
  • Cucak Ijo Kecil atau ijo Mini
  • Cucak Ijo Rante atau Cak Ranti.
Inilah ulasan singkat tentang 5 Burung paling populer di tanah air. Semoga bermanfaat.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad