2 Jenis Burung Kacer Terbaik Pilihan Kicaumania - bosskicau

Header Ads

2 Jenis Burung Kacer Terbaik Pilihan Kicaumania

2 jenis burung Kacer terbaikKacer pastinya sudah tak asing di kalangan kicau mania atau para pecinta burung berkicau. Burung ini dikenal dengan  Kucica Kampung atau lebih akrab disapa burung Kacer. Atau bahasa keren atau bahasa latinnya dengan sebutan Magpie Robin. Burung  ini merupakan salah satu jenis burung paling digemari dan  paling sering dipelihara oleh masyarakat di tanah air.
Hampir semua kicau mania dan  lelaki dewasa pada umumnya  mungkin sudah pernah memelihara dan merawat burung Kacer. Yah setidaknya pernah melihat dan mendengar suara kicauannya yang khas. Tentu saja alasan kocau mania memelihara burung Kacer ini cukup beragam. Ada yang mempunyai alasan karena menyukai suara burung Kacer, ada pula yang terpikat karena harga jual burung Kacer yang stabil dan menggiurkan.
Berbicara tentang burung Kacer, ternyata ada banyak  jenis burung Kacer. Dulu orang hanya mengetahui salah satu jenis burung Kacer, yakni burung Kacer Lokal atau kacer jawa. Karena di wilayah pulau Jawa paling banyak terdapat burung Kacer Lokal. Inilah mengapa, banyak kalangan kicau mania yang menyebut Kacer Lokal dengan nama Kacer Jawa.
Sesungguhnya  terdapat beberapa jenis burung Kacer yang hidup dan tersebar di wilayah Indonesia. Beberapa jenis kacer tersebut tidak hanya tinggal di salah satu pulau di Indonesia saja, tetapi  menyebar ke beberapa pulau lainnya. Burung kacer tersebar Kacer kebeberapa pulau lain  sampai ke pulau Kalimantan, Sumatera, juga Bali.
Burung Kacer yang hidup di luar pulau Jawa mempunyai nama yang berbeda satu dengan yang  lain. Agar tidak penasaran seperti apa jenis-jienis kacer yang ada,  berikut review beberapa jenis burung Kacer terbaik .

Kacer Sumatera

Kacer Sumatera mempunyai ciri khas yang mebedakan dengan kacer lain. Cirinya adalah:
1.   warna hitam pada bagian kepala, leher, punggung, dan ekor.
2.   Bagian tubuh lainnya tidak semuanya berwarna hitam. Tetapi, pada  bagian dada, perut, dan tengah sayap burung Kacer berwarna putih.
2 jenis burung Kacer terbaik
poci @tbparis.com
Jenis burung Kacer Sumatera atau terkenal dengan sebutan Kacer Poci adalah sebagai burung kicau yang pandai. Karena mempunyai kemampuan menirukan suara burung lain. Penyebaran burung Kacer Sumatera sudah meluas hingga ke negara lain seperti Malaysia, Filiphina hingga Nepal.

Kacer Jawa

Burung Kacer Jawa berasal dari pulau Jawa, tepatnya penyebarannya  di sekitar Jawa Timur. Namun, banyak kalangan juga yang menyebutkan bahwa burung kacer jawa ini juga ada di Bali. Logikannya karena Jawa Timur dan Bali tidak begfitu jauh letaknya, sehingga burung Kacer bermigrasi ke Bali.
2 jenis burung Kacer terbaik
kacer jawa @futura-sciences.com

Karakter fisiknya hampir semua didominasi warna hitam. Warna bulunya hampir mendekati burung Kacer Sumatera. Burung ini hanya memiliki warna putih yang ada di bagian sayap tengah.
Inilah sedikit review tentang 2 jenis burung Kacer terbaik, semoga bermanfaat.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad