Resep Pakan Lovebird Ternak dan Pakan Lovebird Lomba - bosskicau

Header Ads

Resep Pakan Lovebird Ternak dan Pakan Lovebird Lomba

Pakan Lovebird Ternak - Lovebird semakin populer dan banyak penggemar di tanah air. Burung lovebird mempunyai daya tarik baik dari warna bulunya, jinak dan karena kemampuan berbunyinya yang khas dengan kekek’annya. Kicauan khasnya yang berbunyi ngekek menjadikan banyak penggemar burung meliriknya. Kompetisi lovebird juga merebak di mana-mana. Baik untuk kontes fisik seperti kontes warna bulu juga posturnya. Sekarang  yang paling ramai dan menjadi tren di dunia kicau mania adalah lomba lovebird ngekek.
Resep Pakan Lovebird Ternak, Pakan Lovebird Lomba
makanan burung lovebird


Baca Juga : Tips Merawat Lovebird Panduan Lengkap Agar Juara Ngekek Panjang

            Tentu saja banyak faktor yang menjadikan lovebird ngekek panjang. Selain karena faktor darah atau keturunan juga tidak kalah pentingnya adalah karena faktor perawatannya. Agar lovebird bisa ngekek panjang menjadi juara dalam lomba, dibutuhkan perawatan yang tepat termasuk pemberian pakan tepat pula.  Pemberian pakan yang tidak tepat bisa berakibat buruk pada  lovebird itu sendiri. Sehingga dalam memelihara burung lovebird, anda perlu dasar pengetahuan tentang pakan lovebird agar burung menjadi sehat dab selalu vit. Kondisi vit tentu akan menjadikan lovebird rajin berbunyi ngekek panjang.

Ramuan Pakan lovebird agar ngekek panjang

            Ada bermacam-macam pakan lovebird untuk merangsang dan membuat lovebird kesayangan menjadi sehat dan vit. Ada beberapa pakan yang dapat berikan sejak dini, artinya sejak lovebird masih muda atau PAUD. Sejak muda atau bakalan sudah harus dikenalkan dengan jenis pakan tertentut. Sehingga lovebird tumbuh dewasa dan selalu vit menjadi burung jawara.
Pakan Tambahan atau Ekstra Fodding untuk anakan lovebird (PAUD)
            Sejak Burung lovebird masih muda usia kurang dari 4 bulan harus sudah mulai diberikan pakan tambahan atau  EF (Ekstra fooding) disamping pakan utamanya. 

Pakan tambahan yang cocok untuk anakan lovebird adalah :

  1. Daun kangkung
  2. Jagung muda
  3. Canary seed
  4. Gabah beras merah.
    Resep Pakan Lovebird Ternak, Pakan Lovebird Lomba
    pakan lovebird juara
            Pakan pokok untuk anakan lovebird harus dengan aturan dan komposisi yang tepat. Ini bertujuan untuk menjadilkan lovebird sehat dan tetap vit menjadikan lovebird mampu  ngekek panjang gacor.  Makanan pokok lovebird cukup diberikan milet putih, gabah beras merah, dan canary seet saja. Komposisi dari ketiga jenis pakan tersebut adalah sebagai berikut :
  • Milet putih : 5
  • Canary seet : 1
  • Gabah beras merah : 2
            Campurkan ketiga baha Milet putih, Canary seet, Gabah beras merah  menjadi satu ke dalam wadah hingga merata. Pakan ini bisa diberikan setiap hari dengan takatan maksimal ¾  dari ukuran wadah pakan. Pemberian paka setiap hari jangan berlebihan melebihi takaran. Karena ini justru bisa berdampak buruk pada lovebird. Lovebird menjadi kelebihan pakan kemudian eveknya adalah mglemak atau kegemukan. Lovebird nglemak akan menjadi burung pemalas karena aktifitasnya terganggu akibat kegemukan. Selain itu juga berakibat pakan akan berceceran dan terbuang percuma. Kemudian untuk pakan tambahannya atau lebih kerennya adalah Extra fooding berupa jangung muda cukup diberikan satu kali dalam seminggu. Kangkung bisa diberikan dua hingga tiga kali dalam seminggu.
            Pemberian pakan tambahan pada  lovebird akan lebih maksimal jika deberikan sejak usia dini atau PAUD.  Diberikan dengan takaran dan komposisi yang pas ketika lovebird sudah tumbuh dewasa dan siap lomba. Pemberian pakan yang tepat tersebut bisa menjadikan lovebird dengan  stamina dan mental lovebird yang tumbuh secara perlahan seiring bertambahnya usia.
Resep Pakan Lovebird Ternak, Pakan Lovebird Lomba
 ekstra fooding lovebird

Pakan lovebird dewasa siap lomba

            Ada perbedaan Pemberian pakan lovebird dewasa dengan lovebird muda. Alasanya karena kebutuhan nutrisi lovebird dewasa dan lovebird PAUD sudah berbeda. Makanan pokok yang tepat untuk lovebird dewasa siap gantang adalah sebagai berikut:
  • Milet putih : 2
  • Milet merah : 1
  • Canary seed : 2
            Komposisi ini diberikan untuk pakan setiap hari dengan takaran yang sama dengan lovebird muda yaitu ¾ wadah pakan setiap memberikan pakan. Alasannya agar pertumbuhan lovebird terjaga tidak nlemak dan pakan tidak terbuang sia-sia.  Sedangkan pemberian pakan tambahan  berupa jagung muda dan kangkung  menyesuaikan kebutuhan saja. Ketika menjelang lomba maka perlu penanganan khusus saat pemberian pakan agar lovebird tidak OB.

             Inilah sekilas bahasan mengenai pakan untuk lovebird, baik untuk lomba mauoun ternak. Harapan Admin akan ada efek baik dari materi ini dan membawa manfaat bagi pembaca sekalian. Salam Ngekek Indonesia!

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad