Ciri-ciri Edel Sanger Jantan Dan Betina - bosskicau

Header Ads

Ciri-ciri Edel Sanger Jantan Dan Betina

sanger@http://kicaumaniaindonesion.blogspot.com
Bosskicau.blogspot.com, Sebelum memelihara burung kecil ini maka perlu untuk mengetahui Ciri-ciri Edel Sanger Jantan Dan Betina. Edel Sanger (Serinus Leucopygius) merupakan salah satu burung yang memiliki keluarga jenis burung kenari. Kicau mania selain menangkar, atau  menikmati suara edel sanger, mereka juga menggunakan untuk memaster burung kenari. Tujuannya agar kenari mampu ngerol layaknya edel sanger. Edel sanger memiliki kemiripan dengan jenis burung import blacktroath, tetapi perbedaanya edel sanger tidak memiliki warna kuning di atas ekor. dan Selain itu pada bagian dadanya lebih terlihat ke abu-abuan. Berbeda dengan blacktroath yang lebih cenderung hitam pada bagian dada dan lehernya. 
Burung Edel Sanger berasal dari afrika, namun sekarang sudah mulai banyak para pecinta jenis burung finch yang menangkarkanya. Harga edel sanger standart import antara  450-500ribuan per ekor. Sedangkan harga Edel Sanger lokal atau hasil penangkaran di Indonesia sendiri harga anakan umuran 1-3bulan sudah mencapai kisaran 550-650ribuan per ekornya. 
Pakan burung edel sanger tidak berbeda dengan blacktroath, sanger juga memakan biji-bijian, sayuran, serta buah-buahan juga baik untuknya.Pakan  tambahan bisa diberikan telur puyuh dan sedikit kroto, tergantung pola perawatan .Ada yang menarik dari burung sanger jantan dan betina, karna  semua berbunyi. Hanya saja  sanger betina  berbunyi pada saat-saat tertentu saja biasanya pada saat birahi. 

PERBEDAAN  EDEL SANGER JANTAN DAN BETINA.

JANTAN
~ Bulu bagian dada terdapat lebih sedikit bercak hitamnya, warna  dada dominan abu-abu  putih
~ Di bagian atas mata seperti terdapat bulu-bulu warna putih atau cerah tidak abu-abu gelap
~ Suara jantan lebih variatif ngerolnya  panjang dan lebih lantang

BETINA
~ Bulu bagian dada cenderung berwarna abu-abu gelap
~ Di atas mata terdpat bulu-bulu yang tumbuh bewarna  abu-abu gelap
~ Suara betina terdengar cuit-cuit dan kurang variatif.

Penjelasan di atas hanya sedikit kesimpulan antara perbedaan burung sanger jantan dan betina. Walaupun akurasinya tidak bisa dijamin kebenaranya 100%, Akan  tetapi  semoga dengan ciri-ciri di atas setidaknya  bisa memberikan acuan dan pemahaman tentang Ciri-ciri Edel Sanger Jantan Dan Betina.

2 comments:

  1. Kalo jantan lebih variatif dan lebih lantang ya, Mas :)

    ReplyDelete
  2. Ya Tazd Akhmad Muhaimin Azzet.....
    Yang paling mudah melihat ciri jajtan ato betina daro bunyinya.

    ReplyDelete

Post Top Ad

Post Bottom Ad