Mengenal Burung Cucak Jenggot - bosskicau

Header Ads

Mengenal Burung Cucak Jenggot



cucak jenggot@manuk.info

Bosskicau.blogspot.com, Kicau mania yang pasti mengenal burung cucak jenggot. Kali ini, kami akan berbagi sedikit informasi kepada anda tentang keberadaan Burung unik yang banyak dicari oleh para penggila burung kicau.  Burung Cucak Jenggot (Alophoxius Bres) yang merupakan burung handal dan unik yang tidak dimiliki oleh jenis burung lainnya. Hal ini dikarenakan pada bagian raut wajahnya (bagian paruh)) terdapat beberapa helai rambut agak panjang dan lebat menyerupai jenggot manusia. Ciri inilah yang membuat hewan unik ini umumnya dijuluki dengan sebutan Burung Jenggot.
Seacara umum Habitat jenis burung ini, hampir tersebar luas di seluruh kawasan Asean, termasuk Inonesia. Selain itu, biasanya hewan ini sangat gemar sekali berada di tempat-tempat  yang sejuk seperti perkebunan, ladang-ladang dan banyaknya kerumunan beragam tumbuhan yang tumbuh lebat. Secara fisik burung Jenggot memiliki postur tubuh sedang dengan bulu berwarna kelabu. Namun pada bagian sayap agak nampak terlihat sedikit berwarna kekuning-kuningan. Sedangkan pada bagian kepalanya, burung ini memiliki jambul dan pada sisi bawah paruhnya berjenggot serta matanya berwarna hitam pekat.
Dalam sisi penyuguhan suara hewan jenis ini tak diragukan lagi, sebab umumnya burung Jenggot sangat jago menghembuskan suara indahnya sembari mengepakkan sayapnya terbang bebas mengelilingi keindahan alam permai. Bahkan kicauan bunyi suara yang dihasilkannya dapat dijadikan sebagai kode bahasa untuk menyampaikan sesuatu kepada jenis hewan lainnya.
Di mata para pecinta burung, vokal suara Burung Cucak Jenggot  kerap dijadikan sebagai masteran burung yang bertujuan agar hewan kesayangannya memiliki suara khas. Uara khas  seperti yang dimiliki oleh burung berjenggot ini.  

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad