Dilema Antara Kenari Kalitan Dengan Kenari Postur. - bosskicau

Header Ads

Dilema Antara Kenari Kalitan Dengan Kenari Postur.

kenari kalitan dan kenari bongsor @bosskicau.blogspot.com
Bosskicau.blogspot.com, Dilema Antara Kenari Kalitan Dengan Kenari Postur. Bicara kenari lokal maka konotasinya adalah burung kenari yang  berbodi kecil. Keberadaan kenari lokal di tengah serbuan kedatangan kenari impor khususnya Yorkshire sebagai ikon kenari berbodi bongsor. Dari sini kan sangat terlihat nyata perbedaaan antara keduanya. Apakah kenari postur/bongsor  akan menggeser kenari kecil/lokal. Mana yang akan menjadi pilihan bagi penggemar kenari?

Secara umum yang dicari adalah kenari dengan postur bongsor atau mostur. Sedangkan warna menjadi penentu selanjutnya. Ini terbukti dengan larisnya kenari dengan postur yang bagus/besar. Harga pasaran kenari berpostur besar tetap setabil. Seperti F1 Yorkshire harganya  anteng  di angka 1 jutaan. sebaliknya kenari kecil/lokal harganya terombang ambing dikisaran seratus ribuan atau dibawahnya untuk harga bakalan.

Baca juga : MACAM MACAM BUDIDAYA HEWAN YANG BERFAEDAH UNTUK KICAU MANIA

Itulah sedikit  gambaran selera atau trend burung kenari saat ini. Sedang untuk materi kompetisi atau  kenari lomba masih ada ukuran dan standar yang cukup tinggi. Selain postur suara, mental juga menjadi ukuran.Dari kompetisi itulah menjadikan permintaan kenari dengan 'spek gantang' yang cukup tinggi. Makam para breeder/penangkar kenaripun mencoba ikut selera pasar dengan berusaha pula mencetak kenari bongsor dengan mental dan suara yang berkelas.

Yang dilakukan adalah dengan mencari indukan yang berkelas. Indukan juara kemusian disilangkan dengan kenari impor yang berpostur besar. Nah, Yorkshire (YS) yang menjadi pilihan. . Jenis kenari ini harus  didatangkan dari manca/luar negeri seperti   Jerman, Itali, Turki.  Jenis kenari Yorkshire masih cukup tinggi harganya.  Walau harganya  mahal namun permintaannya cukup tinggi di Indonesia.

Dari kenari Yorkdhire ini akan diturunkan anakan kenari lokal berdarah Import. Maka munculah kenari keturunan atau Filial dari Yorkdhire. Mulai dari Filial pertama atau F1Ys, F2Ys, F3Ys hingga Yorkshire Lokal. Selanjutnya dari Filial Yorkshire akan menurunkan kenari mixed atau percampuran. Seperti yang sudah banyak dikenal istilah  kenari 'AF.' 

Dari sinilah diharapkan akan muncul strain baru, kenari Indonesia /lokal yang berkarakter Indonesia namun tidak kalah dari kenari-kenari import. Peternak kenari Indonesia sangat kreatif dan ulet. Maka tak heran jika dilapangan muncul kenari kenari berkualitas.   Ada kenari berpostur kecil tetapi mampu mangalahkan kenari bertubuh bongsor di suatu perlombaan Kenari. Setelah ditelusuri ternyata burung juara itu adalah hasil miksed dari beberapa jenis kenari.

Semoga apa yang disampaikan diatas tidak menjadikan Dilema Antara Kenari Kalitan Dengan Kenari Postur. Karena semua kembali pada  masing-masing. Kenari kalitan tidak selamanya kalah dari kenari postur.



No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad