Aspek Penilaian Dalam Lomba Kenari Kelas Bebas - bosskicau

Header Ads

Aspek Penilaian Dalam Lomba Kenari Kelas Bebas

Bosskicau.info Aspek Penilaian Dalam Lomba Kenari Kelas Bebas. Dalam lomba kenari  kelas bebas atau campuran maka jenis dan tipe kenari apapun boleh ikut. mulai dari kenari standar, semi-isian, maupun full isian. Dari segala ukuran postur bisa masuk. Kenari big atau bongsor maupun kecil, bahkan sampai warna kenari pun tidak dibatasi.  Kebebasan  itu bisa menimbulkan  preferensi (selera / pilihan) yang berbeda dari para Juri. Walau  tak semua juri demikian.

Seringkali muncul tudingan sebagian juri lebih interes/perhatian pada kenari postur dibanding kenari kecil. Atau mendahulukan kenari standar dibanding kenari isian atau sebaliknya. Dari opini tersebut butuh jawaban  tentang bagaimana penilaian kenari  kelas bebas? Yang pasti banyak sekali aspek untuk memberikan penilaian kenari kelas bebas.  
latber@teguhprabowo.tk
Baca Juga : Mengenal Asal Usul Kenari Yorkshire

Untuk menjelaskan penilaian kenari di kelas bebas, menurut Agus Sanjaya, pengamat kenari sekaligus juri lomba kaliber Nasional. Bahwa prinsip utama penilaian kenari adalah aspek irama dan lagu. Dari aspek irama mencakup  cengkok dasar, panjang dan pendeknya lagu, suara alunan (intonasi naik / turun) saat kenari berbunyi. Tidak kalah penting volume juga menjadi perhatian. Tebal tipisnya, keras/nyaring, ngebas atau ntrebel.

Sedang aspek lagu meliputi variasi lagu. Jelas variasi lagu akan berbeda antara kenari standar dengan isian. Ini kembali pada masing-masing kenari yang dilombakan apakah ketika bernyanyi enak didengar atau tidak. Sebenarnya pada kenari ada suara depan tengah dan penutupnya, seperti pada burung perkutut. Kenari yang baik memiliki pola suara demikian, angkatan depan kencang diteruskan suara tengah mengalun merdu panjang dan dibelakang mengalun pelan hingga berhenti. Kemudian berulang kembali dari suara depan lagi dan seterusnya.

Namun sekarang sulit menemukan karakter lagu kenari yang demikian. Hingga sulit untuk menjadikan patokan suara depan tengah penutup sebagai aspek penilaian. Dari alasa itu maka dalam penilaian kenari hanya menggunakan dua aspek irama dan lagu. Dari kedua spek tersebut kicauan kenari harus easy listening atau enak didengar dan  meliputi cengkokan, intonasi /naik turun lagu juga durasinya. Aspek Penilaian Dalam Lomba Kenari Kelas Bebas juga ditentukan oleh kestabilan saat kenari bernyanyi. Durasi kestabilan setidaknya harus mencapai 70% dari waktu yang disediakan saat lomba.Demikian semoga bermanfaat. @dari berbagai sumber.

No comments

Post Top Ad

Post Bottom Ad